2844
  2017-03-24       s.kaskus.id

Gangguan-gangguan Syaitan Ketika Sedang Sholat

Pernah merasa shalat ga fokus hingga lupa jumlah rakaat ? Artikel berikut patut kamu baca!

Indah 264 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Diantara kita mungkin banyak yang mendapatkan kesulitan khusyu' dalam sholat. Entah pikiran yang tiba-tiba terlintas pada kerjaan atau melayang entah kemana. Bahkan hingga lupa dengan raakat sholat dan akhirnya mengulang-ulang sholat. Begitulah salah satu dari sekian cara syaitan untuk mengganggu kekhusyukan sholat kita.

Adapaun gangguan-gangguan lain yang syaitan lakukan untuk mengganggu sholat kita diantaranya, adalah :

Was-was saat takbiratul-ihram

Source: 2.bp.blogspot.com

Seseorang merasa ragu apakah takbir yang dilakukannya itu adalah sah atau belum sah. Sehingga perasaan untuk mengulang-ulang takbir hingga sampai imam hampir rukuk seringkali terlihat .

Termasuk tipu daya syaitan yang banyak mengganggu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam sholat.
Source: Ibnu Qayyim

Terasa ingin buang angin saat sholat

Moeslemates pernah mengalaminya ?
Coba deh baca hadist dibawah

Apabila seorang dari kalian khawatir apa yang dirasakan diperutnya apakah keluar sesuatu atau tidak, janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya.(HR.Muslim)

Melakukan gerakan yang tidak perlu

Ada banyak gerakan-gerakan yang tidak perlu sebenarnya dilakukan dalam sholat. Gerakan-gerakan tersebut hanyalah mengganggu kekhusyukan dalam sholat, diantaranya

Menguap, mengantuk, bersin berulang kali

Source: 4.bp.blogspot.com

Sangat banyak cara syaitan mengganggu kekhusyukan sholat kita. Termasuk sekalipun tindakan sederhana ini yang dinilai muncul secara alamiah.

Menguap dan bersin dalam sholat itu dari setan. (HR.Thabrani)
Menguap ketika sholat itu dari setan. Karena itu, ketika kamu ingin menguap, tahanlah. (HR. Thabrani)
Adapun menguap itu datangnya dari setan, hendaklah seseorang mencegahnya (menahannya)selagi bisa. Ketika ia berkata 'ha...' berarti setan tertawa dalam mulutnya. (HR. Bukhari-Muslim)

Melihat ke kiri atau ke kanan

Source: 1.bp.blogspot.com

Sadar atau tidak, ini termasuk godaan syaitan. Maka pusatkan pandangan hanya pada tempat sujud agar perhatian menjadi fokus.

diriwayatkan Aisyah dalam sebuah hadist, Saya bertanya kepada Rasulullah hukum melihat ketika sholat, Rasulullah menjawab, "Itu adalah curian syaitan pada sholat seorang hamba. (HR.Bukhari)

Lupa jumlah rakaat

Jika salah seorang dari kalian sholat, syaitan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam” (HR Bukhari dan Muslim)

Bacaan sujud sahwi

Maha Suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa.

Fikiran tidak fokus

Source: 2.bp.blogspot.com

Yang perlu diperhalikan tentunya memelihara shalat, konsentrasi dan thuma’ninah (tenang).

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya”. [QS. Al-Mukminun/23 : 1-2]

Apabila dikumandangkan adzan sholat, syaitan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara adzan tersebut. Apabila muadzin telah selesai adzan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat”. (HR Bukhari)
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS