295
  2016-07-03    

CERITA : #KATAHATI PUTUSKAN BERHIJAB, LEWAT BERJALANAN HIDUP DAN ILMU ALLAH


Triwitaan 35 views

Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah, dalam firman Allah disebutkan bahwa “ Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anakmu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Q.S. Al-Ahzab: 59)

Ketika dalam firmannya Allah sudah menyebutkan perintah untuk menutup aurat dan memakai penutup kepala/berhijab tentu kita sebagai hambanya harus mematuhi perintah Allah SWT sebagaimana menjadi hamba yang taat. Tentu banyak yang sudah mengetahui perintah-Nya untuk berhijab. Tetapi keyakinan dan niat untuk menggunakan hijab masih saja diragukan dengan berbagai alasan.

Seperti awal mula saya memutuskan untuk berhijab. Berawal semenjak masuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau setingkat sekolah dasar, saya sudah terbiasa memakai apa itu hijab/penutup kepala. Tapi, pada saat itu yang saya tahu memakai hijab/penutup kepala adalah peraturan yang ditetapkan sekolah pada saat itu. Jadi saat tidak sekolah saya menggunakan hijab/penutup kepala. Setelah memasuki tingkat kenaikan kelas di kelas 6 MI, wali kelas yang juga guru Agama menerangkan bahwa perintah menutup aurat dan menggunakan hijab/penutup kepala wajib bagi setiap perempuan muslim.

Saya mendapatkan penjelasan singkat mengenai perintah ini dari seorang guru Agama, ada beberapa keluarga terdekat juga mengingatkan untuk saya menggunakan hijab/penutup kepala. Saya kemudian mulai menggunakan hijab/penutup kepala memasuki jenjang tingkat sekolah menengah pertama (SMP). #kata hati saya mengatakan malu ketika pada saat ini saya harus lepas dan pakai hijab/penutup kepala. Menjalani peran sebagai siswa di sekolah menengah tingkat pertama (SMP) saya mulai mengetahui dan menyadari bagaimana pergaulan anak-anak menuju dewasa ini banyak beragam macam hal yang mereka lakukan. Keingintahuan yang besar akan suatu hal mendorong teman-temanku untuk mencoba hal diluar batas kewajaran.

Ada beberapa hal yang saya tidak bisa pahami mengapa teman saya melakukan hal-hal yang menyimpang Agama. Saya yang mana notabennya berasal dari Madrasah dan bisa dibilang tidak macam-macam merasa khawatir. Dari sini #katahati saya terpanggil dan memutuskan mantap untuk berhijab/menutup kepala agar saya tetap dalam penjagaan Allah. Suatu ketika saya berjalan melewati gang rumah ada beberapa laki-laki yang menggoda saya dengan mengucapkan sallam, lalu saya berpikir mungkin lain halnya dengan perempuan yang tidak menutup aurat, pasti laki-laki yang menggoda akan dengan habis-habisan melecehkan perempuan itu. Beberapa hal-hal seperti ini terjadi dalam perjalanan kehidupan saya membuat saya merasa aman dan terlindungi dengan manfaat berhijab.

#katahati yang terakhir datang lewat ilmu Allah, maksudnya disini adalah ketika kita rajin mencari ilmu Allah. Maka orang bisa berubah lebih baik karena ilmu Allah. Contohnya adalah ketika kita mengaji, orang tau perintah menutup aurat ada dalam Al-Qur’an, kemudian orang bisa menggunakan hijab karena dia tahu hukum dan perintahnya. Dan lalu orang tersebut bisa berubah menjadi lebih baik. Ini point terakhir yang dirasa harus ada pada setiap pemikiran setiap Muslimah, agar tidak menjadikan alasan lain diatas perintah untuk berhijab/menutup kepala.

Yuk, muslimah jangan ragu untuk berhijab, karena Allah juga tidak ragu memberikan perintahnya agar sekalian Muslimah selamat dan terlindungi dari fitnah dan kemaslahatan lain. Ini #katahati ku dalam memutuskan untuk berhijab. Apa #katahatimu ketika memutuskan untuk berhijab?

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS