288
  2016-07-02    

Kisah Tunjangan Hari Raya

Pengeluaran apa saja yang sering dikeluarkan pasca cairnya Tunjangan Hari Raya,

dhianitha_12 24 views

Moeslema.com - Gema lebaran sudah terasa di mana-mana, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Beberapa kalangan mungkin sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal, sehingga bisa mempersiapkan segala sesuatu untuk lebaran lebih awal. Tapi, semoga hal wajib seperti zakat fitrah tidak terlupakan. Lebaran biasanya menjadi momen paling sejahterah dalam setahun. Dan ketika masa tersebut telah berlalu, tak sedikit di antara kita mengeluh akibat pengeluaran yang tak terkendali pasca lebaran. Berikut beberapa pengeluaran yang sering dikeluarkan untuk keperluan lebaran.

1. Transportasi

Mudik merupakan tradisi unik yang hanya terjadi di Indonesia, dimana seseorang pulang ke kampung halaman. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk melepas rindu kepada orang tua, kerabat, bahkan saudara. Untuk melakukan tradisi ini, tidak sedikit di antara kita harus rela mengeluarkan jumlah uang yang tidak sedikit. Bergantung dari jauh-dekatnya dan banyak-sedikitnya barang bawaan yang dibawa ke kampung halaman. Bahkan terkadang seseorang harus rela uang THR-nya tak tersisa ketika kembali dari kampung halamannya.

2. Makanan & Minuman

Makanan dan minuman adalah hal yang selalu ada dalam perayaan lebaran, entah dengan tema tradisonal turun-temurun maupun modern. Pada momen ini sering sekali ditemukan dengan jumlah yang berlimpah, mengingat akan banyak tamu atau keluarga yang datang. Tidak masalah jika yang disuguhkan habis, tapi bagaimana jadinya jika jumlahnya berlebihan? Tentu akan terbuang percuma. Di luar sana masih banyak orang yang sulit mencari sesuap makan dan seteguk air. Alangkah baiknya, perkirakan jumlah suguhan yang akan dijamukan kepada tamu. Bukan berarti memperhitungkan suguhan harus pelit kepada tamu. Ingat! Tamu adalah raja dan kedatangannya selalu membawa rezeki bagi pemilik rumah.

3. Gaya Hidup

Tren yang beredar di sekitar tanpa sengaja telah masuk dan menjadi bagian dari gaya hidup kita. Seperti tren riasan wajah, baju, sepatu, dan beberapa item fashion lainnya. Bukan hanya soal penampilan, terkadang hal yang berhubungan dengan sosial pun turut serta di dalamnya. Mulai dari acara berbuka puasa dan sahur bersama suatu komunitas, hantaran berupa parcel dan sejenisnya hingga bagi-bagi uang lebaran atau salam tempel. Jika ingin mengikuti gaya hidup, pastikan harus sesuai dengan kemapuan diri sendiri. Jangan sampai maksud hati ingin mengikuti tren terbaru, tapi justru merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

#Apa itu Salam Tempel?

1. Salam tempel telah menjadi tradisi yang bisa dikatakan turun-temurun. Entah kapan dan siapa tokoh pencetusnya. Sepertinya tradisi ini terinspirasi dari kegiatan bagi-bagi Angpao (bagi-bagi uang) yang biasanya terjadi saat perayaan tahun baru Cina, Imlek.
2. Bagi keluarga dari kalangan ekonomi menengah ke atas mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagi mereka yang memiliki status ekonomi menengah ke bawah bisa menjadi beban yang cukup berat. Pastikan salam tempel dilakukan setelah kewajiban seperti zakat dan keperluan primer telah terpenuhi, sehingga tidak ada kata rugi akibat memberi salam tempel.
3. Setiap keluarga memiliki peraturan berbeda dalam penerapan sistem salam tempel. Ada yang menerapkan selama anak belum bekerja atau menikah masih menerima, ada juga yang sudah atau baru bekerja ingin mewujudkan rasa syukur dengan memberi salam tempel kepada saudara, dan lain sebagainya. Semua bergantung pada ritual tradisi masing-masing keluarga.

#Catatan : Dapat atau tidak salam tempel, tetaplah bersyukur karena momen lebaran adalah bersuka cita bisa berkumpul dengan keluarga serta kerabat sambil saling memaafkan. Sukses tidaknya lebaran bukan diukur dari banyak-sedikitnya salam tempel yang diperoleh, tapi dari seberapa banyak orang terdekat bisa berkumpul bersama dalam satu momen bahagia.

dhianitha_12
dhianitha_12
• La vie est un voyage • E-mail : hittah.dhianitha@gmail....
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
dhianitha_12
dhianitha_12
• La vie est un voyage • E-mail : hittah.dhianitha@gmail.com • LinkedIn : https://id.li...

no comments

Follow Moeslema on SNS