3022
  2017-02-16       www.halliecrawford.com

Tips Sukses Melamar Pekerjaan

Sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya kamu pelajari tips untuk melamar pekerjaan berikut.

santi lisnawati 48 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Untuk kamu yang baru saja lulus kuliah atau yang sudah resign dari kantor lama, tentu lowongan pekerjaan akan jadi hal yang paling kamu cari. Tapi sebelum melamar pekerjaan, kamu harus ketahui dulu hal- hal yang akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat. Apa saja? Berikut uraiannya.

Usahakan fokus memilih bidang pekerjaan

Mungkin di luar sana banyak sekali jenis pekerjaan yang membuatmu tertarik untuk melamar. Tapi ingat, kamu harus tetap fokus memilih pekerjaan sesuai bidang yang kamu minati. Pertama, kamu harus tahu posisi dan jenis pekerjaan apa yang benar-benar kamu inginkan. Setelah itu barulah cari perusahaan yang menyediakan lowongan kerja yang pas.

Meminta saran dari orang lain

Tak ada salahnya minta saran dari orang lain soal bidang pekerjaan yang kamu butuhkan. Terutama bertanya pada teman yang lebih berpengalaman atau sudah bekerja di bidang sesuai minatmu. Siapa tahu ada teman yang menawarkan lowongan pekerjaan di tempatnya, jadi memudahkan kamu juga, kan?

Buat CV semenarik mungkin

Source: deleydsche.nl

Buatlah CV (Curriculum Vitae) menarik dan to the point untuk melamar pekerjaan. Jika kamu ingin melamar ke industri kreatif, kamu bisa menambahkan desain menarik pada CV. Namun, jika kamu ingin mengajukan lamaran ke industri formal seperti lembaga pemerintahan, usahakan tampilan CV sederhana tanpa banyak warna. Untuk CV, usahakan semua informasi tersampaikan dalam 1 halaman agar tidak dinilai bertele-tele oleh bagian HRD (Human Resources Development).

Melamar pekerjaan secara online

Source: sg.jobsdb.com

Sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan info lowongan pekerjaan. Cara melamarnya pun cukup mudah hanya dengan mengunggah semua file yang dibutuhkan ke situs tersebut. Manfaatkanlah kemudahan ini untuk melamar pekerjaan yang kamu impikan.

Bersabarlah untuk mendapat pekerjaan yang tepat

Setelah melamar pekerjaan kesana-kemari, yang harus kamu lakukan adalah bersabar. Ingat, ada banyak sekali saingan kamu yang melamar posisi yang sama. Itulah kenapa proses rekrutmen membutuhkan waktu cukup panjang. Jika ternyata kamu belum mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, yakinlah akan ada kesempatan lebih baik lainnya yang akan datang. Just wait and see! :)

Itu tadi berbagai langkah yang bisa moeslemates coba sebelum untuk melamar pekerjaan. Yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan lamaran pekerjaan dengan minat yang kamu miliki. Semakin kamu menikmati pekerjaan yang kamu senangi, semakin berkurang pula beban pekerjaan nantinya :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS