2812
  2017-02-05       www.ransomriggs.com

Review Book Miss Peregrine's Home For Peculiar Children

Sebuah novel fantasi yang sungguh mengagumkan dan memiliki caranya sendiri untuk menyampaikan ceritanya.

Deane Lene 450 views

Tentang Buku

Miss Peregrine's Home for Peculiar Children adalah sebuah buku dark fantasikarya Ransom Riggs. Buku ini merupakan buku pertama dari tiga buku set karnya penulis asal Amerika tersebut. Buku ini sudah diangkat menjadi film yang resmi rilis pada tahun lalu. Buku ini dibuat menggunakan foto sebagai panduan yang menyusun sebuah narasi. Keunikan Riggs membuat cerita ini hingga terasa begitu nyata membawa karnyanya menjadi New York Times best seller. Dari keunikan Riggs menggunakan foto sebagai pemandunya ternyata menuai respon positif dari masyarakat luas. Buku setebal 528 halaman ini dibandrol dengan harga Rp.122.000 dan sudah bisa kalian dapatkan di toko buku atau bisa membelinya secara online.

Buku yang menceritakan petualangan seorang anak laki-laki yang tidak mengetahui bahwa dirinya adalah salah seorang kaum peculiar yang mendapatkan keturunan dari sang kakek. Kesulitan Jacob mengenali siapa dia sebenarnya dan aa=pa yang terjadi pada kehidupan yang sedang ia jalani membuatnya kebingungan. Ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan untuk meredakan kebingungannya dan terlebih kematian sang kakek. Rasa frustrasi melandanya ketika tidak ada satu pun orang mau mendengarkan Jacob mengungkapkan keluh kesahnya.

Di suatu hari, salah seorang anggota keluarganya memberikan sebuah benda peninggalan sang kakek. Ini adalah benda yang sangat berarti bagi dirinya. Sebuah benda yang bisa mengantarkan Jacob mengenali siapa dia sebenarnya. Dihari berikutnya ia harus berurusan dengan seorang psikater. Bukan karena tanpa alasan, sikap Jacob setelah kepergian sang kakek yang dirasa tidak wajar oleh kedua orang tuanya.

Jacob memutuskan untuk pergi menuju sebuah pulau dimana pulau tersebut adalah pulau yang pernah dikunjungi sang kakek dan dari pulau itu juga sebuah alamat pengiriman dalam surat-surat sang kakek berasal. Jacob menaruh banyak harapan untuk mengetahui tentang kebenaran siapa dirinya. Sesampainya di pulau tersebut, Jacob memulai petualangannya hanya dengan bermodalkan sebuah surat kakeknya untuk menemukan sebuah alamat.

Awalnya Jacob merasa kecewa terhadap tempat yang ia kunjungi karena hanya tinggal berupa puing-puing bekas perang dunia II dan tidak ada satupun kehidupan yang bisa membantu dirinya. Kondisi bangunan yang tidak lagi untuh, lantas membuat dirinya berhenti mencari tahu. Ia berkeliling sekitar bangunan tersbut berharap ada hal yang tertinggal bisa menjadi petunjuk bagi dirinya.

Tanpa disangka-sangka Jacob bertemu dengan beberapa anak peculiar lainnya dan Jacob diajak untuk menemui Miss Perigrine. Awalnya anak-anak peculiar ini merasa tidak nyaman atas kedatangan Jacob karena mereka khawatir Jacob adalah seseorang yang berbahaya. Hingga akhirnya Miss Perigrine menjelaskan bahwa Jacob bukan anak yang berbahaya. Keistimewaanya bisa melihat apa yang mereka tidak bisa lihat.

Perbincangan antara Miss Perigrine dengan Jacob mengungkapkan memuaskan hasrat keingin tahuannya akan siapa dirinya. Tidak hanya sampai situ saja petualangan Jacob. Sebuah bahaya besar menanti mereka semua di depan mata. Jacob harus berurusan dengan seorang monster yang juga ternyata makhluk yang sama yang membunuh sang kakek.

Jacob harus memilih antara berpetualang bersama kaum peculiar dan meninggalkan kehidupannya saat ini atau meninggalkan kaum peculiar dan melanjutkan kehidupannya seolah-olah tidak ada hal yang terjadi pada kehidupannya dengan arti lain ia akan terus berlari mengindari makhluk mengerikan itu sepanjang hidupnya. Hingga akhirnya Jacob memilih unutk pergi bersama kaum peculiar dan membahayakan dirinya sendiri demi perasaan yang tidak bisa ia ungkapkan kepada kaum peculiar tersebut.

Review Buku

Buku ini sungguh luar biasa dan menjadi salah satu karya yang aku favoritkan. Tidak ada kata bosan untuk terus membacanya hingga ahkir cerita. Foto itu, Cerita itu, dan segala kejadian itu. Semua terasa begitu nyata. Mengalir seperti kehidupan nyata. Padat, ringan dan sangat mudah dipahami. Buku ini hampir 95% berupa hiburan dan sisanya ada beberapa pengajaran tentang nilai kehidupan.

Aku tidak memiliki banyak kata tentang buku ini karena buku ini begitu mengagumkan. Plot pada buku ini benar-benar menarik perhatianku dan aku sangat mencintai penggunaan gambar dalam sebuah buku cerita. Riggs membuat pengalaman membaca lebih menarik. Ketika aku membaca buku ini benar-benar seperti alur cerita dalam sebuah film.

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya. Nah dalam buku ini ada banyak sekali kata-kata yang kurang tepat dan terdapat kesalah pahaman makna dalam sebuah kata sehingga kalimat tersebut tidak memiliki arti yang sebenarnya. Sungguh disayangkan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, aku sungguh mengagumi karya Riggs ini.

Rating

Buku ini sangat bagus dan aku memberikan nilai 9.0/10. Aku sangat merekomendasikan kalian unutk membacanya. Untuk kalian yang sangat menyukai dunia fantasi, buku ini adalah surganya cerita yang tidak pernah kalian duga-duga sebelumnya dan bagi kalian yang tidak begitu suka dengan dunia fantasi, ini adalah gerbang yang baik untuk mengenalkan dunia fantasi tersbeut kepada kalian.

Tentang Penulis

Riggs lahir di Maryland pada tahun 1979 dan dibesarkan di Florida. Riggs masuk ke sekolah Pine View, sekolah untuk anak berbakat. Kemudian Ia belajar sastra Inggris di Kenyon College, dan kemduian belajar film di University of Southern California. Riggs saat ini tinggal di Santa Monica, California, dan pada tahun 2013 ia telah menikah dengan Tahereh Mafi. Karya-karyanya sebagian besar masuk pada New York Time best seller termasuk karyanya yang satu ini.

Cek karya lainnya yuk

Beli Sekarang juga

Untuk kalian yang benar-benar meninginkan buku ini dan enggan untuk keluar rumah hanya untuk pergi ketoko buku, belanja online adalah solusinya. Ada dua toko online yang aku rekomendasikan untuk kalian. Gramedia dan bukukita.com. Kelebihan dari toko gramdia online ini barangnya selalu on stock tetapi harganya sedikit lebih mahal dibandingkan yang lainnya dan pengirimannya cepat juga barang aman.

Sedangkan dari toko bukukita.com ini memang kelebihanya harga yang ditawarkannya cukup murah dibandingkan toko-toko online manapun tetapi kalian harus lebih bersabar ketika memutuskan unutk berbelanja di sini karena buku-buku di sini tidak semuanya on stock. Jadi admin harus memesan ke gudang penerbit terlebih dahulu baru dikirim ke kalian.

Jadi keputusan untuk membeli di toko online manapun itu semua dikembalikan kepada kalian, kalian yang menentukan.

Toko buku gramedia online

Bukukita.com

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS