2842
  2017-02-06       www.quranz.com

Tahun Baru di Tanah Suci – Part 3 (Madinah)

Akhir tahun 2016 kemarin, aku berkesempatan mengunjungi Rumah Allah. Yuk baca pengalamanku di sana!

Audina Sheila 110 views

Halo, Moeslemates! Pada kesempatan kali ini, aku akan bercerita mengenai pengalaman Umrah-ku pada akhir tahun 2016. Alhamdulillah aku mendapat kesempatan untuk menjadi tamu Allah di rumah-Nya. Aku akan membagikan pengalamanku dalam beberapa bagian, dan bagian ketiga ini akan menceritakan hari-hariku di Madinah.

Aku sampai di Madinah langsung dari Dubai, tepatnya di bandara Prince Mohamad bin Abdulaziz. Letak bandara ke tengah kota cukup dekat, hanya sekitar 20 menit dengan menggunakan bis. Dari bandara, aku menuju hotel tempatku menginap yaitu hotel Safir Al Saha.

Hotel

Hotel ini lokasinya top banget! Hanya dengan berjalan kaki 2 menit, kita langsung berada di gerbang 25 Masjid Nabawi. Saking dekatnya, kita bisa mendengar Adzan Masjid Nabawi dari dalam kamar. Luar biasa sekali rasanya saat terbangun karena mendengar Adzan Subuh pertama dari Masjid-nya Nabi Muhammad SAW ini :”).

Sepertinya hotel ini memang sangat populer di kalangan jemaat umrah Indonesia, karena ada banyaaaaak sekali rombongan dari Indonesia yang menginap di sini. Bahkan, kebanyakan pegawai di hotel ini lebih lancar berbahasa Indonesia dibanding bahasa inggris. Sebagai hotel bintang 4, menurutku fasilitas yang ditawarkan hotel ini biasa saja. Lift dan wifi dari hotel ini cenderung menyedihkan, malah. Tapi yasudahlah, toh kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar hotel kan.

Kamar di hotel Safir Al Saha

Selama hari-hariku di Madinah, aku mengunjungi beberapa tempat, yaitu:

Masjid Nabawi

Walaupun rasanya keindahan Masjid Nabawi tidak perlu lagi kuceritakan, namun aku sangat terkagum-kagum sampai rasanya harus bercerita! Seluruh bagian masjid sangat bersih dan terawat. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang cukup modern namun juga klasik, yang intinya sih, indah sekali.

Indahnya Masjid Nabawi

Sulit sekali mengambil foto yang bagus di Masjid ini karena Askar Masjid sendiri sangatlah galak, kadang mereka akan memarahi orang yang kebanyakan foto-foto. Bahkan, bila kita ketauan membawa kamera ke dalam masjid pun kita akan dilarang untuk memasuki masjid.

Matahari terbit di Masjid Nabawi

Suasana bubaran shalat di area Masjid Nabawi

Raudhah

Konon Raudhah adalah salah satu tempat yang paling "mujarab" untuk berdoa

Tempat ini terletak di dalam Masjid Nabawi. Tempat yang sangat mulia ini dulunya adalah tempat Rasulullah SAW beribadah, menerima wahyu, dan juga beribadah dengan sahabat-sahabat. Tempatnya indah sekali.

Untuk masuk ke Raudhah, butuh perjuangan keras. Laki-laki bebas untuk memasuki area Raudhah kapan saja, namun perempuan hanya diperbolehkan memasuki Raudhah pada jam-jam tertentu, yaitu saat dhuha dan setelah dzuhur. Antrian masuk Raudhah panjaaang sekali. Harus siap desak-desakan saat berusaha memasuki Raudhah, tapi sangat worth it dengan rasa haru saat melihat indahnya tempat ini.

Sedikit tips dariku, jangan memaksakan kemampuan diri kalian. Apabila kalian memang memiliki penyakit khusus atau sedang tidak fit, baiknya jangan coba-coba masuk ke Raudhah. Desak-desakannya sangat ekstrim dan sudah banyak kejadian loh, jemaat umrah yang jatuh sakit dan bahkan sampai masuk rumah sakit karena memaksakan diri masuk Raudhah dengan kondisi tidak fit.

Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW. Masjid ini memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah kita bisa mendapat pahala Umrah dengan shalat di sini.

Menara Masjid Quba. Indah sekali, ya :)

Jabal Uhud

Jabal Uhud

Bukit ini merupakan tempat yang bersejarah karena pernah terjadi peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriyah (Maret 625 Masehi) yang menyebabkan 70 pejuang Islam mati syahid.

Saat diceritakan tentang sejarah tempat ini oleh Ustadz pemimpin rombonganku, rasanya sangat terharu melihat betapa cintanya sahabat-sahabat Nabi terhadap Rasulullah SAW. Mereka sangat melindungi Rasulullah SAW sampai-sampai mereka sendiri yang terluka. Salah satu kata-kata dari Ustadz yang sangat menyetuh hatiku adalah, “lihat betapa besar cinta sahabat Nabi terhadap Rasulullah. Coba sekarang ingat-ingat, kapan terakhir kali kalian salawatan?”

Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS