2988
  2017-02-09       ukrainianfoodrecipes.com

Ganti MSG Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Ingin masakan dengan rasa menggugah selera? Lupakan MSG, gunakan bahan-bahan alami berikut ini.

santi lisnawati 276 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Untuk sebagian besar orang, memasak akan jauh lebih mudah dengan menggunakan MSG sebagai penyedap rasa. Akan tetapi, seperti kita tahu bahwa MSG yang terlalu sering digunakan tidaklah baik untuk kesehatan. Untuk itu, diperlukan alternatif bahan alami untuk menggantikan MSG ini. Berikut referensi bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyedap rasa untuk memasak.

Udang

Source: sapnuherbal.com

Jangan langsung membuang kepala dan kulit udang karena ternyata ada manfaatnya lho.

Cuci bersih kulit dan kepala udang lalu panggang hingga kering di dalam oven. Jika tidak ada oven, kamu bisa gunakan wajan anti lengket. Setelah itu giling kulit dan kepala udang kering hingga menjadi bubuk. Selanjutnya kamu bisa gunakan bubuk udang ini sebagai penyedap untuk sambal terasi, soto ayam atau sayur asem.

Gula pasir

Source: harianriau.co

Siapa sangka ternyata gula juga bisa membuat masakan jadi makin sedap?

Perpaduan garam dan gula akan menghasilkan sensasi rasa yang luar biasa. Cukup tambahkan sedikit gula pada masakanmu. Eits, jangan kebanyakan ya agar makanan kamu tidak kemanisan :)

Bawang putih

Bawang putih memang sudah dikenal sebagai bahan penyedap masakan nomor satu.

Cara menggunakan bawang putih sebagai penyedap ini ada dua. Pertama, goreng bawang putih hingga kering lalu tumbuk hingga halus berbentuk bubuk. Bubuk bawang putih ini bisa kamu gunakan sebagai bahan penyedap masakan. Cara kedua adalah dengan menggeprek atau menghaluskan bawang putih yang telah dikupas. Kemudian tumis bawang putih hingga layu baru dicampurkan dengan bahan masakan lainnya.

Kaldu ayam atau sapi

Source: food.detik.com

Buat masakan makin lezat dengan kaldu ayam atau sapi. Caranya cukup rebus tulang sapi atau ayam untuk mengeluarkan sari patinya. Biar makin sedap, tambahkan berbagai sayuran dan bumbu dapur seperti wortel, seledri, bawang bombai serta bawang putih.

Setelah itu coba saring kaldu agar tidak ada bagian putih yang menggumpal. Pastikan kuah kaldu tetap bening untuk penggunaan selanjutnya ya, moeslemates.



Sekarang tak perlu lagi gunakan MSG untuk memasak. Ciptakan citarasa masakan lezat dengan bahan-bahan alami untuk menu makanan yang lebih sehat. Say no to MSG!

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS