2805
  2017-02-26       www.dwibcc.org

5 Barang yang Harus Dipunyai Seorang Muslimah Pendaki Gunung

Muslimah mendaki gunung? Why not! Asalkan kamu punya 5 barang ini yang menemani pendakianmu, Insya Allah pendakianmu aman.

Nabila Ghaida Zia 1,130 views


Mendaki sebuah puncak gunung bukan lagi hobi milik kaum adam saja. Nyatanya sekarang banyak perempuan yang sudah menaklukkan banyak puncak gunung bahkan yang masih aktif sekalipun seperti gunung Merapi, Slamet, Rinjani, dan banyak macam lainnya. Bahkan perempuan muslimah pun sudah banyak yang mencatat sejarah penaklukan puncak gunung-gunung yang tingginya bisa ribuan meter diatas permukaan laut.

Mendaki gunung termasuk olahraga ekstrim yang harus memiliki banyak persiapan. Mulai dari persiapan fisik, mental hingga logistik apa saja yang akan dibawa menuju pendakian. Karena pendakian terkadang memakan waktu yang tidak sebentar ada yang berjam-jam tergantung jalur yang dilaluinya.

Agar pendakian moeslemates aman, moeslemates wajib membawa 5 barang ini saat pendakiaan.

Tas Ransel Gunung

Hal wajib yang harus dipunyai seorang pendaki gunung adalah tas ransel gunung. Kenapa tidak tas ransel biasa? Karena bawaan yang akan dibawa ke gunung tidaklah sedikit apalagi jika moeslemates akan bermalam disana. Ada banyak barang camping yang harus dimasukkan dalam tas. Tas gunung ini di desain ramping memanjang. Asalkan moeslemates pintar packing barang untuk dimasukkan ke tas. Moeslema punya rekomendasi tas ransel gunung yang bisa moeslemates beli untuk melengkapi peralatan pendakian moeslemates. Selain muat banyak barang, tas ransel gunung ini juga tahan air.

Pakaian

Tas Gunung sudah, selanjutnya barang bawaan yang perlu dibawa adalah pakaian. Yep, it's really important!
Jangan sampai moeslemates saltum (salah kostum) untuk mendaki gunung. Jangan gunakan baju yang buat kondangan untuk naik gunung. Karena saltum bisa membahayakan keselamatan moeslemates selama pendakian. Buruk-buruknya kalau moeslemates saltum bisa menyebabkan hipotermia.

Saran dari moeslema gunakan pakaian yang bahannya menyerap keringat, jangan memakai celana yang ketat, dan jaket yang tebal karena suhu di gunung bila malam hari akan sangat dingin. Pastikan moeslemates tidak hanya membawa satu stel pasangan yang tertempel di badan namun juga membawa cadangannya. Karena ketika moeslemates mendaki gunung dan berkeringat. Apabila moeslemates tidak berganti baju maka keringat yang masih menempel di tubuh akan membuat rasa dingin semakin terasa. Hal sederhana ini yang sebenarnya membuat orang hipotermia saat mendaki gunung. Bawa cadangan baju untuk tidur ya moeslemates.

Sandal / Sepatu Gunung

Kalau baju dan tas gunung sudah moeslemates punyai , Good!
Saatnya untuk barang wajib ketiga adalah sandal/sepatu gunung.

Hey, jalur pendakian gunung bukanlah jalur yang beraspal yang akan dengan mudahnya dilewati. Jalurnya bermacam mulai dari hanya tanah biasa, bebatuan hingga padang pasir berdebu. Jangan sampai salah memakai sepatu atau sandal ya. Nggak lucu juga kan naik gunung pakainya wedges atau heels?

Gunakan sepatu/ sandal gunung yang nyaman kamu pakai. Pengalaman penulis ketika memakai sepatu yang tidak nyaman membuat kesehatan kaki penulis terganggu sesaat setelah pulang mendaki. Jadi gunakan sepatu/sandal gunung yang membuat nyaman langkahmu.

Jangan lupa juga ya gunakan sepatu/sandal gunung yang anti selip yaa!

Spray Anti Nyamuk

Kalau 3 barang seperti tas, pakaian, sandal gunung sudah kamu punyai. Barang kecil ini jangan sampai lupa ya. Di gunung kan masih sangat alami jadi masih banyak berkeliweran serangga dan nyamuk yang kadang usil sama kita. Buat jaga-jaga moeslemates bisa bawa spray anti nyamuk agar perjalanan moeslemates tidak terganggu. Moeslema ada rekomendasi produk spray anti nyamuk yang terjangkau.

Lifestaw Outdoor

Apa itu LifeStraw Outdoor?
Bahasa simpelnya Lifestraw itu kayak produk pure it untuk menjernihkan air namun ini alatnya kecil dan sangat mudah dibawa saat pendakian.
Di gunung memang moeslemates akan menemukan banyak sumber air, namun untuk menjaga kesterilannya untuk diminum, moeslemates bisa gunakan lifestraw ini.

Jangan lupa untuk membawa lima barang itu ya buat kamu moeslemates yang akan mendaki gunung.

Like our facebook page if you like this article!



Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS