2919
  2017-02-02       s-media-cache-ak0.pinimg.com

4 Dampak Positif Psikologis dari Kegiatan Seni

Ternyata kegiatan yang bersinggungan dengan seni tidak hanya melatih otak agar lebih cerdas loh. Tetapi kegiatan ini juga memiliki dampak positif untuk kepribadian kita. Cek artikel ini yuk!

Deane Lene 278 views

Seni adalah keindahan dan seni adalah suatu hal yang positif. Membuat para penikmat merasa dalam kebahagiaan. Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Seni adalah suatu bentuk set nilai-nilai yang dikirimkan dengan ekspresi, untuk menyampaikan baik berdasarkan kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin. Seni dibagi menjadi tiga bagian ada yang berupa audio, visual atau audio visual.

Seni yang menggunakan alat bantu pendengaran sering dikatakan sebagai audio art. Produk dari audio art ini diantaranya adalah seni musik, suara, seni sastra (puisi dan pantun). Sedangkan seni yang menggunakan indera pengelihatan untuk menikmati suatu karya biasanya di sebut dengan visual art. Produk dari visual art ini diantaranya adalah lukisan, poster, bela diri dan sebagainya. Ada pula yang menggabungkan kedua hal tersebut sehingga menciptakan suatu karya yang dapat bergerak. Penggabungan dua hal diatas sering dikatakan sebagai audio visual art. Jika kalian sering menonton film, itu adalah salah satu bentuk produk dari audio visual art.

Dari sekian banyak jenis seni, pasti salah satu dari itu kalian menyukainya. Walaupun tidak mahir didalamnya tapi setidaknya kalian menyukainnya bukan?

Nah moeslemates....
Ternyata dunia seni ini memiliki dampak positif bagi kondisi psikologis kita loh. Tidak hanya bisa sebagai sebuah media refleksi diri, tetapi ada hal lainnya yang jarang kalian ketahui. Secara tidak sadar kalian mendapatkan hal ini saat kalian bersinggungan dengan dunia seni.

Berdasarkan jurnal ilmiah, terdapat 4 hal yang selalu didapatkan oleh seseorang ketika bersinggungan dengan dunia seni. Baik secara langsung maupun tidak langsung kalian akan merasakannya. Empat hal tersebut diantaranya:

1. Membangun kepercayaan diri

Hampir sebagian besar orang merasa bahwa dirinya percaya diri namun pada kenyataanya ketika dihadapkan oleh lingkungan baru, ia tidak mampu leluasa untuk bergerak.

Seni adalah salah satu pengungkapan dari sebuah perasaan dalam diri atau bisa dikatakan sebagai refleksi kepribadian, emosi, sifat seseorang. Jika hal ini dilakukan, seni dapat membantu seseorang melepaskan diri dari perasaan tidak nyaman. Lalu apa hubungannya dengan kepercayaan diri?

Semakin seseorang merasa bahwa tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan pada dirinya sendiri maupun lingkungan baru, maka akan semakin bebas seseorang untuk bergerak. Hal ini didapat dari kebiasaanya yang menggunakan salah satu media bagian dari seni untuk melatih dan mengontrol segala emosi yang ada pada dirinya. Sehingga pada saat mereka berada pada lingkungan atau situasi yang tidak membuatnya nyaman, mereka tidak akan merasa khawatir untuk tetap bisa bebas bergerak.

Biasanya mereka yang memilki kontrol emosi yang baik adalah orang-orang yang memiliki keahlian dibidang seni. Hanya saja ada yang sudah diolah sejak kecil ada pula yang tidak menyadarinya.

Selain itu, kepercayaan diri ini juga bisa tumbuh apabila seseorang mahir dalam bidang seni. Ia akan memiliki nilai lebih yang bisa membantu mengembangkan kepercayaan dirinya.

2. Mengembangkan kepribadian jauh lebih positif

Dengan membaisakan diri bersinggungan dengan dunia seni seseorang akan semakin menarik. Pasalnya mereka yang senang bersinggungan dengan dunia seni memiliki pola pikir yang dinamis dan cenderung berkembang secara pesat. Dimana pada dasarnya seseorang yang senang akan dunia seni adalah orang-orang yang selalu berpikir diluar kebiasaan orang pada umumnya. Sebab mereka diajarkan untuk terus menggali kemampuan yang ada pada dirinya, peka terhadap lingkungan sekitar secara mendetail dan tidak bisa berhenti untuk kreatif.

Mereka akan melihat gelas bukan hanya sebagai pemenuh fungsinya untuk menjadi wadah saja. Tetapi dengan mereka melihat benda tersebut, ada sejuta persepsi dalam benaknnya akan gelas. Sebuah gelas biasa bisa bernilai sangat tinggi apabila sudah sampai ditangan para seniman loh. Jadi jangan menganggapnya remeh ya.

Dengan kesibukkannya di dunia seni, seseorang akan terasah dengan sendirinya untuk memiliki kesabaran, ketelitian dan menghargai sesama juga lingkungan dimana ia berpijak.

3. Menjaga kesehatan mental dengan baik

Biasanya kegiatan ini didasari dari ketertarikan kita sejak awal atau yang biasa dikatakan sebagai hobi akan berdampak baik bagi diri kita. Melakukan apa yang kita sukai adalah suatu kegiatan yang bernilai positif. Ini adalah salah satu kegiatan relaksasi untuk melepaskan beban stress yang ada pada diri kita setelah lelah melakukan rutinitas. Alhasil setelah kalian melakukan sesuatu yang menjadi kegemaran kalian, tubuh akan menjadi lebih segar dan siap menghadapi tantangan baru.

Selain itu karena seni adalah salah satu media untuk mengekspresika apa yang ada pada diri kita, tentunya dengan hal ini kalian secara tidak langsung dapat menemukan sebuah solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi. Atau kalian hanya melampiaskannya saja dan berharap setelahnya dapat berpikir lebih baik.

4. Mengatasi depresi

Dalam ilmu psikologi ada sebuah terapi yang bersinggungan dengan dunia seni yaitu Art Therapy. Terapi ini menggunakan seni sebagai cara untuk mengatasi depresi seseorang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, art therapy ini sangat ampuh meminimalisir stress, gangguan kepribadian hingga menjadi salah satu langkah preventif yang dianjurkan untuk seseorang lakukan agar terhindar dari kondisi depresi.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS