3041
  2017-02-17       www.thefrenchcafe.co.nz

4 Hal Penting Saat Membuka Cafe Sendiri

Ingin membuka usaha cafe? Coba deh perhatikan 4 hal saat membuka cafe kamu sendiri, Moeslemates. Dijamin usaha kalian akan lancar dan didatangi banyak pengunjung.

Deane Lene 333 views

Terkadang empat hal ini sering dianggap sebagai hal yang bisa dipikirkan setelah memiliki konsep untuk memulai usaha cafe. Tapi ternyata, hal ini adalah hal utama yang harus diperhatikan dan dipikirkan secara matang agar usaha kalain tidak hanya seumur jagung.

Dibawah ini terdapat empat hal yang benar-benar harus kalian perhatikan agar kalian sukses dalam menjalankan usaha di bidang kuliner. Apa saja hal tersebut? Simak terus artikelnya sampai habis ya.

1. Kenyamanan

Hal utama yang sangat diperhitungkan oleh seseorang ketika hendak mendatangi suatu tempat hangout adalah kenyamanan. Kenapa?

Karena ketika seseorang memiliki tujuan ingin berkumpul dengan teman-teman atau keluarga pastinya akan menghabiskan banyak waktu ditempat tersebut. Pada saat berkumpul, mereka menginginkan suasana yang kondusif dan memadai. Suatu tempat yang menimbulkan kesan nyaman dengan sendirinya akan meninggalkan kesan tersendiri pada seseorang dan tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali lagi ketempat yang sama untuk mengulangi aktifitas tersebut.

Sebuah cafe yang mengutamakan kenyamanan sebagai modal utama saat menjalankan bisnis ini adalah suatu langkah yang tepat. Sebab dengan suasana yang nyaman, seseorang akan merelakan waktunya untuk berlama-lama dan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang untuk membeli produk dari cafe tersebut.

2. Fasilitas

Source: sebandung.com

Fasilitas juga menjadi salah satu daya tarik pada suatu cafe loh. Para pemilik cafe pasti akan memperhitungkan hal ini juga. Hal utama yang menjadi daya tarik adalah fasilitas free wifi. Dengan adanya fasilitas ini mampu membuat para pelanggan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Tidak hanya fasilitas tersebut, hal lain yang ternyata juga diperhatikan oleh para pengunjung adalah pencahayaan ruangan, toilet, tempat ibadah, kebersihan tempat, saklar listrik, lahan parkir hingga keamanannya pun tidak luput dari perhiatian seorang pengunjung ketika hendak menggunjungi suatu cafe.

3. Design Interior

Hampir seluruh cafe yang ada, selalu memiliki konsep unik yang menjadi salah satu daya tarik tempat tersebut untuk selalu dikunjungi. Biasanya tempat tersebut mengusung suatu tema dasar kemudian di berikan sentuhan kreatifitas si pemilik usaha. Cafe tersebut dibuat semenarik mungkin dengan mengacu pada instagramable.

Dewasa ini tidak jarang para pemilik usaha cafe yang merancang disain interiornya menggunakan jasa arsitek. Sebab para pemilik cafe ini telah menyadari bahwa disain interior juga menjadi nilai jual dari cafe itu sendiri. Mereka beranggapan bahwa ketika mereka membayar jasa arsitek untuk mengurus tampilan cafenya, sama saja mereka sedang menginvestasikan modalnya dengan baik.

Tapi jangan khawatir, jika kalian tidak memiliki cukup uang untuk membayar jasa sang arsitek, kalian bisa menjadi arsitek dadakan untuk usaha kalian kok. Caranya, kalian harus mencari banyak referensi tentang disain interior sebanyak mungkin, carilah informasi dari suatu disain sedetail mungkin hingga kalian mendapatkan informasi bahwa disain tersebut tepat sesuai dengan konsep kalian saat merencanakan untuk membangun cafe. Kemudian konsultasikan dengan teman terdekat, keluarga, atau orang terdekat kalian. Berutung jika kalian memiliki teman yang mengerti dan memahami dunia disain, kalian akan lebih terbantu lagi dalam hal ini.

4. Seni Makanan

"Makanannya sedikit kok mahal?"
"Bisa buat sendiri ini mah..."
"Biasa aja rasanya..."

Sering kali setiap kita mendatangi sebuah cafe, selalu saja ada pengunjung yang mengatakan hal demikian. Itu adalah suatu bentuk ketidak puasan atas kualitas makanan yang ada di cafe tersebut. Hali ini juga bisa menjadi evaluasi bagi kalian yang memiliki ketertarikan untuk menjalankan usaha dengan bidang yang sama.

Hal yang pertama harus diperhatikan memang seni dalam tata letak makanan. Seorang juru masak yang baik tentunya mengerti tentang bagaimana cara meletakkan makanan menurut besarnya, komposisi warnannya hingga penataannya sehingga terlihat menarik saat di sajikan. Makanan yang menarik tentunya akan membuat selera makan yang memesannya meningkat. Selain itu di jaman digital saat ini, tampilan makanan juga bisa menjadi modal utama pemilik cafe untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Pasalnya, tampilan makanan yang cantik pasti akan di unggah oleh sang pemesan makanan tersebut melalui akun sosial media miliknya. Jadi secara tidak langsung cafe tersebut akan mendapatkan keuntungan promosi dari hal tersebut.

Setelah memperhatikan tampilan makanannya, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kualitas dari makanan itu sendiri. Jika kalian tidak ingin kehilangan pelanggan, ada baiknya kalian menjaga kualitas dari makanan itu sendiri. Mulai dari pemilihan bahan baku makanan yang baik dan fresh, proses pengolahan yang higienis dan pada saat dimasak, makanan memiliki rasa yang pas dalam artian tidak hambar.

Karena menurut hasil dari beberapa penelitian, mengatakan bahwa makanan yang tidak memiliki rasa yang sesuai dengan tampilan membuat para customer enggan untuk kembali ketempat tersebut walaupun ada beberapa faktor lain yang memberatkan. Sebab pada saat mereka berada dalam suatu cafe, mereka akan terdorong untuk membeli makanan ataupun minuman disana.

Berdasarkan hasil penelitian pula mengatakan bahwa harga yang tertera pada buku menu merupakan faktor pembanding yang persentasenya tidak cukup signifikan. Orang yang merasa puas dengan hidangan yang disajikan, akan tetap kembali pada tempat tersebut walaupun harga yang ditawarkannya cukup mahal. Tujuh dari 10 orang mengatakan bahwa harga bukanlah menjadi sebuah masalah jika makanan yang di sajikan sesuai dengan harga yang dibandrol.

Untuk kualitas dari minuman, pada dasarnya customer tidak terlalu mempermasalahkan rasa dan tampilan. Karena bagi mereka minuman adalah hal yang tidak terlalu bermasalah jika tidak enak, sebab mereka bisa menggantinya dengan air mineral jika dirasa tidak sesuai dengan selera.

Berdasarkan hasil penelitian lain mengatakan bahwa 18 dari 20 orang pemilik usaha cafe setuju bahwa kegagalan terhadap penyajian makanan akan berdampak lebih besar kehilangan customer dibandingkan kegagalan dalam penyajian minuman.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS