287
  2016-07-01       www.vemale.com

Inspiring Culinary Business: Mix Diner& Florist

Yuk kita intip kisah wirausaha sukses yang bisa menginspirasi kita untuk semangat berwirausaha!

Official Moeslema Team 120 views

Moeslema berkesempatan mengunjungi Mix Diner& Florist yang berada di daerah Cikini, Jakarta. Kali ini Moeslema langsung bertatap muka dengan Kak Sri Gusni. Mix Diner& Florist ini di bentuk 4 orang sahabat yaitu Sri Gusni, Lizta Permata, Assed Lussak, dan Ali Akbar. Dahulu mereka berempat adalah teman dekat semasa SMA di salah satu SMA di Magelang, Jawa Tengah. Mereka sempat berpisah pada masa masuk awal kuliah dan bertemu kembali setelah lulus kuliah. Kak Sri bercerita mereka mempunyai janji alumni di SMA mereka dahulu yaitu memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia. Mereka sepakat untuk berbisnis tempat makan, dan karena kesukaan kak Sri terhadap bunga akhirnya mereka mengusulkan untuk membuat usaha tempat makan dan bunga yang di beri nama Mix Diner& Florist.

Tentu saja pada awal di rintisnya café Mix Diner& Florist ini banyak sekali kendala yang mereka temukan seperti penentuan menu, sumber daya manusia seperti cheff, dan masih banyak lainnya. Moeslemates tahu? Ternyata pada awalnya Mix Diner& Florist menyajikan western food seperti sandwich, spaghetti dan menu western lainnya karena melihat referensi café yang berada di pombensin seperti di luar negeri yang menjual makanan cepat saji. 9 bulan berlalu ternyata mereka mengalami defisit yang akhirnya berdampak pada pengurangan jumlah karyawan. Dulu sempat terlintas untuk menutup usahanya, tapi mereka masih merasa kurang optimal dan masih optimis untuk membesarkan café Mix Diner& Florist ini. Akhirnya mereka mencoba kembali dan mengevaluasi bahwa café mereka belum mempunyai ciri khas menu atau signature.

“Kalau nggak bisa jadi yang pertama, setidaknya kita harus bisa jadi yang berbeda” Ungkap Kak Sri.

Kak Sri yang dulu sempat berjualan bakso dengan temannya setelah kuliah dan laris manis di borong pembeli, akhirnya terciptalah ide untuk membuat masakan Indonesia seperti ayam keprek ancur, dan ternyata Indonesian food lah yang lebih mudah di terima oleh pengunjung Mix Diner& Florist. Setelah itu munculah ide untuk membuat menu yang Indonesia banget, simple dan unik yang akhirnya keluarlah ide untuk membuat mie mirip. Setelah itu, press release di buat dan di kirim ke media-media untuk di liput. Saat salah satu media datang meliput dan menaikkan artikelnya ke media, pada sore itu juga café Mix Diner& Florist kedatangan banyak pengunjung bahkan sampai banyak sekali yang mengantri.

Tempat usaha Mix Diner& Florist yang pertama di buka adalah di Mampang, Jakarta Selatan pada 13 Mei 2013.  Selanjutnya mereka membuka cabang di Depok, dan  Cikini. Dahulu hanya ditemani beberapa karyawan saja, sekarang sudah ada total 47 karyawan yang bekerja di Mix Diner& Florist. Pada hari biasa ada sekitar 100 sampai 150 orang yang datang berkunjung dan di hari libur ada sekitar 150 sampai 250 orang. Di hari libur nasional bisa sampai 300 orang yang datang berkunjung. Pengunjung di hari biasa rata-rata adalah pegawai, anak sekolah dan anak kuliahan, di hari libur pengunjung banyak yang membawa keluarga untuk datang ke Mix Diner& Florist. Tak tanggung-tanggung omzet rata-rata pertahun yang di dapatkan sekitar sekitar 1,5 M. Di hari biasa Mix Diner& Florist buka sampai pukul 11 malam, sedangkan weekend sampai pukul 12 malam. Dan di bulan Ramadhan ini Mix Diner& Florist buka mulai pukul 4 sore, dan tutup pukul 10 malam. Saat Ramadhan pengunjungnya lebih banyak di sore hari, katrena banyak yang reservasi untuk buka bersama.

Untuk Moeslemates yang ingin datang kesini, disini disediakan promo sebesar 10% loh untuk para pegawai dan mahasiswa. Dan juga untuk setiap pengunjung yang memosting foto dengan #ilovemix akan langsung mendapatkan bunga secara gratis. Dan juga akan di pilih foto terbaik setiap minggu kasih dan mendapatkan voucher senilai 100.000 dari Mix Diner& Florist. Kak Sri menceritakan bahwa setiap beberapa bulan sekali atau sekitar 3 bulan sekali akan ada inovasi menu terbaru. Nah, menu terbaru yang kali ini Moeslema temui di menu ada mie meter, mie tumpeng, mie ufo, mie lorong, dan mielayang.

Untuk café Mix Diner& Florist Cikini juga disediakan tempat penyewaan private room seperti acara press conference, birthday party, baby shower, arisan, party planner, dan lainnya. Untuk booking private room hanya memakan biaya 1 – 1,5 juta dengan rincian 1 juta untuk acara pagi hari, 1,2 juta untuk acara sore hari, dan 1,5 juta untuk acara malam hari dan sudah termasuk makan dan minum. Untuk dekor terpisah, biasanya dihitung perkepala sekitar 75.000 rupiah, tapi jangan takut kita juga bisa memesan dekor dengan budget kita.

Untuk bunga sendiri yang ready setiap hari diantaranya bunga mawar, aster, lili, dan sedap malam. Moeslemates bisa membeli bunga sesuai dengan kebutuhan masing-masing seperti membeli bunga batangan, bucket, bunga meja, bunga papan dan bisa custom dengan budget yang kita punya. Pembelian bunga disini bisa di order via telepon atau sms dan delivery khusus untuk Jakarta dan Depok. Untuk pembayaran bisa transfer, atau juga menggunakan kredit dan debit. Untuk informasi pemesanan lebih lanjut, dapat menghubungi 087777883506 atau 081212946212, kunjungi facebook di Mix Diner Florist, twitter @mixDF, serta instagram @mixdiner.

Nah, itu dia café Mix Diner& Florist Moeslemates. Bagi Moeslemates yang senang menggeluti dunia wirausaha harus tetap semangat dan pantang menyerah. Moeslemates juga harus menemukan ide dan inovasi baru seperti langkah yang di capai oleh para pendiri Mix Diner& Florist. Semoga kisah ini menginspirasi kita semua dalam melangkah mencapai impian.

Salam wirausaha!

Artikel Sebelumnya

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS