3098
  2017-02-21       upload.wikimedia.org

Review Film Gone Girl 2014

Waspadalah! Dia selalu mengawasi setiap gerak gerikmu setiap saat.

Deane Lene 132 views

Tentang film

Gone girl adalah sebuah film thriller psikologis dari negera Amerika yang resmi rilis pada tahun 2014. Disutradari oleh David Fincher dan sekenario ditulis oleh Gillian Flynn mengadapitasi dari bukunya dengan judul yang sama, gone girl pada tahun 2012. Gone girl menerima nominasi untuk ajang penghargaan Academy Award, BAFTA Award, Golden Globe Award dan Screen Actors Guild Award untuk aktris terbaik, best director dan skenario terbaik.

Sinopsis

Source: www.joblo.com

Di hari ulang tauhn pernikahannya yang kelima, seperti biasa Nick Dunne pergi ke sebuah bar miliknya. Tidak lama sesampainya di bar, Nick Dunne mendapat telpon dari tetangga depan rumahnya yang mengatakan bahwa sesuatu hal terjadi di dalam rumahnya.

Nick Dunne mendengar hal tersebut kemudian bergegas kembali kerumahnya yang berantakan dan istirnya, Amy menghilang. Kehilangan Amy yang misterius adalah suatu berita besar yang seketika tersebar luas hingga masyarakat internasional mengetahuinya. Amy adalah sosok yang menjadi ispirasi semua orang berkat novelnya, "amazing amy".

Detektif Rhonda Boney yang menangani kasus ini menemukan banyak sekali kejanggalan yang sulit untuk diungkap. Sikap Nick yang tidak kooperatif selama masa penyelidikan membuat Detektif Boney curiga dan menetapkan bahwa Nick menjadi dugaan terkuat untuk menjadi tersangka.

Kilas balik saat pertama kali bertemunya Nick dan Amy dalam sebuah pesta hingga berlanjut pada sebuah hubungan yang serius hingga menuju kejenjang pernikahan. Setelah beberapa tahun menikah, Nick kehilangan pekerjaannya begitu juga Amy. Nick berubah menjadi seorang yang pemalas dan senang bermain video game. Kebiasaan Nick membuat Amy kesal namun pada saat itu, Amy hanya diam. Kondisi ekonomi yang sulit membuat Nick dan Amy harus pergi meninggalkan New York dan pindah ke rumah ibu Nick di North Carthage, Missouri. Ibu Nick yang menderita kanker pada akhirnya meninggal dan rumah tersebut menjadi rumah baru bagi Nick dan Amy.

Permasalahan ekonomi yang tidak kunjung usai, bisnis bar yang tidak menguntungkan dan kekecewaan terhadap pasangannya, membangkitkan sisi lain dari seorang Amy. Amy menggunakan kebiasaanya yang senang berburu harta karun untuk menjebak Nick terjerat dalam permainan yang sebenarnnya. Amy merencanakan dengan sangat matang dan hati-hati bahkan hingga detail kecilnya pun diperhitungkan.

Amy membuat seolah-olah ia diculik oleh seseorang dengan menggunakan kekerasan. Cipratan darah di dapur, meja yang pecah ditempat yang ganjil, tongkat diperapian, petunjuk di buku harian hingga ia memalsukan kehamilannya menggunakan urine ibu hamil milik tetangganya. Semua hal yang ia lakukan dibuat sebaik mungkin hingga tidak ada celah untuk seseorang menemukan kelemahan dari apa yang ia buat.

Semua bukti tersebut membuat Nick semakin hari semakin tersudutkan dan media semakin menyerang dirinya. Hingga suatu waktu nick tidak lagi mampu menangani masalah ini sendirian. Nick menyewa seorang pengacara handal mau membantu kasusnya. Nick mulai melakukan perlawanan terhadap permainan Amy. Hingga pada akhirnya Nick tampil disebuah acara talk show untuk membuat suatu pencitraan demi mendapat simpati masyarakat tentang dirinya.

Talk show tersebut disaksikan pula oleh Amy dan ia menyadari bahwa Nick sedang memohon untuk Amy kembali. Amy yang saat itu sedang tinggal dirumah pinggir danau Desy (mantan pacar Amy saat SMA) memutuskan untuk membuat rencana pelarian. Rumah tersebut terdapat banyak sekali kamera CCTV sehingga Amy membutuhkan usaha lebih untuk bisa memanipulasi keadaan. Amy tidak pernah ragu untuk melukai dirinya agar dia mendapatkan peran yang sempurna dalam ceritanya.

Saat kembali kerumah, Amy datang dengan tubuh yang berlumu darah Desy. Ia dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut akan kondisinya saat itu. Saat pulang kerumah, Nick menyadari bahwa semua kejadian ini Amy lakukan dengan sengaja.

Review Film

Source: newcityfilm.com

Aku sangat terkesan sekali dengan film gone girl ini. Film ini sukses menceritakan kehidupan seorang psikopat dan pola pikir psikopat secara jelas.

Karakter Amy benar-benar sukses menggambarkan pola pikir seorang psikopat yang benar-benar penuh perhitungan, detail dalam perencanaan dan melakukannya dengan sangat hati-hati. Mimik wajahnya pun sesuai dengan seseorang yang memiliki kecenderungan psikopatologi. Tidak hanya dirinya yang memiliki indikasi seorang psikopat, Amy juga memiliki waham megalomania (membesar-besarkan dirinya). Kecintaanya pada diri sendiri lebih besar dari apapun membuatnya tidak bisa menoleransi perilaku orang lain yang tidak memedulikan keberadaan dirinya.

Alur cerita yang sulit ditebak dan banyak sekali menggunakan teka-teki. Dikemas dengan sangat menarik dan apik. Konfliknya yang berawal dari hal yang kecil kemudian meluas hingga tumpul dan kembali tajam. konflik ini dibuat seperti bermain puzzel dalam teka-teki. Permasalahan yang terjadi begitu cepat, dan padat membuat film ini begitu kompleks didalamnya. Sangat mengesankan. Para tokoh yang bermain peran sangat luar biasa membut mereka mampu berdiri sendiri tanpa terhalangi oleh tokoh lainnya.

Rating

Film ini mendapatkan rating yang cukup tinggi yaitu 8.5/10. Jadi ini menjelaskan bahwa film ini bagus untuk ditonton.

Para Pemain

- Ben Affleck sebagai Nick Dunne
- Rosamund Pike sebagai Amy Elliott Dunne
- Neil Patrick Harris sebagai Desi Collings
- Tyler Perry sebagai Tanner Bolt
- Carrie Coon sebagai Margo "Go" Dunne
- Kim Dickens sebagai Detective Rhonda Boney
- Patrick Fugit sebagai Officer James Gilpin
- Missi Pyle sebagai Ellen Abbott
- Emily Ratajkowski sebagai Andie Fitzgerald
- Casey Wilson sebagai Noelle Hawthorne
- Lola Kirke sebagai Greta
- Boyd Holbrook sebagai Jeff
- Lisa Banes sebagai Marybeth Elliott
- Sela Ward sebagai Sharon Schieber
- Scoot McNairy sebagai Tommy O'Hara
- Scott Takeda sebagai TV Producer
- David Clennon sebagai Rand Elliott,
- Kathleen Rose Perkins sebagai Shawna Kelly

Gone girl - Official Trailer

Nonton Online

Apakah direkomendasikan?

Tentunya aku sangat merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Karena dari film inilah kalian akan memberikan wawasan tentang dunia seorang psikopat dan film ini juga patut untuk dijadikan film untuk contoh analisa kasus di dunia psikologi.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS