2968
  2017-02-02       zliving.azureedge.net

6 Cara Yakinkan Diri Bahwa Mimpi Bisa Menjadi Kenyataan

Sebenarnya orang yang dianggap tidak mampu bisa menjadi adalah orang-orang ternyata memilik kemampuan luar biasa. Bahkan, bisa melebihi target atau impian yang diinginkan loh.

Deane Lene 164 views

Sebagai manusia, kita semua pasti memiliki impian untuk masa depan. Namun seiring berjalannya waktu akan ada banyak rintangan yang mungkin membuat kalian mengurungkan niat kalian untuk mewujudkan keinginan kalian menjadi kenyataan. Alhasil kehidupan kalian akan berhenti sampai disini saja. Dengan artian kalian hanya menjadi seorang pekerja dan kemungkinan untuk bisa mengembangkan diri sangat tipis.

Moeslemates, ketika kalian memiliki sebuah impian, cobalah untuk membuat hal itu menjadi kenyataan. Buatlah mimpi itu menjadi milik kalian. Walaupun kalian akan menghadapi berbagai macam rintangan dari mulai yang ringan hingga yang berat, kalian tidak boleh menyerah. Ketika kalian terus berusaha semaksimal mungkin, Allah akan memberikan banyak jalan bagi kalian.

Apa sih penyebab kalian sulit untuk meraih impian?

Moeslemates, terkadang orang yang memiliki banyak kemampuan dan pengetahuan luar biasa sering dipandang sebelah mata. Terlebih orang-orang seperti ini biasanya memiliki penampilan fisik yang ekstentrik dan berbeda daripada orang sekitarnya seperti pakaiannya (perpaduan warna, perpanduan jenis motif, dan sebagainya), pola pikirnya yang cenderung tidak dapat diduga-duga, dan caranya untuk mengungkapkan pendapat.

Biasanya dengan kondisi mereka yang seperti disebutkan tadi akan membuat orang-orang disekitarnya merasa tidak nyaman akan keberadaan mereka. Mengapa? Karena orang-orang disekitarnya beranggapan bahwa orang-orang istimewa ini mengancam keberadaan mereka yang biasa-biasa saja. Sehingga tidak jarang mereka yang istimewa akan diasingkan atau dijatuhkan. Hal yang sering dilakukan untuk menjatuhkan keistimewaanya adalah dengan menghancurkan kepercayaan dirinya dengan cara tidak mendukung dan selalu menentang pendapatnya. Bisa kalian bayangkan apa yang terjadi jika kepercayaan diri seseorang telah tiada?

Yapp... Mereka secara tidak langsung akan merusak dirinya sendiri dan hilanglah sudah kemampuan-kemampuan istimewa yang ada pada dirinya. Terlebih jika mereka tidak mendapat dukungan dari orang lain. Maka orang-orang istimewa tersebut akan tenggelam dalam dirinya sendiri dan memutuskan untuk menguburkan impiannya.

kasihan bukan?

Nah moeslemates...
Ada 6 tips untuk kalian agar kalian tidak berhenti memperjuangkan impian kalian. Apapun impian kalian, selama itu positif dan dapat diraih, kenapa tidak?

1. Niat

Apa impian saya?
Apa yang ingin saya raih?
Bagaimana saya bisa meraih itu?
Apa yang harus saya lakukan?
Sudah seberapa besar pengorbanan yang saya lakukan?
Sudah cukupkah usaha saya saat ini untuk bisa meraih impian saya?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk diri kalian sendiri. Semakin spesifik pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan mimpi kalian akan semakin mendekatkan diri kalian pada keyakinan bahwa mimpi tersebut dapat diraih.

Selain itu, pertanyaan-pertanyaan semacam itu juga bisa membantu kalian terus mengingatkan apa tujuan kalian saat memulai usaha untuk meraih sebuah impian. Semakin sering mempertanyakan hal itu semakin yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin terjadi dalam hidup kalian.

Ketika kalian sudah merasa lelah dan hampir putus asa karena usaha yang tidak kunjug membuahkan hasli, tanya lagi kepada diri kalian
"apakah usaha yang saya lakukan sudah maksimal?"
"hal apa yang saya lewatkan hingga usaha saya tidak kunjung membuahkan hasil?"

Memang pada kenyataanya untuk membuat suatu gagasan "saya ingin..." adalah awal permulaan yang biasa sering dikatakan sebagai niat itu mudah. Lalu apa yang sulit? Hal yang paling sulit adalah "bagaimana cara mempertahankan niat tersebut hingga akhirnya menjadi kenyataan?"

Jangan berhenti dan menyerah. Selesaikan apa yang telah kalian mulai.

2. Jangan berhenti untuk belajar

Jangan berheti untuk mencari tahu banyak hal di dunia ini. Karena dewasa ini segala hal sudah sangat dipermudah dengan adanya perkembangan teknologi, sehingga tidak ada lagi alasan bagi seseorang memiliki hambatan untuk mengetahui segala hal yang terjadi di dunia ini.

Moeslemates, jangan pernah berhenti untuk mempelajari berbagai hal. Belajar tidak hanya melalui jenjang pendidikan ataupun buku, kalian bisa menggunakan kemajuan teknologi yang ada atau dengan cara mudahnya kalian bisa sharing atau hanya perlu bersosialisasi dengan orang lain. Baik orang baru maupun orang yang sudah pernah kalian temui sebelumnya. Mengapa bersosialisasi termasuk salah satu media belajar?

Karena setiap manusia didunia ini memiliki berbagai macam pengalaman yang sangat luar biasa dan belum tentu orang lain merasakannya juga meskipun orang yang berbeda juga pergi dalam satu tujuan. Bahkan orang yang memiliki kembar identik pun memiliki perbedaan pengalaman selama waktu kehidupannya. Dari pengalaman-pengalaman tersebut kalian bisa mempelajari berbagai hal dan pengalaman-pengalaman tersebut juga berguna bagi kalian sebagai sebuah informasi umum yang bisa kalian terapkan apabila kalian berada dalam kondisi yang sama.

Tidak ada jalan meraih impian dengan cara yang instan dan mudah. Segala hal yang kalian lalui saat ini adalah bagian dari proses dan pada fase ini juga adalah salah satu media kalian untuk belajar. Jika kalian berharap bahwa proses ini berjalan dengan cepat, lalu apa yang kalian pelajari? Jadi nikmati lah.

Jangan pernah berhenti untuk selalu mencari tahu hal baru dan mempelajarinya.

3. Sharing

Source: media.licdn.com

Carilah teman yang memiliki ketertarikan untuk hal yang sama dengan kalian. Jika kalian menemukan orang yang memiliki ketertarikan yang sama, selain komunikasinya terjadi dua arah, kalian juga akan menemukan hal-hal baru dalam dunia tersebut. Kalian bisa bertukar informasi sebanyak mungkin.

Jika kalian sedang membuat sesuatu, mintalah saran dan pendapatnya akan hal tersebut. Fungsinya agar kalian bisa mengetahui sudah benarkah yang telah kalian lakukan, apakah ada hal yang terlewatkan dan sebagainya. Dari kegiatan ini pula kalian bisa mengetahui sebrapa besar persentase pencapaian yang telah kalian raih.

4. Dengarkan pendapat orang lain

Tidak ada salahnya kalian menerima pendapat baik itu positif atau negatif sekalipun. Terima saja. Mendengarkan dan menerima pendapat orang lain itu sangat diperlukan untuk kalian yang masih dalam tahap membangun dan mengejar mimpi. Dengan mengetahui apa yang orang lain pikirkan tentang kalian, kalian akan mengetahui seberapa besar pencapaian yang telah kalian raih.

Ambillah penilaian positifnya dan pikirkan kembali sisi negatif yang telah diutarakan orang lain. Memang ada pendapat yang bagus namun disampaikan secara negatif dan ada pula yang memang hanya berniat untuk menjatuhkan kepercayaan diri kalian saja. Jadi ambillah hal-hal yang berguna untuk diri kalian saja, selebihnya biarkan berlalu begitu saja.

Jangan cepat putus asa ketika lebih banyak mendapat komentar negatif dari orang lain ya. Justru itu adalah bahan bakar utama kalian untuk berjuang lebih keras untuk meraih impian kalian. Buktikan pada orang lain bahwa ucapannya tidak benar.

5. Berhentilah memandang diri sendiri rendah

Berhentilah selalu melihat kekurangan yang ada pada diri kalian. Mulai saat ini kalian harus fokus terhadap apa yang menjadi kelebihan diri kalian.

Kalian mungkin tidak menyadari apa saja yang menjadi kelebihan kalian. Bahkan mungkin kalian memiliki kelebihan yang tidak banyak orang memilikinya. Sayang kan kalo dilewatkan begitu saja? Lebih baik maksimalkan apa yang menjadi kelebihan dalam diri kalian.

Jika kalian beranggapan kekurangan akan tetap menjadi kekurangan, ada baiknya kalian berpikir lagi. Mengapa kalian tidak mengasah kekurangan kalian untuk menjadi kelebihan kalian? Memang hal yang mudah terlebih kalian tidak memiliki minat didalamnya. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba diasah. Siapa tahu apa yang kalian anggap kekurangan ternyata suatu kelebihan yang kalian miliki secara tidak terduga.

Don't let fear or insecurity stop you from trying new things.
Believe in yourself. Do what you love.
And most importantly, be kind to others, even if you don't like them.
_Stacy London_
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS