2801
  2017-02-13       Klikdokter

Si Jengkol yang 'Bau' tapi 'Enak'

Apa Moeslemates suka Jengkol? Tahukah Moeslemates selain enak, Jengkol yang memiliki bau khas ini memiliki kandungan nilai gizi. Yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari Jengkol

Triwitaan 53 views

Assalamualaikum Moeslemates

Moeslemates pasti sudah mengenal buah yang satu ini bukan? Sebut saja “Jengkol”, Jengkol memiliki aroma khas. Jengkol memiliki nama ilmiah Archidendron pauciflorum. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut sebagai Dogfruit atau Ngapi Nut. Ternyata Jengkol termasuk kedalam jenis buah-buahan. Makanan yang satu cukup familiar dilidah orang Indonesia. Banyak jenis olahan berbahan baku Jengkol, seperti semur jengkol, sambal goreng jengkol, gulai jengkol, dsb.

Tahukah Moeslemates?

Source: Just Try & Taste

Terbilang makanan yang sulit untuk dimasak, dikarenakan jengkol memiliki rasa pahit dan bau yang kurang sedap, akan tetapi bagi sebagian orang tidak khawatir akan hal ini. Mereka tetep menikmati sajian menu tersebut. Usut punya usut ternyata, Jengkol mengandung asam jengkol (iencolic acid) yang dapat mengakibatkan penyakit yang menyerang saluran perkencingan. Keracunan jengkol ditandai dengan sedikitnya air kencing yang dihasilkan. Serta rasa pegal dan melilit didaerah pinggang. Hal ini terjadi saat seseorang mengkonsumsi jengkol mentah karena umumnya kadar asam jengkol akan menurun apabila telah dimasak. Untuk itu masaklah jengkolsampai benar-benar matang. Kalau memang ingin mengokonsumsi jengkol dengan aman.

Jadi, moeslemates yang gemar dengan si Jengkol harus memperhatikan hal tersebut. Jengkol harus diolah terlebih dahulu sebelum dimakan. Selain itu, pengolahan yang tepat juga dapat mengurangi kandungan gas dalam jengkol. Pengolahan diawali dengan melakukan perendaman sekitar 2 jam dan mengganti air terus menerus. Jika perlu direbus terlebih dahulu dan dibuang airnya. Hal ini dapat mengurangi kandungan gasnya.

Nilai Gizi Jengkol

Source: petanitop.blogspot.com/

Jengkol memiliki kandungan gizi sebagai berikut, dari 100 gram biji jengkol terkadung 133 kkal energi,
23,3 gram protein, 20,7 gram karbohidrat, 240 Sl vitamin A, 0,7 mg vitamin B,
80 mg vitamin C, 166,67 mg fosfor, 140 mg kalsium, 4,7 mg zat besi, dan 49,5 gram air.

Triwitaan Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS