304
  2016-07-11    

How rethinking beauty with Wardah help me to put on make up Lebaran

Di era ketika media dan budaya populer secara tidak langsung memperlakukan 'cantik' sebagai salah satu yang membentuk harga diri, merupakan hal yang penting untuk memeriksa kembali apa arti cantik.

Ita Pravitasari 84 views

Saat Wardah pertama kali mempublikasikan slogan terbarunya, hati saya tergelitik. Di tengah arus industri kosmetik yang memanfaatkan kegelisahan wanita atas tampilan fisiknya, Wardah memilih untuk melawan arus tersebut dengan mengkampanyekan slogan:

The link is invalid. Please delete this item and make a new link item with a valid url that starts with http:// or https://

Memang, di era ketika media dan budaya populer secara tidak langsung memperlakukan 'cantik' sebagai salah satu yang membentuk harga diri, merupakan hal yang penting untuk memeriksa kembali apa arti cantik.

Setidaknya ini berlaku bagi saya, kampanye  ini membangkitkan keinginan untuk memikirkan kembali apa arti cantik. Apakah cantik itu terbatas pada ciri fisik atau ada dimensi yang lebih tinggi dari itu?, apakah cantik adalah ciri yang dapat berdiri sendiri atau muncul ketika ia dibarengi oleh keberadaan karakteristik yang lain?. Perdebatan tentang cantik ini mungkin akan sangat subjektif dan tidak akan ada henti-hentinya. Hingga pencarian saya bermuara pada sebuah hadis:

“Allah is beautiful and He loves beauty.”
Source: [Sahīh Muslim (911)]

Adanya sedikit penjelasan tentang kecantikan (keindahan) Allah dan kecintaan Allah terhadap kecantikan dari hadis ini membuat saya sampai pada kesimpulan sementara. Yaitu, bahwa Allah pun mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Allah indah. Allah cinta keindahan (termasuk keindahan yang ada pada dirinya). Bagi saya, ini pun dapat berlaku bagi ciptaan-Nya. Seseorang dapat dikatakan cantik dari hati ketika ia mencintai dirinya. Mencintai diri sendiri disini bukan dalam artian self-centered atau narsistik, namun dalam arti menerima dan mensyukuri kualitas diri kita baik fisik maupun non-fisik, termasuk kekurangan-kekurangannya. Penerimaan terhadap kekurangan akan membantu kita memperbaiki diri. Bukan berdasarkan apa kata atau untuk orang lain, namun demi diri kita sendiri sebagai ciptaan yang dianugerahi kapasitas untuk memperbaiki diri.

Berikut ini make up guide yang saya lakukan setelah punya sudut pandang baru tentang cantik.

Disclaimer: Semua foto pada postingan ini tidak mengalami proses editing selain cropping.

1. Start (with) a Good Thing

Mulai dengan sesuatu yang baik. Sebelum mulai menggunakan foundation, saya mengoleskan terlebih dahulu Hydrating Aloe Vera Gel setelah direkomendasikan oleh seorang teman. Pelembab ini membuat kulit wajah tetap lembab dan terasa ringan meski berbalur make up sehingga membuat saya tidak terlalu cemas menggunakan riasan seharian di hari lebaran. Menurut saya, menaruh perhatian terhadap kondisi kulit wajahpun merupakan bentuk mencintai diri sendiri secara sederhana. This moisturizer is a good thing, indeed!

2. Put Down the Basic Work

Pada lebaran kali ini, saya menggunakan Wardah Luminous Liquid Foundation Beige. Saya menerima fakta bahwa saya punya kantong mata kehitaman dan dealt with it using this foundation as well!

Saya juga bereksperimen dengan Wardah creamy foundation dengan warna yang lebih gelap daripada foundation sebagai "kontur". Karena momen lebaran ini lebih cocok dengan konsep "fitri" dan natural, saya sengaja tidak mengaplikasikannya terlalu tebal.

3. Draw the Eyebrow

Untuk alis saya menggunakan pensil alis Wardah berwarna cokelat tua. Selain tahan lama, saya juga suka dengan fitur sikatnya yang dapat diaplikasikan untuk membuat alis tanpa natural.

Untuk orang dengan alis yang supertipis seperti saya, disarankan tidak menarik outline dari pangkal alis namun 3/4-nya saja agar tidak tampak terlalu kaku, barulah nanti 1/4 dari pangkalnya digambar tipis-tipis lalu disikat menggunakan sikat alis.

4. Tidying Up

Untuk meratakan foundation yang telah diaplikasikan sebelumnya, saya menggunakan Luminous Face Powder Beige, then wrapped it up with Exclusive Two Way Cake Sheer Pink. Produk exclusive two way cake ini recommended banget, karena lebih tahan lama dan terasa ringan dengan coverage yang medium.

5. The Eyes

Untuk eyeshadow saya pilih shade yang kecokelatan dan eyeliner staylast liquid sebagai eyeliner. Kuas eyeliner Wardah yang satu ini memudahkan untuk membuat riasan winged-eye.

Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS