3017
  2017-02-14       bosch-home.co.uk

Aturan Menyimpan dan Membekukan 7 Bahan Makanan di Kulkas

Perhatikan berapa lama boleh menyimpan dan membekukan bahan-bahan makanan berikut ini ya, Moeslemates.

Fany Darrienda 514 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!
Coba tengok isi kulkas kita sebentar yuk, ada apa saja di sana?
Air minum? Jus? Lauk mentah?
Nah, biasanya ibu atau Moeslemates yang sudah menjadi ibu rumah tangga suka menyimpan lauk mentah nih. Alasannya agar lebih praktis tidak perlu setiap hari belanja, ada juga yang beralasan lebih murah apabila membeli dalam jumlah lebih banyak lalu sisa lauk yang belum diolah disimpan dalam kulkas atau dibekukan di freezer.
Boleh kok, Moeslemates. Tapi perlu perhatikan ya berapa lama bahan-bahan makanan tersebut boleh disimpan atau dibekukan.

Telur

Source: huffingtonpost.com

Telur mentah bisa bertahan cukup lama di dalam kulkas yaitu selama 3 minggu atau 21 hari.
Selain telur mentah, telur rebus juga boleh disimpan dalam kulkas, tapi selama 7 hari saja ya, Moeslemates.
Dengan syarat, baik telur mentah maupun telur rebus dalam keadaan utuh dan tidak pecah.
Oh ya, jangan simpan telur mentah maupun rebus di dalam freezer ya!

Daging Segar

Source: shuttershock.com

Daging sapi maupun daging kambing segar baik disimpan selama 3-5 hari di dalam kulkas. Agar lebih awet biasanya orang-orang lebih suka menyimpannya di freezer karena bisa bertahan hingga 12 bulan!

Source: www.cheapbasket.com

Daging yang telah dicincang memiliki 'usia' lebih pendek dari daging segar apabila disimpan di kulkas, hanya selama 1-2 hari. Disimpan di freezer juga sebaiknya 3-4 bulan saja.

Source: huffingtonpost.com

Daging ayam, bebek, dan unggas lainnya hanya baik disimpan selama 1-2 hari di kulkas. Agar lebih lama, bekukan di freezer. Bisa bertahan hingga 6-9 bulan loh!

Daging Olahan

Source: food.ndtv.com

Agar lebih awet, beberapa orang mengolah daging terlebih dahulu dengan cara diasap. Meskipun telah 'diperpanjang umurnya', daging asap masih bisa diawetkan lagi dengan menyimpannya di kulkas selama 7 hari dan 1 bulan di freezer.

Source: stierlismallsgoods.com.au

Kalau diasap mungkin masih kurang familier untuk orang Indonesia, cara yang umum adalah dikukus lalu disimpan dalam kemasan berbentuk lonjong panjang, dikenal dengan sosis.
Anak kos nih biasanya suka menyimpan sosis untuk 'lauk darurat' saat lapar tengah malam atau ketika sedang ngirit hehe. Tapi ingat, sosis hanya baik disimpan di kulkas selama 7 hari saja ya. Kalau mau lebih lama, simpan di freezer. Lebih lama bertahan 1-2 bulan.

Ikan

Source: www.wingofstmawes.co.uk

Ikan banyak mengandung protein. Beli yang segar ya Moeslemates. Sebaiknya tidak menyimpan ikan di dalam kulkas. Kalau terpaksa, simpan selama 1 hari saja. Kalau ingin awet lebih lama, simpan di freezer, tapi selama 1 bulan saja ya.

Seafood

Source: 123rf.com

Moeslemates yang suka seafood, terutama udang, kerang, dan cumi-cumi, sebaiknya langsung mengolahnya ya setelah membeli karena sama seperti ikan, seafood hanya baik disimpan selama 1 hari saja di dalam kulkas. Tapi bila menyimpannya di freezer bisa bertahan sampai 3-4 bulan kok.

Source: www.bettyandjoes.com

Selain segar, belakangan ini, terutama di supermarket besar, banyak dijual seafood dalam kaleng. Setelah dibuka, simpan seafood kaleng ini dalam kulkas selama 3 hari saja, Moeslemates. Apabila ingin menyimpannya dalam freezer, keluarkan seafood terlebih dahulu. Simpan paling lama 2 bulan ya.

Susu dan Olahannya

Source: nairaland.com

Susu segar hanya dapat bertahan selama 3-4 hari saja di dalam kulkas. Meskipun boleh disimpan sampai 1 bulan di freezer, tapi sudah pasti rasanya berubah.

Source: graceeunike.wordpress.com

Selain susu segar, biasanya kita suka menyimpan susu kental manis juga di dalam kulkas.
Setelah dibuka, susu kental manis dapat bertahan selama 15-20 hari bila disimpan di dalam kulkas dan 2-3 bulan saja apabila Moeslemates menyimpannya di freezer.

Source: cheesestorecedarhurst.com

Olahan susu antara lain adalah keju.
Menyimpan keju di kulkas paling lama 30 hari saja ya, Moeslemates.
Kalau di simpan di freezer, buang sebelum 6 bulan.

Hayooo coba diingat-ingat lagi, sudah berapa lama Moeslemates menyimpan bahan-bahan makanan tersebut di kulkas. Agar tidak lupa, tulis tanggal Moeslemates memasukkan bahan-bahan tersebut. Sebaiknya memang tidak menyimpan makanan terlalu lama di kulkas ya Moeslemates, agar kandungan gizinya tidak hilang atau rusak.
Wassalamu'alaikum!

Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS