2900
  2017-01-29       2.bp.blogspot.com

3 Hal yang Bisa Membuat Usahamu Rugi

Memiliki sebuauh usaha memang sangat menyenangkan. Namun kalian harus tahu tiga hal yang sangat sering terjadi yang bisa membuat usaha kalian rugi. Simak artikelnya berikut ini yuk!

Deane Lene 58 views

Menjadi seorang entrepreneur atau seorang pengusaha terlihat begitu menyenangkan. Kalian bisa bebas mengekspresikan ide-ide kalian dan apa yang kalian jalani menjadi seorang pengusaha adalah suatu hal yang menyenangkan. Dibalik kesuksesan seorang pengusaha pasti pernah merasakan jatuh bangunnya mempertahankan usaha miliknya. Ada kalanya mereka merasa tertipu, barang tidak sesuai dengan pesanan, kualitas tidak sesuai harapan dan sebagainya. Komplain dari para pembeli juga mungkin sering terjadi pada awal-awal membangun usahanya.

Tidak terlepas dari penipuan yang bersumber dari pembeli. Sering kali seorang pengusaha merasa rugi dan tertipu atas perlakukan para pembeli yang tidak menggunakan identitas aslinya. Sulitnya melacak nomer telpon, alamat hingga keberadaan orang tersebut masih menjadi kendala oleh beberapa pengusaha karena data yang masuk dalam sistem terkadang tidak sepenuhnya benar-benar asli. Selain itu ada faktor eksternal lainnya yang membuat seorang pengusaha mengalami kerugian.

Dihimpun dari berbagai survei lapangan yang mengatakan ada tiga hal utama yang menyebabkan seorang pengusaha bisa merugi hingga gulung tikar usahanya. Tiga hal ini perlu kalian waspadai jika kalian benar-benar ingin mencoba menjadi seorang pengusaha ya moeslemates.

1. Barang Rusak

Ini yang sering kali terjadi dalam proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Walaupun barang sudah packing dengan rapih, aman dan kuat, tetap saja kemungkinan barang rusak. Terlebih barang-barang yang rapuh seperti keramik, make up, camilan kering dan sebagainya. Mungkin pengiriman dilakukan dengan prosedur yang tidak hati-hati atau bisa dikatakan "lempar barang"ketika memasukkannya dalam mobil pengiriman. Bisa jadi faktor eksternal lainnya adalah guncangan mobil pada saat di perjalanan yang terlalu kuat dan box mobil tidak diberikan peredam guncangan.

Tentunya hal tersebut bisa menyebabkan kerugian usahamu karena ketika barang rusak, pembeli akan mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko kalian lagi.

Jadi, akan lebih baik jika kalian membungkus barang dengan keamanan ganda seperti menggunakan bahan peredam guncangan, menggunakan kayu atau bisa meggunakannya secara berlapis agar memastikan barang pesanan aman sampai ketangan pembeli.

2. Salah kirim

Source: dionbarus.com

Ini juga merupakan salah satu penyebab dari kerugian yang dialami oleh para pemilik usaha.

Ketika seorang pembeli tidak mencantumkan alamat pengiriman dengan lengkap dan tepat, terlebih menggunakan nama inisial atau bukan nama sebenarnnya ini tentunya akan merugikan kedua belah pihak. Mengapa?

Hal yang paling mendasar adalah petugas pengirim barang akan merasa kebingungan pada saat mencari alamat dan ketika bertanya pada orang disekitar lingkungan alamat tersebut, kemungkinan besar orang-orang yang ditanya juga akan kebingungan dan tidak dapat memberikan informasi yang lebih lengkap karena mereka juga tidak mengetahui alamat yang dimaksud. Kemudian untuk nama penerima barang, sebaiknya kalian menggunakan nama asli kalian sendiri untuk memudahkan para petugas pengirim barang mengantarkan pesanan kalian.

Terkadang ketika barang sampai ke tangan yang salah, seseorang yang tidak bertanggung jawab tidak akan mengembalikan barang tersebut. Alhasil kalian sebagai pemilik usaha akan mengalami kerugian. Terlebih ketika sang pembeli yang sebenarnya menuntut untuk menggantinya dengan barang yang baru. Walaupun ini adalah kesalahan mereka, tetapi mereka tidak peduli dengan hal tersebut.

Jadi pastikan ketika kalian memutuskan untuk memiliki usaha online, memiliki aturan yang jelas agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan.

3. Kena Tipu

Source: il8.picdn.net

Ternyata pembeli tersebut menggunakan akun palsu atau mengguanakan akun orang lain dan pada akhirnya pengiriman tidak dapat dilacak oleh kita sang pemilik usaha. Biasanya mereka juga menggunakan nomer telpon yang hanya sekali pakai. Mereka menggunakan nomer tersebut hingga barang yang mereka inginkan sampai ditangan si pembeli. Setelah itu nomer telpon tidak dapat dihubungi untuk menagih tagihan pembelian.

Jika sudah terjadi hal ini siapa yang akan merasa dirugikan? Pastinya kalian sebagai pemilik usaha yang akan dirugikan. Jadi ada baiknya buat hubungan yang saling menguntungkan dengan membuat perjanjian diawal saat transaksi belanja online agar sama-sama menguntungkan.

Jadi, ada baiknya kalian harus cermat dalam bertransaksi. Kalian bisa mengkonfirmasi ulang alamat pengiriman, nomer telpon pemesan dan mungkin kalian bisa menerapkan peraturan bahwa:

alamat yang sudah dicantumkan adalah alamat yang menjadi tanggung jawab pemerima barang. Jika barang tidak sampai pada alamat yang dituju atau kurir tidak bisa menemukan alamat tersebut, bukan menjadi tanggung jawab pemilik usaha

Aturan semacam itu akan memberikan suatu ancaman tersirat kepada para pembeli nakal yang tidak bertanggung jawab agar menggunakan identitas yang sebenar-benarnya.

Selain itu, kalian juga jangan malas untuk membungkus barang dengan keamanan ganda dan pastikan benda didalamnya aman. Sebab para pemilik usaha jasa antar barang tidak akan mau mengganti rugi apabila benda yang kita kirim mengalami kerusakan. Biasanya pihak mereka akan menyalahkan kita sebagai si pengirim karena alasan tidak membungkus benda didalamnya dengan rapih dan aman.

Semoga bermanfaat...

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS