3057
  2017-02-17       koleksi foto pribadi

Lingkaran Ibu, Tempat Sharing Para Ibu Muda

Ada komunitas ibu muda nih, namanya Halo ibu. Halo ibu mewadahi sharing session para ibu yang pernah atau sedang mengalami baby blues syndrome dan pospartum depression setelah melahirkan dan ketika mengasuh buah hati lewat monthly event "lingkaran ibu"

Irna 161 views

Motherhood is wonderful, but it’s also hard work. It’s the logistics more than anything. You discover you have reserves of energy you didn’t know you had - Deborah Mailman

Yuk, kenalan dengan Haloibu!

Source: koleksi foto pribadi

Lingkaran ibu sharing sesion

Haloibu adalah komunitas berbasis online tempat para ibu bisa berbagi mengenai perjalanan mereka menjadi seorang ibu melalui website haloibu.id, melalui instagram @haloibu.id dan juga youtube channel haloibu.id.

Halo ibu mewadahi cerita para ibu. terutama yang pernah merasakan baby blues syndrom atau depresion postpartum. Berdasarkan latar belakang pribadi sang founder Halloibu, Ashtra membuat ruang bagi para ibu untuk mengungkapkan apa yang dirasakan tanpa malu dan takut.

Komunitas haloibu sudah beberapa kali melakukan kegiatan off air, salah satunya adalah Art For Happy Mom, yaitu sebuah event kolaborasi antara Haloibu.id dan Ganara Art yang diselenggarakan pada 17 Oktober 2016 lalu , Art for Happy Mom saat itu punya tujuan sebagai ruang untuk menghibur para ibu, membahagiakan hati ibu, di sela-sela mengurus anak dan keluarga dengan Art activity, yaitu melukis.

Selain Art for happy mom, haloibu juga punya kegiatan rutin yang diadakan setiap satu kali dalam sebulan, yaitu "Lingkaran ibu". Lingkaran ibu sudah dua kali dilaksanakan. Volume 1, bersama komunitas seni CurArt.id di Community Coffee, Bintaro. Di mana Haloibu.id, CurArt.id dan Community Coffee berkolaborasi dalam acara "Perempuan dan Rasa", sesi terakhir ditutup dengan menulis magic words di atas kanvas menggunakan kuas dan acrylic.

Apa itu Baby Blues Syndrome dan Pospartum depression?

Apabila seorang ibu merasakan suka cemas, menangis sendirian atau emosi kurang stabil, bisa jadi ibu itu tengah mengalami baby blues syndrome. Segera cek atau konsultasikan kondisi ibu. Karena apabila masuk ke tahapan yang lebih tinggi, kondisi psikologis ini bisa mengancam nyawa buah hati ibu.

Baby blues syndrome adalah perasaan sedih, sulit tidur, panik, terlalu sensitif, kesedihan yang berlebih, dan mungkin perasaan marah kepada diri sendiri maupun bayi. Perasaan ini pada umumnya akan hilang dalam 2 minggu tanpa pengobatan. Baby blues tahap awal terjadi dengan ringan dan dapat mempengaruhi wanita setelah mereka melahirkan. Bila perasaan ini dirasakan lebih dari 2 minggu, maka seorang ibu telah masuk pada fase depresi postpartum.

Depresi pospartum adalah tahap lanjut yang disebut oleh banyak orang sebagai depresi yang sebenarnya, bentuk yang lebih parah ini biasanya terjadi beberapa minggu setelah melahirkan. Secara keseluruhan, itu mempengaruhi sekitar 10% -16% dari wanita. Depresi Postpartum berlangsung lebih lama, lebih melemahkan, dan membutuhkan perawatan medis. Bahkan jika didiamkan bisa menjadi Psikosis Postpartum, yaitu bentuk paling parah, memerlukan perawatan kejiwaan agresif karena sudah timbul halusinasi dan gejala psikosis lainnya.

Terkadang beberapa ibu tidak menyadari bahwa dirinya mengalami baby blues syndrome. Maka dari itu penting untuk seorang perempuan mengeluarkan apa yang Ia rasakan di ruang yang jujur, tanpa dihakimi atau saling menghakimi, sehingga Ibu bisa leluasa mengekspresikan perasaanya. Ini adalah elemen kunci penting untuk mencegah dan menyembuhkan baby blues dan deperesi postpartum.

"Lingkaran Ibu" sebagai tempat berbaginya para ibu

Source: koleksi foto pribadi

Saat sedang mengucapkan terimakasih bahwasannya mereka sudah didengarkan dan mau mendengarkan

Lingkaran ibu adalah tempat dimana ibu bisa sharing sebagai seorang ibu baru, ibu yang mengalami baby blues syndrome, pospartum depression dan berbagi cerita apa saja seputar motherhood journey. Perempuan butuh dikelilingi ruang yang supportif dan simpatik untuk mengekspresikan perasaan kehilangan, ragu, sedih, dan juga marah. Ketika para perempuan duduk melingkar dan saling mendengarkan serta mendukung, disitulah mereka saling menguatkan. Pada 18 Desember 2016 dan 22 Januari 2017 lalu di Community Coffee Bintaro, haloibu.id telah mengadakan acara ‘Lingkaran Ibu : Self Love Talk’ volume 1 dan 2. Acara ini rencananya akan rutin dilaksanakan setiap bulan, di tempat yang berbeda.

Di acara ini para Ibu akan duduk membuat lingkaran, berpegangan tangan dan bercerita pengalamannya menjadi Ibu. Karena kesibukan dan aktivitas yang sangat padat sering kali membuat seorang ibu lupa untuk mencintai dirinya sendiri, di lingkaran ini, perempuan-perempuan saling memberdayakan. Lingkaran Ibu akan sampai di Volume 3, dan acara akan datang diadakan pada Minggu, 26 Februari 2017.

Source: koleksi foto pribadi

Lingkaran ibu volume 1. Komunitas Halo ibu berkolaborasi dengan CurArt

Karena dengan bercerita kita bisa melepaskan penat, belenggu pikiran dan hati serta kesedihan. Dan bergantian mendengarkan kisah perjuangan ibu lainnya akan membuat kita turut sedih, terharu, berujung menguatkan jiwa.

Saya tidak bisa detil menceritakan apa saja sih curhatannya karena apa yang ada di lingkaran Ibu adalah rahasia dan selasai hari itu juga. Tapi yang bisa saya ceritakan aura yang yang hebat ketika saya datang, semua peserta sudah duduk berkumpul dan melingkar di lantai 2 Community Coffee. Dengan suasana temaram ditemani lilin di tengah lingkaran dan aromaterapi dari Svasti membuat peserta tenang dan leluasa bercerita - (Niken Widowaty, peserta lingkaran ibu)
Source: koleksi foto pribadi

Berbagi bersama

Perempuan-perempuan Ini membicarakan perasaan, ketakutan, marah, dan kekuatan pada cerita-ceritanya dalam ruang yang saling mendukung, tanpa menghakimi. Tidak ada 1 perempuan yang memotong pembicaraan Ibu lain saat bercerita. Tidak ada perempuan yang mengkonfrontasi perempuan lain. Yang ada hanya saling mendengarkan dan menguatkan. Saya jadi tahu dan yakin seiring dengan tumbuh dan lahirnya #haloibu , setiap perempuan membutuhkan perempuan lain untuk mendukungnya, mendengarkan tanpa menghakimi atau memberikan sejuta saran yang tak diperlukan. Saat beranda dalam lingkaran Saya juga semakin tahu, banyak perempuan yang tidak percaya dengan dirinya sendiri, dan tidak mencintai dirinya sendiri. Bagaimana bisa seseorang memberikan cinta kepada orang lain ketika, orang itu tidak mencintai dirinya sendiri? (Ashtra Effendy, Founder Haloibu.id)

Cara gabung Lingkaran Ibu

Kalau Moeslemates berminat untuk gabung di acara lingkaran ibu. Silahkan kirim data melalui email.
Drop your name, Instagram, preferable location, and reason on joining #lingkaranibu.
Send to haloibu@gmail.com, subject: DAFTAR LINGKARAN IBU. Nanti akan dikirim feed back dari tim haloibu untuk mengisi formulir dan harga tiketnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya! Siapa tahu kamu, temanmu, kakak atau adikmu sudah menjadi ibu muda dan berminat untuk berbagi ceritanya. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan klik tombol di bawah ini untuk melihat WEB Haloibu.id

Irna
Irna
Mom, baker and wife
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Irna
Irna
Mom, baker and wife

no comments

Follow Moeslema on SNS