2896
  2017-01-31       obatlukadiabetes.web.id

5 Makanan Ini Bisa Mencegahmu Dari Penyakit Diabetes

Gula darahmu sering naik? Atau kamu sudah diprediksikan akan terkena diabetes karena faktor keturunan? Yuk cegah sedini mungkin mulai dari sekarang dengan memakan makanan bergizi seperti artikel berikut ini.

Lidya O. 41 views

Diabetes mungkin sudah tidak asing lagi didengar di kalangan orang Indonesia. Pasalnya, makanan manis dan junk food lumayan banyak digemari sebagian besar warga kita. Walaupun ada pula yang mengatakan diabetes adalah penyakit keturunan, tapi kita masih bisa mencegah lho andai kata penyakit itu benar-benar datang dengan sendirinya. Sebelum terlambat, ada baiknya kita mengetahui 5 jenis makanan sehat yang mampu mencegah penyakit mematikan tersebut. Check it out yuk!

1. Nasi Merah

Tahukah kamu bahwa beras merah sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti beras putih? Yap, jadi di dalam beras merah ini terkandung indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu ia memiliki andil dalam mengatur gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, dengan memakan beras merah kamu akan cenderung cepat kenyang. Walaupun ya sebenarnya masih lebih enak makan nasi putih kan ya? Tapi demi kesehatan, saya sudah mulai membiasakan mengganti nasi putih jadi nasi merah nih. Bagaimana denganmu?

2. Nasi Hitam

Source: www.vemale.com

Kalau tadi kita sudah membahas beras merah, sekarang kita beralih ke beras hitam. Lho memang ada ya beras hitam? Iya, ada dong. Buat kamu yang belum pernah tahu atau nyobain rasanya nasi hitam, nggak ada salahnya dicoba sesekali. Manfaatnya bagi kesehatan salah satunya adalah untuk menghindari dari resiko obesitas maupun diabetes. Karena antioksidan dan nutrisi lainnya dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Dengan kata lain, kalau kamu habis makan atau minum yang manis-manis, nasi hitam bisa mensterilkan si gula darah tersebut. Ditambah lagi, kandungan seratnya dapat membantu penyerapan glukosa oleh tubuh kita dalam periode yang lebih lama lho.

3. Oatmeal

Source: www.eatthis.com

Ada yang pernah makan oatmeal? Atau sudah mengganti menu sarapan pagi dengan oatmeal? Sebenarnya oatmeal sangat bagus untuk mencegah diabetes karena kandungannya yang kaya akan serat membuatnya lebih lambat dicerna tubuh. Artinya oatmeal tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga gula darah akan cenderung lebih stabil.

4. Teh Hijau

Teh hijau mampu menjadi solusi sederhana dalam mencegah penyakit diabetes karena dikemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin. Nah, buat kamu yang masih hobi minum teh manis coba deh sekarang beralih secara perlahan ke teh hijau atau teh tawar. Kandungan gula yang terdapat di teh manis sangat membahayakan terutama buat penderita diabetes.

5. Sayuran Hijau

Dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau, kamu bisa memperlambat gejala diabetes atau menghindarinya sejauh mungkin. Beberapa sayuran yang direkomendasikan adalah bayam, sawi, brokoli, kubis dan selada. Mereka merupakan makanan pembangkit tenaga namun rendah kalori dan karbohidrat. Buat kamu yang masih hobi makan junk food, sesekali coba deh konsumsi sayur hijau yang manfaatnya luar biasa ini.

Bagaimana Moeslemates? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS