2950
  2017-02-13       www.janeyangdentalpc.com

5 Manfaat Scaling Gigi

Meskipun gigi sering disepelekan, namun ada beberapa manfaat penting jika kamu rutin melakukan scaling gigi atau pembersihan karang. Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Lidya O. 812 views

Halo Moeslemates! Kamu pasti pernah dengar istilah "scaling" kan? Biasanya, kalau kita ke dokter gigi yang paling sering kena masalah adalah plak atau karang gigi. Memang ternyata yang namanya scaling itu wajib karena manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan gigi kita. Apalagi untuk kamu yang hobinya minum kopi, merokok dan jarang sikat gigi. Nggak kebayang kan seberapa banyak kuman yang sudah mengeras dan menempel di gigi sehingga menjadi plak? Nah untuk itu, di artikel kali ini saya akan menjabarkan manfaat scaling gigi atau proses pembersihan karang gigi. Simak yuk!

1. Membersihkan Partikel Makanan

Source: groupon.co.id

Walaupun sudah rajin menggosok gigi dengan teratur, kadang kala kita tidak sadar apa yang kita makan meninggalkan bekas di gigi dan susah diambil. Begitu pun juga saat meminum teh, soda, kopi, dll. Rupanya partikel makanan membandel masih memungkinkan terselip di sela-sela gigi lho. Berdasarkan informasi dokter gigi pribadi saya, sebaiknya dilakukan scaling minimal setidak-tidaknya satu kali dalam setahun.

2. Membersihkan Karang Gigi

Bagian belakang gigi mungkin agak susah terjangkau oleh sikat gigi. Biasanya, sisa partikel makanan yang tersisa bercampur dengan air liur kemudian mengeras dan menempel di gigi. Inilah yang dinamakan karang gigi. Warnanya bisa Moeslemates lihat sendiri di gambar di samping. Scaling membantu mengeluarkan dan membersihkan karang gigi secara total karena menggunakan alat canggih tanpa rasa sakit.

3. Mencegah Perubahan Warna Gigi

Scaling juga tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan sisa partikel makanan dan yang sudah menjadi karang, tetapi juga membantu pencegahan warna gigi yang memudar. Biasanya yang paling banyak dialami orang adalah perubahan dari warna asli ke warna kuning.

4. Menghindari Gingivitis

Gingvitis itu apa sih? Jadi, gingvitis itu adalah penyakit gusi yang membengkak dan memerah karena sisa partikel makanan tidak segera dibersihkan. Wah, berbahaya dong? Betul sekali. Keadaan seperti ini pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada epitel dan jaringan sel-sel penghubung pada gigi. Kalau sudah begini, kamu masih mau menyepelekan gigimu?

5. Menghindari Pengeroposan Gigi

Source: www.merdeka.com

Masih muda, tapi giginya sudah ompong? Bisa jadi kamu kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigimu. Kalau sudah terkena gingvitis, biasanya kuman-kuman dan bakteri akan mudah berkembang biak sehingga mengakibatkan kerusakan pada gigi. Salah satu yang terparahnya adalah pengeroposan gigi. Kalau sudah keropos, lama-lama bisa copot dan ompong lho. Ih, ngeri ya?

Nah, kalau kamu sendiri kira-kira dalam setahun melakukan check up dokter gigi berapa kali? Kalau saran saya sih per 6 bulan itu sudah cukup dan untuk scaling setahun sekali juga tidak masalah kok. Yuk mulai dari sekarang kita peduli dengan kesehatan gigi dan jangan bosan untuk reminder diri gosok gigi teratur setiap hari!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS