2952
  2017-02-02       www.binatangpeliharaan.org

6 Cara Alami Mengobati Kutu Kucing

Kucing kalian bermasalah dengan kutu? Ada cara alaminya tanpa perlu ke dokter lho Moeslemates.

Lidya O. 457 views

Kutu yang menempel pada kulit atau di bulu kucing merupakan serangga tanpa sayap. Meskipun kutu tersebut tidak akan berpengaruh pada manusia, tetapi efeknya cukup berbahaya jika tidak segera dibasmi. Nah, buat kamu yang minim biaya perawatan dokter hewan, yuk simak tips-tips di bawah ini yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mandi

Source: kucingpedia.com

Pertama kali yang harus kamu lakukan saat kucingmu terkena kutu adalah dengan memandikannya secara intensif dengan shampo khusus yang bisa kamu beli di toko perlengkapan hewan. Siapkan air mandi hangat dengan bak untuk merendamkan seluruh tubuh kucing. Tapi untuk kucing bercorak hitam atau gelap biasanya akan sulit untuk menjangkau si kutu karena tidak kelihatan. Kalau warnanya putih, jelas kita akan lebih mudah menemukan si kutu-kutu itu. Saya pernah memandikan sendiri kucing saya yang tubuhnya berwarna putih. Begitu dimasukkan ke dalam bak hangat dan menggosok-gosokkannya, perlahan kutu-kutu tersebut terlepas dari tempatnya berhinggap. So, kamu musti hati-hati dan sabar saat mandi kutu ya.

2. Sisir

Yang kedua adalahnya menyisirnya. Khusus untuk kucing berbulu tebal, kamu perlu lebih fokus ketimbang mereka yang berbulu sedang. Biasanya kalau beruntung, kutu-kutu akan keluar dengan sendirinya dan menempel di sisir jika kamu rajin menyisirkannya.

3. Cuci Selimut

Kucing bermain seharian di rumah? Kamu perhatikan juga dong tempat-tempat yang menjadi persinggahannya. Misalnya, di karpet ruang tamu, atau di pojokan ruang tidur. Usahakan setelah mengetahui kucing berkutu, langsung cuci saja alas main mereka karena kutu suka sekali loncat sana loncat sini. Dan pergerakannya lumayan cepat lho! Nah, sekedar tips, jangan lupa mencucinya dengan cairan cuka panas ya.

4. Vakum

Penyedot debu saat bermanfaat dan lebih banyak mengambil kotoran dibandingkan hanya disapu saja. Kalau kutu-kutu tersebut sudah berjalan di lantai rumah biasanya nggak akan segampang itu disapu. Langsung saja pakai vakum cleaner supaya lebih maksimal membersihkan rumah dari kutu kucing.

5. Jeruk Lemon

Selanjutnya kamu bisa mengambil satu panci air mendidih dan masukkan setengah buah lemon ke dalamnya. Tutup panci dan biarkan air menjadi dingin dan lemon larut sepenuhnya. Setelah air dingin, tuangkan air tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan ke kucing yang terkena kutu. Karena kutu ternyata benci aroma jeruk lemon lho Moeslemates.

6. Cuka

Sama seperti lemon, kutu pun tidak menyukai cuka. Tahu sendiri kan kutu kucing itu susah banget ditangkapnya! Jadi, cobalah matikan ia dengan cuka. Caranya sama dengan cara di atas dan kamu bisa langsung menyemprotkannya di tubuh kucing.

Nah, bagaimana Moeslemates? Cukup mudah dan tidak merepotkan kan? Namanya juga punya hewan peliharaan di rumah, pastinya seperti mengurus anak kecil ya. Yang terpenting untuk mencegah kutu adalah perhatikan kebersihan lingkungan dan tubuh kucing tersebut. Apalagi untuk ras bulu tebal yang sensitif dan mudah berjamur.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS