2956
  2017-02-02       warun99ambar.blogspot.co.id

7 Masjid Termegah di Indonesia

Wisata ke alam, ke museum atau ke tempat kekinian sudah sering kalian lakukan. Bagaimana dengan wisata religi Moeslemates? Sudah pernah kah mencobanya?

Woro Ninditarini 1,065 views

Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia, memiliki beberapa keindahan masjid yang wajib menjadi salah satu destinasi kalian ketika berwisata. Selain wisata alam yang sudah sering kalian kunjungi, wisata religi bisa menjadi salah satu opsi kalian untuk menghabiskan akhir pekan atau berlibur. Selain berwisata, kalian pun akan dibuat kagum dengan betapa megahnya masjid tersebut. Apa aja masjid tersebut? Yuk, cek Moeslemates

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada tahun 1951 atas prakarsa presiden RI saat itu, Ir. Soekarno. Dengan luas bangunan 2,4 hektar, masjid ini dapat menampung 200.000 jamah. Selain letaknya yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Masjid Istiqlal juga ternyata dibangun oleh Frederich Silaban yang merupakan seorang beragama Kristen Protestan.

2. Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Masjid yang terkenal dengan nama Nama Masjid Kubah Emas ini terletak di kawasan yang kental dengan wisata religinya, sehingga tak jarang menjadi incaran para wisatawan karena keindahan gedungnya. Masjid ini terletak di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kabupaten Depok, Jawa Barat. Uniknya, masjid ini memiliki 5 buah kubah yang dilapisi emas setebal 3mm. Terdapat hiasan relief yang terbuat dari emas 18 karat dan mahkota pilar masjid yang berlapis bahan Prado atau sisa emas

3. Masjid Islamic Center, Samarinda

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Terletak di tepian Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur. Desain masjid ini terinspirasi dari perpaduan Masjid Nabawi di Madinah dan sebuah masjid artistik di Turki. Masjid ini mempunyai 7 menara dan menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99.

4. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid yang dirancang dengan perpaduan gaya arsitektural Islam, Romawi dan Jawa ini diresmikan pada tahun 2006. Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata religi yang patut dikunjungi ketika berkunjung ke Semarang. Masjid ini dilengkapi dengan bangunan utama yang beratap limas dan juga sebuah kubah besar berdiameter 20 meter serta 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya. Daya tarik lainnya yakni Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter.

5. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Salah satu masjid tertua di Indonesia, masjid ini dulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Ketika musibah tsunami dahsyat menyerang Aceh pada 26 Desember 2004, atas kekuasaan Allah, masjid ini bisa selamat dari terpaan tsunami tanpa ada kerusakan yang berarti. Masjid ini memiliki halaman yang luas, bentuk dan banyak ukiran yang menarik sehingga menjadi salah satu obyek wisata wajib ketika berkunjung ke Aceh.

6. Masjid Raya Makassar, Makassar

Nah, di Pulau Sulawesi, ada sebuah masjid megah yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid Raya Makassar dibangun di atas lahan lapangan sepakbola Exelsior Makassar seluas 13.912 meter persegi dan dibangun pada tanggal 25 Mei 1949. Menariknya, masjid ini memiliki sebuah kubah utama yang didatangkan langsung dari Australia. Masjid ini memiliki 2 buah menara dengan tinggi 66 meter dan memiliki daya tampung 10.000 jamaah dengan fasilitas berupa perpustakaan, kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan.

7. Masjid Agung Tuban, Jawa Timur

Masjid ini berdiri megah di alun-alun kota Tuban, Jawa Timur yang terletak tak jauh dari makam Sunan Bonang. Masjid ini didirikan oleh Bupati Tuban Pertama pada abad ke-15 ketika jaman kerajaan Majapahit, bupati Tuban tersebut bernama Adipati Raden Ario Tedjo. Sejak awal dibangun, masjid ini telah mengalami 3 kali renovasi, yakni pada tahun 1894, 1895 dan 2004. Tampilan luar masjid ini mengadopsi arsitektur Masjid Imam di Iran, interiornya terinspirasi dengan gaya Masjid Cordoba di Spanyol dan terdapat pula ukiran tangga yang terbuat dari kuningan.

So tunggu apalagi, sudah siapkah kalian berwisata religi ke masjid tersebut? Have a nice journey Moesemates!

Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS