2837
  2017-01-26       TanyaApoteker.com

Menjaga Pigmen Warna Alami pada Sayuran

Sayuran tidak hanya mengenyangkan tetapi memiliki segudang kebaikan. Agar kamu tak salah dalam mengolahnya, yuk intip cara menjaga pigmen warna alami pada sayuran.

Triwitaan 908 views

Assalamualaikum Moeslemates

Perubahan warna pada sayuran dipengaruhi oleh pigmen warna alami sayuran, yaitu warna putih (anthoxantin), pigmen warna merah ( anthosianin ), pigmen warna hijau (khlorofil), dan pigmen warna kuning/orange (karotenoid). Konsentrasi dan suhu ruang mempengaruhi perubahan warna pada sayuran, terlebih lagi proses pengolahan. Seperti pengupasan kulit pada kentang, pemotongan pada kol, atau sayur lain seperti terong, bit, lobak dan bawang. Hal tersebut juga bisa tejadi pada buah, seperti apel, pir dan bengkoang.

Pigmen Warna Putih (Anthoxantin)

Source: Koko's Journal - WordPress.com

Pada pigmen warna putih yan terdapat pada sayuran berpengaruh pada suhu ruang. Hal ini dapat terjadi pada PH tinggi dalam keadaan basa, warna akan berubah menjadi kuning. Terjadi lain hal dalam kondisi PH rendah (asam), ini akan membuat sayuran tetap berwarna putih/ tidak berwarna. Sayuran tersebut seperti, kol, Kentang, lobak, dsb.

Pigmen warna Merah (Anthosianin)

Source: Klik Info Sehat

Perubahan warna merah disebabkan oleh konsentrasi pigmen pada sayuran ketika konsentrasinya rendah, perubahan warna mengarah ke warna ungu, sedangkan pada konsentrasi tinggi, perubahan akan condong ungu tua/hitam. Keadaan suhu ruang juga mempengaruhi, PH rendah dapat berwarna merah, PH yang Tinggi dapat berwarna putih. Sayuran tersebut, seperti terong, bit, dll.

Perubahan pada pigmen warna putih (anthoxantin) dan pigmen warna merah (Anthosianin) dapat di cegah dengan melakukan perendaman dengan air asam cuka. Hal ini tidak kita sadari dapat mempertahankan warna aslinya. Kita dapat lihat proses pengolahan kentang. Kentang yang sudah dikupas kulitnya akan mengalami perubahan warna. Kita dapat menggunakan asam cuka untuk merendam. Atau pada buah apel yang terlihat tetep segar berwarna putih pada proses pengolahan sop buah.

Pigmen Warna Hijau (Kholorofil)

Source: Berita konspirasi hati

Sayuran berwarna hijau merupakan indikator kesegaran, akan tetapi dalam proses pemasakan hal ini akan merubah kondisi warna aslinya. Proses penyimpanan juga dapat merubah warna hijau menjadi gradasi kuning. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga warna hijau tersebut tetap terjaga. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasak dengan cara dikukus, memasak dengan tidak ditutup. Selain itu masaklah dalam waktu yang cepat dan perhatikan jumlah sayuran.

Pigmen Orange (karotenoid)

Source: WordPress.com

Pada sayuran yang mengandung pigmen orange pada tidak perlu melakukan hal macam-macam untuk menjaga keaslian warna sayuran. Pigmen warna orange pada sayuran relative stabil dalam proses pemasakan.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS