2984
  2017-02-06       www.deherba.com

7 Cara Jitu Tingkatkan Daya Konsentrasi

Sering susah fokus dan konsentrasi? Berarti kamu perlu tahu tips berikut.

santi lisnawati 105 views

Banyak hal menyebabkan penurunan konsentrasi, salah satunya adalah banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Pekerjaan tiada henti akan membuat daya konsentrasi menurun dan sulit untuk fokus. Lalu bagaimana cara meningkatkan daya konsentrasi agar semua tugas bisa terselesaikan? Simak tips berikut.

1. Berbicara sendiri

Source: fablefeed.com

Saat sedang menghapalkan sesuatu misalnya materi presentasi, coba lafalkan dengan jelas. Trik berbicara pada diri sendiri ini justru akan lebih melatih daya konsentrasi.

2. Istirahat dari kegiatan

Source: www.adweek.com

Belajar atau bekerja dalam waktu terlalu lama menyebabkan konsentrasi menurun. Untuk itu coba istirahat sejenak dari rutinitas. Caranya bisa dengan mendengarkan musik atau minum air untuk sekedar refresh.

3. Cari tempat yang tenang

Carilah tempat yang mendukung untuk belajar atau mengerjakan tugas. Perpustakaan adalah pilihan tepat untuk lebih fokus dalam belajar. Untuk lingkungan pekerjaan di kantor, coba ciptakan suasana tenang yang kondusif hingga tidak memecah konsentrasi.

4. Minum teh atau kopi

Source: fablefeed.com

Belajar atau bekerja tentu bisa menyebabkan kelelahan hingga timbul rasa kantuk. Untuk itu pastikan konsentrasi kamu tidak buyar dengan cara minum teh atau kopi. Dengan begitu, pikiran jadi kembali fresh dan kantukpun hilang.

5. Tidur cukup

Menjalankan aktivitas saat kurang tidur tidak akan bisa optimal, sebab daya konsentrasi yang menurun. Itulah kenapa penting sekali untuk mendapatkan jam tidur yang cukup setiap malamnya.

6. Fokus pada satu pekerjaan

Source: fablefeed.com

Coba fokus melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu. Multi tasking akan membuat konsentrasi terpecah, pada akhirnya pekerjaan jadi terbengkalai. Jadi kuncinya, tetap fokus!

7. Tentukan batas waktu

Coba tentukan deadline waktu untuk diri sendiri. Begitu deadline selesai, lanjutkan ke tugas berikutnya. Dengan cara ini, kamu akan bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Meningkatkan daya konsentrasi dan menjaga pikiran tetap fokus, membutuhkan banyak hal yang perlu diperhatikan. Tapi sekali kamu mampu melakukan tips tadi dengan benar, dijamin tidak ada pekerjaan yang akan terbengkalai akibat daya konsentrasi menurun.

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS