2775
  2017-05-29       imjustwalkin.com

9 Tips Agar Bisa Shalat Tepat Waktu

Sering merasa ingin memperbaiki shalat mulai dari ketepatan waktunya? Yuk temukan 9 tips agar kamu bisa shalat tepat waktu dan beribadah dengan lebih baik!

Lidya O. 136 views

Untuk kamu yang setiap hari harus disibukkan oleh kegiatan ini-itu, bekerja dari pagi hingga sore bahkan menjadi ibu rumah tangga yang super repot membuat terkadang jalannya waktu tak lagi terasa. Tahu-tahu sudah mau Maghrib, seperti itu misalnya. Tapi bagaimana ya jika kesibukan maupun kesulitan bangun tidur mulai mengganggu waktu shalat kita? Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa bermanfaat nih Moeslemates untuk mengatasi persoalan keterlambatan waktu untuk shalat wajib. Yuk simak!

1. Pasang Aplikasi Pengingat Shalat Di Gadgetmu

Yang pertama adalah pengingat shalat yang kamu bisa gunakan di gadgetmu. Jangan cuma SNS ya Moeslemates, kamu juga musti cari tahu aplikasi-aplikasi bagus yang cocok dan mendukung aktivitas ibadah kita.

2. Bersahabat Dengan Orang Shalih

Selanjutnya, carilah sahabat-sahabat yang shalih. Jangan sampai kamu bergaul dengan orang-orang yang sering meninggalkan shalat. Cepat atau lambat pasti kamu akan ikut-ikutan mereka deh. Karena lingkungan sangat mempengaruhi perilaku dan kebiasaan kita juga lho!

3. Menjaga Wudhu

Source: yufidia.com

Dengan menjaga waktu sampai tiba waktu shalat berikutnya, kamu akan berlatih dan terpacu untuk tepat waktu. Kondisi suci seorang muslim adalah setelah berwudhu.

4. Atur Alarm Sebelum Waktu Shalat

Cukup 5 sampai 15 menit, sempatkanlah setel alarm shalatmu agar menjadi reminder di setiap menjelang waktu shalat. Orang yang mampu bersiap-siap terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas biasanya akan jauh lebih fresh. Perhatikan deh mereka yang sebelum adzan Subuh sudah bangun dan cuci muka dengan mereka yang tergesa-gesa karena terlambat bangun dan langsung shalat Subuh. Beda, bukan?

5. Tempel Kertas Notulen

Kalau kamu kerja kantoran dan hampir setiap hari harus duduk di meja kantormu, ada baiknya juga membuat notes-notes dengan post it semenarik mungkin untuk pengingat shalat. Jika urusan kerja saja kamu bisa telaten, kenapa soal ibadah tidak bisa?

6. Rajinlah Membaca Buku Islam

Membaca buku tentang agama baik itu tentang fiqih, hukum-hukum Islam, cerita nabi dan sebagainya tentu sangat dianjurkan untuk memperbanyak pengetahuan kita. Tidak ada hal yang merugikan dari kegiatan membaca. Yuk, mulai sekarang cicil bacaan setiap hari yang bisa kamu dapatkan dari internet maupun buku.

7. Biasakan Istirahat Sejenak Waktu Adzan

Siapa di antara kamu yang begitu terdengar suara adzan tetap melanjutkan aktivitas atau bahkan tetap mengobrol dengan teman? Nah, coba deh sekali-kali ganti kebiasaanmu untuk tenang saat adzan dan dengarkan secara perlahan. Tidak hanya hati yang menjadi tenteram dan pikiran jernih, kamu juga bisa siap-siap untuk shalat, kan?

8. Jika Masih Sulit Bangun, Siapkan Dua Alarm Atau Lebih

Satu alarm tidak cukup? Kenapa tidak pasang tiga sampai lima alarm? Karena hal ini juga pernah saya lakukan saat sulit untuk bangun shalat Subuh. Dan mintalah Ibu, atau saudaramu di rumah yang jauh lebih bisa bangun pagi untuk membangunkanmu. Dengan cara apa pun itu, asal niatnya baik insyaAllah kamu pasti bisa bangun tepat waktu kok.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS