2777
  2017-01-27       gejaladiabetes.com

6 Organ Paling Rentan Terkena Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang mudah menjalar ke bagian tubuh lain. Apa sajakah organ yang akan berpotensi mengalami kerusakan? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Lidya O. 452 views

Pernahkah kamu mendengar bahwa penyakit diabetes dapat menjalar berkomplikasi ke bagian organ tubuh lainnya? Nah, untuk mengetahui lebih lengkap simak yuk penjelasannya di bawah ini.

1. Mata

Diabetes dapat membahayakan organ penglihatan. Sekitar 30% pasien diabetes memiliki komplikasi ke mata seperti pandangan menjadi kabur, ada bintik hitam atau seperti melihat cahaya putih. Kondisi tersebut merupakan gejala dari diabetic retinopathy yang merupakan gangguan pada bola mata akibat tingginya kadar gula darah.

2. Kaki dan Kulit

Daerah kulit dan kaki tentunya sudah tidak asing lagi bagi penderita diabetes jenis apapun. Tahukah kamu bahwa hampir 60% pasien mengalami amputasi di kaki? Belajar dari pengalaman almarhum Ayah saya, beliau awalnya hanya luka sedikit di bagian pergelangan kaki. Tapi dahsyatnya penyakit gula itu mampu menghancurkan sistem syaraf sehingga sedikit demi sedikit jari-jari di kaki Ayah saya mulai lumpuh dan membusuk. Sebenarnya dokter sudah menyarankan untuk diamputasi tetap Ayah saya tetap bersikeras mempertahankannya. Duh, kalau lukanya sudah memborok dan tidak segera ditangani, bisa-bisa akan membahayakan organ tubuh lain lho Moeslemates sampai kemungkinan terburuk yaitu meninggal dunia.

3. Jantung dan Pembuluh Darah

Jika gula darah tinggi, maka otomatis pembuluh darah pun tersumbat dan berujung pada serangan stroke. Hal ini terjadi kurang lebih pada 23% pasien diabetes. Yang lebih membahayakan lagi adalah penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah juga dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung lho Moeslemates.

4. Telinga

Gangguan pendengaran pun dialami oleh penderita diabetes. Gula darah yang terlalu tinggi membuat telinga mudah berdenging karena mengalami kelainan syaraf. Akibat terburuknya, penderita bisa saja kehilangan organ pendengaran untuk selama-lamanya.

5. Ginjal

Source: www.vemale.com

Walaupun terbilang sedikit tapi setidaknya 15% penderita diabetes mengalami komplikasi ginjal. Seseorang yang mengalami gagal ginjal pasti akan terus cuci darah. Beberapa gejala yang harus diperhatikan adalah sering buang air kecil dan kaki yang terlihat membengkak.

6. Gigi

Source: www.vemale.com

Waktu almarhum Ayah sakit terkena diabetes, saya memperhatikan betul bagaimana perkembangan kesehatan gigi Ayah saya. Rupanya diabetes mampu mengganggu kesehatan bagian mulut. Bermula dari penumpukan bakteri yang kemudian menyerang gusi. Gula darah akan mempercepat pertumbuhan bakteri ini hingga menjadi plak. Jika plak terus dibiarkan maka akan semakin menimbulkan kerusakan pada gigi. Dan tahukah kamu Moeslemates bahwa plak juga sangat dipengaruhi oleh kadar gula darah yang tinggi lho. Bahkan gigi Ayah saya bisa sampai otek dan mulai ompong.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sampai saat ini sangat saya waspadai sejak sepeninggal Ayah saya. Oleh karena itu, ada baiknya mulai dari sekarang, saat kita masih muda dan sehat biasakanlah untuk tidak mengkonsumsi gula terlalu sering. Misalnya, lebih banyak minum air putih, teh tawar dan hindari soda. Makanan-makanan seperti es krim, kue cokelat, roti yang mengandung banyak gula cukup dinikmati sesekali saja. Kita tidak pernah tahu kan apa jadinya jika kita tidak kontrol pola makan kita yang dapat mengantarkan kita menjadi penderita diabetes? Dan pastikan pula untuk cek kadar gula darah secara rutin.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS