2839
  2017-01-28       techglamour.com

5 Cara Ampuh Untuk Mengasah Otak

Tingkatkan ketajaman otak serta daya konsentrasi dengan 5 cara ampuh berikut.

santi lisnawati 258 views

Sering lupa, susah konsentrasi dan sulit fokus pada suatu hal bisa jadi disebabkan otak yang kurang terasah. Menjaga otak agar tetap aktif itu penting sekali, moeslemates. Melatih otak secara rutin setiap hari mampu menajamkan daya ingat dan konsentrasi. Mau tahu cara mudah mengasah otak? Simak tips berikut yuk.

1. Pelajari hal-hal baru

Hasil penelitian membuktikan cara paling efektif untuk melatih otak adalah dengan melakukan hal baru yang penuh tantangan. Cobalah pelajari hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya, belajar main alat musik atau bahasa asing. Aktivitas baru tersebut akan membuat otakmu tetap 'hidup'.

2. Mengganti tangan dominan

Seorang neurobiologist, Lawrence Katz merekomendasikan untuk mengganti tangan utama untuk beraktivitas. Misal, jika kamu terbiasa menggunakan tangan kanan, coba ganti dengan tangan kiri untuk menulis atau makan. Mungkin hal ini akan terasa sulit, tapi sel-sel pada otak akan bergerak sangat aktif saat menemui kesulitan. Dengan begitu ketajaman otakmu juga akan semakin terasah.

3. Bersosialisasi

Bersosialiasi sangat penting bahkan untuk yang berkepribadian introvert sekalipun. Berinteraksi dengan orang lain mampu mengaktifkan serta membuat otak bekerja dengan optimal. Bergabunglah dengan berbagai komunitas, lakukan kegiatan volunteer atau habiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

4. Meditasi

Lakukan meditasi secara rutin untuk meningkatkan kapasitas kerja otak. Selain itu, meditasi juga berguna untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, bahkan sistem imun.

Untuk cara mudah bermeditasi, klik button link berikut.

5. Manfaatkan permainan yang mengasah otak

Asah otak sekaligus asah inteligensi dengan berbagai permainan. Banyak website bahkan aplikasi permainan untuk mengasah otak yang bisa diakses, sudoku dan scribble misalnya.

Butuh referensi website dan permainan untuk mengasah otak? Klik button link di bawah ini.



Mengasah otak secara rutin juga mampu mencegah penyakit dementia dan alzheimer. Work out your brain for your own health, moeslemates! :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS