2913
  2017-01-30       www.drmalikahsalaamambolley.com

3 Efek Positif dibalik Memberikan Bantuan Pada Orang Lain

Jangan takut untuk berbagi! Ini lah 3 hal positif yang akan kalian dapatkan setelahnya.

Deane Lene 267 views

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Berinteraksi satu sama lain adalah cara manusia dapat bertahan hidup termasuk pula membantu sesama.

Seseorang akan tergerak hatinya bila mana ada orang lain baik yang dikenalnya maupun tidak ia kenal mengalami kesulitan. Seketika ada perasaan iba yang menyeruak dalam hatinya. Timbul rasa ingin menolong untuk meringankan bebannya.

Moeslemates, ketika kalian memutuskan untuk menolong seseorang, ternyata ada hal positif yang akan kalian dapatkan dan kalian rasakan. Baik itu terjadi pada saat itu juga atau dikemudian hari.

Dasar dari memberikan bantuan pada orang lain adalah ketulusan. Seberapa pun banyakknya barang yang kita berikan pada orang lain tanpa ketulusan maka tidak akan bernilai apapun tetapi jika kalian memberikan sedikit barang namun disertakan keikhlasan maka barang tersebut menjadi tak ternilai.

Berdasarkan jurnal ilmiah ilmu sosial, ada tiga hal utama yang bisa kalian rasakan ketika kalian memutuskan untuk menolong orang lain. Hal ini bisa disarasakan oleh kedua belah pihak, sipemberi dan si penerima bantuan. Tiga hal berikut diantaranya adalah:

1. Melepaskan beban hati

Ketika kalian memutuskan untuk terjun langsung pada lingkungan yang membutuhkan bantuan, kalian akan merasakan dampak setelah kegiatan berlangsung.

Pada saat kalian membuat persiapan untuk mengumpulkan, mencari dan mempersiapkan segalanya hingga memikirkan bagaimana cara pendistribusiannya, pada proses tersebut kalian akan merasa frustrasi dan merasa begitu lelah hingga sering kali akan terjadi kesalah pahaman antar teman.

Begitu kalian sampai ditempat yang telah menjadi target pemberian bantuan, kalian kembali bersusah payah untuk memastikan bahwa seluruh bantuan telah diterima kepada yang membutuhkan. Pada kondisi ini kalian pasti merasa bahwa kelelahan fisik menghancurkan mood baik kalian terhadap teman seperjuangan.

Tetapi percayalah! Ketika seluruh bantuan telah tersampaikan, dan seluruh rangkaian kegiatan telah selesai dan kalian melihat bahwa mereka yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih dan tersenyum kepada kalian, segala hal yang kalian keluhkan diawal seketika sirna.

Ada perasaan lega dalam diri kalian. Segala beban yang kalian tanggung pada hari-hari sebelumnya bahkan segala beban yang tidak berkaitan dengan hal ini pun seakan luruh bersamaan dengan kebahagiaan dari sang penerima bantuan.

Langkah kalian akan terasa lebih ringan setelahnya. Akan ada lebih banyak lagi sugesti positif dari dalam diri kalian untuk berbuat lebih baik lagi antar sesama makhluk hidup.

2. Membangun sebuah hubungan positif

Moeslemates, ketika kalian memberikan bantuan berdasarkan ketulusan, orang lain yang menerima bantuan tersebut akan merasakan ketulusan kalian.

Mereka yang menerima bantuan kalian akan merasa bahwa apa yang kalian lakukan sangat bermanfaat baginya. Dengan kondisi tersebut, maka akan terciptalah suatu hubungan yang secara tidak langsung terjalin satu sama lain. Mereka yang menerima bantuan secara tidak langsung akan memiliki pola pikir bahwa mereka juga akan melakukan hal yang sama ketika ada orang lain dalam kesulitan. Mereka tidak akan segan-segan untuk memberikan bantuan.

Berdasarkan jurnal psikologi sosial mengatakan bahwa ketika seseorang menerima kebaikan dari orang lain, mereka akan memunculkan perasaan timbal balik.

3. Menjadi pribadi yang lebih baik

Kebiasaan berbagi pada orang lain ternyata berhubungan dengan kesehatan loh. Terutama kesehatan emosional. Dalam sebuah jurnal mengatakan bahwa orang-orang yang suka berbagi mampu meminimalisir terkena risiko represi.

Pada saat berbagi, secara tidak langsung kalian akan melepaskan beban stress ataupun perasaan yang tidak menyenangkan dalam diri kalian. Sehingga produktifitas kalian bisa meningkat pesat.

Selain itu, ketika kalian memberikan bantuan pada orang lain sekecil apapun itu sangat berharga bagi orang lain. Sebab dengan bantuan yang kalian berikan, masalah yang ada pada mereka dapat terselesaikan.

Bantulah seseorang pada saat Ia kesusahan.
Karena masa depan tetap menjadi misteri.
Bisa saja dimasa yang akan datang, Dia yang akan membantumu.
Maka berbaik hatilah pada sesama manusia.
Jangan takut untuk berbagi. Hartamu tidak akan habis karenannya.
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS