2851
  2017-01-28       id.pinterest.com

Review Novel : The Borrowers (1952)

Ingin tau kisah asli dari The Secret World of Arrietty? Yuk, simak review novel aslinya disini.

Syanin Ss 122 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Jadi beberapa waktu lalu aku sempat review tentang The Secret World of Arriety, buat yang belum baca reviewku bisa liat dibawah ini.

Dan jujur aku penasaran sama nasib Shon dan kelanjutan kisah Arriety yang ngga dibahas di film. Jadi karena film ini diadaptasi dari buku, makanya aku memutuskan untuk cari novel The Borrowers karangan Mary Norton, tapi susah banget nyarinya, dan aku cuma nemu novelnya yang versi Inggris. Kemungkinan lain buku ini belum ada versi Bahasanya, atau aku aja yang kudet? Buat yang penasaran sama nasib Shon bakal aku bahas di reviewku ini.

Informasi Buku


Pengarang : Mary Norton
Illustrator : Diana L. Stanley (Pertama)
Beth and Joe Krush [Kedua]
Negara : United Kingdom
Bahasa : English
Series : The Borrowers
Genre : Novel fantasi anak
Penerbit : J. M. Dent (Pertama); Harcourt, Brace (US)[Kedua]
Tanggal Publikasi :
1952 (Pertama)
1953 (US)[Kedua]
Media type : Print (hardcover)
OCLC : 7557055
LC Class : PZ7.N8248 Bd 1952

Sinopsis Novel


Cerita bermula dari percakapan dua orang wanita yang tengah belajar menyulam, Kattie, dan juga tantenya, Mrs. May, yang menceritakan kisah adik laki-lakinya yang pernah bertemu dengan manusia kecil saat adiknya berusia 10 tahun dan tengah melakukan penyembuhan disebuah rumah tua milik neneknya. Manusia kecil tersebut terdiri dari seorang ayah yang bernama Pod, ibunya bernama Homily, dan juga si kecil Arrietty. Keluarga tersebut tinggal dibawah rumah nenek Mrs. May, dan menyembunyikan seluruh rumahnya sedemikian rupa hingga tidak terlihat oleh manusia. Hingga suatu malam secara tidak sengaja saat pertama kalinya Arrietty melakukan kegiatan 'borrower', Arrietty dan ayahnya tidak sengaja terlihat oleh sang anak laki-laki. Dari situ Pod pun menjadi cemas, dan memutuskan untuk pindah rumah. Sebelum rencana Pod berjalan lancar, terjadi berbagai bencana yang tidak terduga.

Review Novel

Aku kaget, super kaget, di buku ini diceritain kalau Shon meninggal disebuah pertempuran untuk memenuhi tugasnya sebagai jenderal. Super spoiler yah! Maafkan. Aku cuma ingin berbagi ke shock an doang kok. Kali aja diantara Moeslemates ada #TeamShon.

Sebenarnya di novelnya sendiri nama Shon cuma disebutkan sebagai 'The Boy' sih hehehe. Jadi mungkin filmnya cuma sekedar diadaptasi doang dari cerita aslinya, bukan berarti keseluruhan ceritanya dipindahin ke film The Secret World of Arrietty. Dan bisa jadi The Boy dan Shon itu ternyata dua orang yang berbeda, dan Shon ngga meninggal di pertempuran. Oke, oke, kamu sudah boleh bernafas lega kok.


Kalau versi novelnya tokoh-tokohnya sendiri lebih banyak, dan alurnya sendiri di awal-awal cerita disampaikan lewat percakapan antar tokoh dan flashback. Dan diakhir kisahnya beda kok, sang anak lelaki, akhirnya kembali ke India dan tidak sempat berpamitan dengan Arrietty. Sedangkan versi filmnya lebih diberatkan pada perpisahan Arrietty yang akhirnya mencari tempat tinggal baru dengan bantuan Spiller, tetapi diantarkan oleh Shon. Jadi Shon dan Arrietty sempat berpamitan.

Di dalam film diceritakan kalau Arrietty dan keluarganya merupakan satu-satunya keluarga yang masih bertahan hidup, di novel seri pertamanya juga sama kok. Tapi novel The Borrowers sendiri terdiri dari lima seri yang menceritakan perjalanan panjang Arrietty dan orangtuanya dalam mencari tempat tinggal yang aman hingga akhirnya keluarga mereka menemukan 'Borrowers' lainnya dibagian buku keempat dan kelima.

Harga Produk


Nah Moeslemates, itu tadi sekilas reviewku tentang novel The Borrowers. Semoga membantu :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS