2945
  2017-02-02       rukun-islam.com

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat tersembunyi dari kentut yang jarang orang ketahui.

Lidya O. 175 views

Halo Moeslemates! Di artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat kentut yang mungkin kamu sendiri tidak menyadarinya. Baik saya maupun kamu pasti pernah dong mengalami malu akibat kentut yang tak tertahankan lagi? Buat yang masih suka menertawakan kentut orang harus mulai berhati-hati nih Moeslemates karena ada hadistnya lho.

Suatu hari Rasulullah SAW menyampaikan khutbah. Beliau menceritakan tentang kisah onta Nabi Sholeh yang disembelih kaumnya yang membangkang. Beliau menafsirkan firman Allah di Surat As-Syams. Kemudian beliau menasehati agar bersikap lembut dengan wanita, dan tidak boleh memukulnya. Kemudian beliau menasehati sikap sahabat yang tertawa ketika mendengar ada yang kentut.

“Mengapa kalian mentertawakan kentut yang kalian juga biasa mengalaminya.”
Source: (HR. Bukhari 4942 dan Muslim 2855)

Secara logika, benar juga sih kalau kentut itu manusiawi banget. Justru kita harus bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk merasakan nikmatnya bisa kentut. So, langsung saja yuk kita bahas apa saja sih manfaatnya untuk kesehatan.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Gas hydrogen sulfide memiliki sifat dari hydrogen sulfide yaitu membantu melonggarkan jaringan pembuluh darah dan meningkatkan kelenturan pembuluh darah vena dan arteri. Sehingga gas ini mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh yang dapat memberikan efek baik seperti suplai darah dan oksigen ke organ tubuh tidak terhambat, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan suplai darah ke organ tubuh jadi tidak terhambat.

2. Mengatur Tekanan Darah

Source: www.deherba.com

Gas hydrogen sulfide seperti yang sudah dijelaskan di atas yang keluar bersamaan dengan proses buang angin memiliki efek baik yaitu mampu mengatur tekanan darah bagi siapapun yang menghirup baunya. Dengan tekanan darah yang teratur, maka kamu akan terhindari dari kondisi hipertensi maupun hipotensi. Wah, kalau begitu jangan pernah meremehkan bau kentut lagi ya Moeslemates!

3. Mengurangi Resiko Terserang Penyakit Kronis

Selain manfaat menghirup bau kentut bisa mengatur tekanan darah, ada lagi lho Moeslemates manfaatnya. Yaitu dapat terhindar dari resiko terserang berbagai macam jenis penyakit berat seperti kanker, diabetes, dementia, stroke, serangan jantung dan tumor. Walaupun dengan menghirup bau kentut bukan satu-satunya jalan pencegahan, namun setidaknya kita bisa mendapatkan manfaat tersembunyi dari gas tersebut.

4. Anti Inflamasi

Manfaat selanjutnya adalah mampu menjadi penolong anti inflamasi pada tubuh kita. Beberapa kondisi inflamasi di antara lainnya adalah seperti refluks asam lambung, maag, radang tenggorokan, radang pada lambung dan usus, peradangan pada organ tubuh lainnya, dan masih banyak lagi.

5. Anti Pembengkakan

Kemudian yang terakhir adalah sebagai senyawa yang dapat menjadi anti pembengkakan yang mungkin terjadi di tubuh kita.

Bagaimana Moeslemates? Jadi, banyak juga ya manfaatnya untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS