2819
  2017-02-10       ulfia.net

Waktu-Waktu Terbaik Untuk Berdoa (Part-1)

Masih enggan berdoa? Padahal ada waktu-waktu tertentu yang sangat sayang dilewatkan untuk memanjatkan apa yang diinginkan dan diharapakan. Percayalah, doa bisa menembus jarak.

Indah Gumala Andirasdini 370 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Waktu adalah sesuatu yang berharga, Kita memiliki waktu yang sama. Ada yang memanfaatkan sebaik mungkin, adapula yang membiarkannya berlalu tanpa satupun makna yang diperoleh. Setiap waktu yang berlalu tidaklah mungkin bisa diulang, dan yang akan datang kemudian hanyalah penyesalan. Allah menciptkan segala sesuatu didunia ini tentu punya maksud dan tujuan tertentu. Pun dengan waktu, Allah berikan masing-masing waktu dengan keutamaan yang berbeda-beda, diantaranya ada waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa, akan tetapi kebanyakan orang menyia-nyiakan kesempatan itu.

Maka, sangat disayangkan apabila diantara Moeslemates melewatkan waktu-waktu mustajab berikut untuk berdoa, meminta kesuksesan, keberuntungan, kesenangan, keselamatan kepada Sang Pemilik Waktu.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Al-Baqarah : 186)

Sepertiga Malam Terakhir

Source: www.sholattahajud.com

Di waktu sepertiga malam terakhir, disaat yang lain masih terlelap mimpi. Allah sediakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Pernah ada yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Wahai Rasulullah, doa apakah yang didengarkan (dikabulkan)?”
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:
"Doa yang dipanjatkan di tengah malam yang akhir dan di akhir shalat wajib.” (HR. At-Tirmidzi )

Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.”(HR. Bukhari No 1145 dan Muslim No 758)
Saat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang terakhir. Karena itu, jika kamau mempu menjadi orang yang berzikir kepada Allah pada saat itu maka jadilah.(HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Waktu Berbuka Puasa

Source: scontent.cdninstagram.com

Adakah yang merasa disaat Ramadhan waktu berbuka puasanya hanya dihabiskan dengan ngabuburit, ngobrol, langsung buka puasa,ngobrol lagi dengan teman-temannya hingga melewatkan berdoa.?

Padahal berdoa di waktu berbuka puasa merupakan salah satu waktu terbaik untuk berdoa. *hiks

Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)
Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak (HR.Ibnu Majah dan Hakim)

Setiap Selepas Shalat

Source: 1.bp.blogspot.com

Doa adalah senjatanya orang mukmin sekaligus pangkalnya ibadah.

Meluangkan waktu sebentar setelah melaksanakan sholat untuk memohon petunjuk, kebenaran, kebaikan dan istighfar tentu perkara yang tak sulit. Namun, terkdang kita melewatkannya begitu saja demi mengejar waktu dunia.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam ditanya: Doa apakah yang paling dikabulkan (oleh Allah)?,Beliau menjawab: Yaitu doa pada bagian malam terakhir, dan selepas shalat fardhu. (HR Tirmidzi)
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah pada Allah. (QS. An Nisa’ : 103)

Hari Jumat

Source: cdn.ustadzaris.com

Jumat Mubaraq !!

Begitu banyak keutamaan-keutamaan di hari Jumat. Adapun diantaranya memperbanyak doa di hari Jumat.

Hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam (penghulu segala hari). Jika kita berdoa di hari itu, niscaya dikabulkan dan menjadi kebaikan di akhirat.
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari-Muslim )

Diantara Adzan dan Iqamah

Source: 1.bp.blogspot.com

Mungkin banyak diantara kita yang melewatkan doa diantara adzan dan iqamah ini.

Pun mungkin juga jarang mendengar suara adzan. Terutama di kota-kota besar dengan rutinitas perkantoran. Sibuk sana-sini seolah merasa ditulikan pendengarannya untuk mendekatkan diri kepada sang Pemiliki raga. Hanya lirikan jam tangan yang menjadi pengingat waktu sholat. :(

Ada dua yang tidak tertolak atau jarang tertolak: Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk. (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)
Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu. (HR. Ahmad)

bersambung ke part 2 :)

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS