303
  2016-07-08       id.pinterest.com

Istilah dalam memasak yang harus kamu ketahui!

Yuk belajar tentang istilah-istilah umum yang ada di dapur!

Airin Karima Ahmad 10,316 views

Jadi wanita urban yang menghabiskan sebagian besar waktu di kantor bukan berarti lupa sama urusan dapur! Yuk bareng-bareng pelajari istilah-istilah dapur yang bisa membantu kamu sewaktu-waktu!

Merebus

Merebus adalah mematangkan bahan makanan menggunakan air mendidih. Ada 2 cara yang bisa digunakan saat merebus.

Cara pertama, kita dapat merebus makanan dengan cara memasukkan bahan makanan saat air sudah mendidih. Cara ini digunakan untuk bahan makanan yang harus direbus secara cepat untuk mempertahankan bentuk atau warna dari bahan makanan tersebut. Misalnya seperti: merebus spaghetti hanya selama 10 menit supaya tidak terlalu lemas setelah direbus, atau merebus sayur-sayuran hanya selama 1-2 menit agar tetap terjaga kerenyahannya. Cara ini dikenal juga dengan istilah blanching.

Cara kedua, kita bisa memasukkan bahan makanan bersamaan dengan saat mendidihkan air. Cara ini digunakan biasanya untuk daging, agar kita bisa mendapatkan kuah kaldu yang bening dari hasil rebusan daging.

Mengukus

Mengukus adalah cara mematangkan makanan atau bahan makanan dengan uap panas. Bahan makanan biasanya ditaruh diatas saringan logam yang ditaruh diatas panci berisi air mendidih, yang kemudian ditutup menggunakan tutup panci. Mematangkan dengan cara seperti ini membuat bahan menjadi matang tanpa merusak bentuk, rasa, atau kandungan gizinya.

Menggoreng

Source: thumbs.ifood.tv

Bahan makanan dimatangkan dengan cara dimasukkan ke dalam lemak seperti minyak, margarin, atau mentega. Dengan teknik ini tekstur bahan makanan yang digoreng akan menjadi lebih garing atau renyah, tergantung dari lama prosesnya.

1. Sauteing (Menumis)
Sauteing atau tumis menggunakan sedikit minyak dengan suhu tinggi. Panas api kompor ditransfer secara langsung melalui wajan ke bahan makanan. Pada umumnya, wajan yang digunakan untuk menumis adalah wajan yang datar.

2. Stir Frying
Stir frying sedikit mirip sauteing karena menggunakan suhu tinggi, namun minyaknya agak lebih banyak. Teknik ini banyak digunakan untuk memasak Chinese Food. Kalo kita lihat di dapur restoran Chinese Food ada koki yang sedang memasak dan apinya sering berkobar di wajan, inilah teknik yang dimaksud!

3. Pan Frying
Seperti sauteing, pan frying juga merupakan teknik memasak yang hanya menggunakan sedikit minyak untuk melumasi wajan. Namun, makanan yang dimasak dengan teknik pan frying biasanya berukuran lebih besar, sehingga makanan perlu dibalik sesekali agar matang secara merata. Contohnya adalah memasak beefsteak atau burger.

4. Shallow Frying
Shallow frying menggunakan minyak yang tingginya hanya sepertiga atau setengah makanan. Teknik ini biasa digunakan untuk menggoreng daging, ikan, perkedel, dan beberapa jenis gorengan lain secara rumahan. Minyak yang digunakan biasanya hanya dipakai sekali, lalu dibuang.

5. Deep Frying
Deep frying adalah metode memasak yang menggunakan paling banyak minyak. Makanan di goreng dengan minyak hingga terendam. Meski bisa juga dilakukan di wajan biasa, deep frying biasanya dilakukan dengan alat bernama deep fryer. Alat ini memiliki keranjang logam untuk meniriskan makanan yang sudah digoreng dan pengatur suhu untuk mempermudah pemakaiannya.

Memanggang

Source: enlightenme.com

Mematangkan bahan makanan menggunakan hawa panas dari oven atau microwave.

Membakar

Mematangkan bahan makanan di atas bara api.

Menyangrai

Memasak bahan makanan di atas penggorengan tanpa minyak atau tanpa bahan cair lainnya. Biasanya tahapan ini digunakan untuk memanaskan bumbu supaya aroma atau citarasanya lebih menonjol.

Mengetim

Teknik atau cara memasak dengan mengetim adalah mematangkan makanan atau bahan makanan dalam dua buah panci. Panci pertama yang ukurannya lebih besar berisi air yang dididihkan di atas kompor. Sedangkan satu panci atau pinggan tahan panas dengan ukuran yang lebih kecil berisi bahan makanan seperti cokelat dan sedikit air dimasukkan dalam panci yang besar berisi air mendidih.

Menyebam

Memepes adalah mematangkan bahan makanan dengan cara dibakar, namun sebelumnya bahan makanan tersebut dilapis atau dibungkus dengan daun pisang atau aluminium foil. Aroma bahan makanan yang dimatangkan dengan cara memepes ini memiliki aroma yang khas, terutama jika menggunakan daun pisang. 

Mengaron

Teknik slow cook dimana beras direbus dengan air hingga setengah matang.

Menggilas

Menipiskan adonan dengan cara ditekan secara manual menggunakan penipis adonan (rolling pin)

Mengocok lepas

Mengocok dengan telur hingga bagian kuning dan putihnya menyatu rata. Biasanya menggunakan alat bantu kocokan telur, garpu, atau sumpit.

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Related Tags
Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS