2971
  2017-02-02       www.forbes.com

Cara Tetap Tenang Saat Mengalami Stres (Part 1)

Manajemen stres diperlukan untuk membuatmu tetap tenang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghadapi stres.

santi lisnawati 44 views

Setiap orang pasti akan mengalami masalah dalam hidup. Setiap masalah tersebut tak jarang menimbulkan stres jika tidak diselesaikan dengan baik. Stres yang dipendam akan membuatmu makin tertekan. Itulah kenapa kamu harus bisa menghadapi stres agar tidak makin tertekan. Berikut tips yang kamu coba untuk menghadapi stres. Check this out!

Cerita pada orang lain

Source: fablefeed.com

Stres yang dipendam akan membuat tubuh dan pikiranmu tidak sehat. Coba berbagi cerita dengan orang terdekat untuk mengeluarkan uneg-uneg yang ada. Berbagi pikiran dengan orang lain akan lebih melegakan, sekaligus bisa bertukar pendapat untuk solusi dari masalah yang membuatmu stres.

Lakukan meditasi singkat

Source: fablefeed.com

Stres memang mudah menimbulkan panik. Jika kamu mengalami serangan panik, coba trik satu ini. Tutup mata kemudian tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Lakukan cara ini berulang kali hingga kamu merasa lebih tenang. Saat membuka mata, kamu akan lebih bisa berpikir jernih untuk menghadapi stres yang menyerang.

Akui kesalahan yang dibuat

Source: fablefeed.com

Masalah dari kebanyakan orang adalah sulit mengakui kesalahan yang dibuat. Mencari kambing hitam karena tidak ingin disalahkan atau menganggap diri sendiri paling benar hanya akan membuatmu tertekan. Cara paling baik adalah coba lapang dada mengakui kesalahan yang kamu buat. Lalu pastikan kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Jangan kehilangan percaya diri

Source: fablefeed.com

Jangan langsung kehilangan rasa percaya diri saat belum meraih apa yang kamu cita-citakan. Jika tidak mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan, bukan berarti kamu lemah dan tidak mampu. Selalu yakinkan pada diri sendiri bahwa suatu saat kamu akan bisa mendapatkan pekerjaan terbaik. Just keep the faith!

Ketahui penyebab stres

Source: fablefeed.com

Untuk menemukan solusi dari stres yang kamu alami, temukan dulu penyebab dari stres tersebut. Coba buat daftar apa saja penyebab stres yang kamu alami, lalu pahami cara mengatasinya satu-persatu.

Ketahui level temperament diri sendiri

Source: fablefeed.com

Sangat penting untuk mengetahui level temperament diri sendiri. Coba tuliskan di sebuah kertas level emosi saat kamu merasa bersalah, cemas, khawatir dan takut. Dengan begitu kamu bisa lebih introspeksi diri dan mencari solusi untuk menekan level emosi yang terlalu tinggi.

Tonton film atau video lucu

Jangan biarkan stres membuatmu makin terpuruk. Istirahat sejenak dan tontonlah film komedi atau potongan klip lucu untuk membuatmu tertawa. Tertawa mampu melepaskan endorphine dalam tubuh, sehingga stres akan hilang. Setelah itu barulah kamu pikirkan dengan tenang solusi dari masalah yang kamu hadapi.

Ketahui penyebab stres baru temukan solusinya kemudian. Jangan terlalu lama larut dalam masalah agar stres tidak makin berkepanjangan. Have a good day, moeslemates!

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS