2989
  2017-02-10       www.baruaja.com

Tips Jitu Memilih Durian Manis dan Legit

Hai, kamu para penikmat buah durian! Sudah tahu cara memilih durian yang baik, manis dan enak? Kalau belum. simak tips berikut yuk!

santi lisnawati 1,075 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Adakah di antara moeslemates yang suka buah durian? Memilih buah durian yang sesuai ekspektasi memang agak sulit. Kadang timbul penyesalan jika ternyata buah durian yang dibeli dagingnya terlalu tipis dan sedikit. Untuk itu, coba simak tips berikut untuk memilih durian yang manis dan enak.

Perhatikan musim

Hindari membeli durian saat musim hujan. Durian yang tumbuh pada musim kemarau memiliki daging yang lebih manis.

Abaikan warna kulit durian

Abaikan warna kulit durian saat memilihnya karena tidak mutlak dijadikan parameter kematangan buah. Kulit durian berwarna kuning belum tentu sudah matang. Sebaliknya, kulit durian berwarna hijau bukan berarti buahnya belum matang.

Pilih durian ringan

Pilihlah durian yang lebih ringan, sebab menunjukkan dagingnya lebih tebal daripada bijinya.

Jangan pilih durian yang terbuka

Source: poskotanews.com

Hindari memilih durian dengan kulit yang sudah terbuka. Daging durian yang sudah terkontaminasi udara membuat rasanya jadi lebih hambar dan tidak terlalu manis.

Perhatikan aroma durian

Selain bentuk fisik, perhatikan pula aroma durian yang akan dibeli. Durian yang wangi walaupun belum dibuka, berarti sudah benar matang dan manis.

Cek bentuk duri kulit durian

Durian yang baik adalah yang memiliki duri pendek dan jarang-jarang. So, perhatikan bentuk durian sebelum membelinya.

Ketuk durian dengan pisau

Source: poskotanews.com

Minta penjual coba mengetukkan pisau ke kulit durian. Jika bunyi tidak terlalu nyaring, berarti durian sudah matang dan siap dimakan.

Perhatikan bentuk tangkai durian

Tangkai pada durian berfungsi menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Tangkai durian yang pendek dan tebal menandakan karbohidrat dalam buah semakin besar. Itulah sebabnya durian bertangkai pendek dan tebal memiliki daging buah tebal dan banyak. Sebaliknya, tangkai durian panjang dan kecil menandakan daging buah lebih tipis.

Pilih durian bulat

Daripada durian berbentuk lonjong, pilihlah durian dengan bentuk bulat. Durian bulat biasanya memiliki daging yang lebih tebal.

Teliti dan cermat adalah kunci mendapatkan durian yang sesuai keinginan. Bersabar dan tidak terburu-buru saat memilih durian akan membantumu mendapatkan durian yang enak, manis dan berdaging tebal. Happy choosing durian, moeslemates!

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS