2883
  2017-02-10    

Tahun Baru di Tanah Suci – Part 4 (Mekkah)

Akhir tahun 2016 kemarin, aku berkesempatan mengunjungi Rumah Allah. Yuk baca pengalamanku di sana!

Audina Sheila 213 views

Halo, Moeslemates! Pada kesempatan kali ini, aku akan bercerita mengenai pengalaman Umrah-ku pada akhir tahun 2016. Alhamdulillah aku mendapat kesempatan untuk menjadi tamu Allah di rumah-Nya. Aku akan membagikan pengalamanku dalam beberapa bagian, dan bagian keempat ini akan menceritakan hari-hariku di Mekkah.

Perjalanan menuju Mekkah

Aku berangkat menuju Mekkah dari Madinah sekitar jam 2 siang. Perjalanan diperkirakan sekitar 6 jam, dan begitu sampai di Mekkah kami serombongan dijadwalkan untuk langsung melakukan ibadah Umrah. Oleh karena itu, kami pun mengambil miqat di Masjid Biir Ali, yang berjarak sekitar 11 kilometer dari kota Madinah.

Setelah mengambil miqat, larangan umrah pun mulai berlaku. Kami serombongan pun berupaya saling mengingatkan supaya tidak ada yang harus bayar dam. Apa saja larangan umrah? Kalian bisa lihat di link berikut ini.

Begitu sampai di Mekkah…

Sesampainya di Mekkah, kami langsung berangkat ke Masjidil Haram. Rasanya excited sekali, ingin melakukan ibadah Umrah! Walaupun kami tiba di Masjidil Haram sekitar pukul 9 malam, tapi masih banyak sekali orang.

Kami memulai tawaf sekitar pukul 9.30 malam, dan ternyata walaupun sudah malam pun masih sangat ramai. Orang-orang masih berdesakan untuk mendekatkan diri ke Ka’bah dan ingin menyentuh Hajar Aswat. Hal yang sama juga terjadi saat kami melaksanakan sa’i. Walaupun sudah larut malam, tapi masih begitu banyak orang yang bersemangat untuk beribadah. Mulai dari tua, muda, sampai anak-anak pun semuanya terlihat begitu bersemangat. Masya Allah…

It is true that Mekkah never sleeps. Foto ini diambil jam 11 malam, loh.

Lebih lanjut tentang Masjidil Haram

Saat pertama kali melihat Masjidil Haram, aku mulai merasakan rasa haru yang luar biasa. Saat melihat Ka’bah untuk pertama kalinya, air mata pun tak terasa sudah mengalir di pipi. :”). Mungkin bila kalian baca cerita-ku, aku akan terdengar berlebihan, namun percayalah bahwa ini adalah pengalaman emosional yang luar biasa bagiku.

Masjid ini indaaaah sekali. Seluruh permukaan masjid terlihat bersih dan terawat. P.s: Askar Masjidil Haram lebih galak lagi dari askar Masjid Nabawi, jadi jangan sampai melanggar aturan yang telah dibuat, ya. Ini juga mengapa aku tidak bisa share foto interior Masjidil Haram, karena dilarang keras untuk membawa kamera dan foto-foto di dalam masjid. Tapi kalau untuk foto-foto di Ka'bah masih diperbolehkan, kok.

:")

Keindahan Masjidil Haram.

Sunny day over Masjidil Haram

Matahari terbenam di Masjidil Haram

Beberapa tempat lain yang kukunjungi selama di Mekkah adalah:

Jabal Rahmah

Tempat ini adalah tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah terpisahkan selama 200 tahun. Jabal Rahmah sendiri terletak di tepi padang Arafah yang merupakan daerah di pinggiran timur Makkah.

Jabal Rahmah

Di atas Jabal Rahmah terdapat sebuah monumen yang merupakan pengingat moment pertemuan Nabi Adam dengan Hawa ini. Konon, lokasi pertemuan Nabi Adam dan Hawa tepat di tempat monument tersebut. Banyak yang percaya bahwa Jabal Rahmah adalah tempat paling mujarab untuk meminta jodoh.

Pemandangan dari atas Jabal Rahmah

Mall Abraj Al Bait

Mall ini sangat besar dan memiliki banyak barang dari berbagai kelas yang dapat kalian beli! Mulai dari oleh-oleh yang murah sampai yang fancy, semua bisa kalian dapatkan di mall ini. Beberapa brand lebih murah di sini loh dariapda di Indonesia. Salah satu brand tersebut adalah Swatch.

Di lantai dasar Mall Abraj Al Bait, terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang mirip dengan ITC di Indonesia. Banyak oleh-oleh murah, mulai dari tasbih, parfum, sampai koper pun dijual di tempat ini. Penjual di mall ini lancar sekali berbahasa Indonesia, jadi gak perlu takut lost in translation.

Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS