2774
  2017-05-28       rukun-islam.com

Keutamaan Shalat Sunnah Sebelum Subuh

Ada beberapa hal yang sering terlupakan yang sebenarnya memiliki keistimewaan besar. Salah satunya adalah shalat sunnah sebelum subuh.

Lidya O. 1,477 views

Shalat sunnah qabliyah shubuh atau shalat sunnah fajar yaitu dua raka'at sebelum pelaksanaan shalat subuh adalah di antara shalat rawatib. Shalat yang satu ini mempunyai keutamaan besar yaitu sampai-sampai ketika safar pun, Nabi Muhammad SAW terus menerus menjaganya. Bahkan ada keutamaan besar lainnya yang akan kita temukan.
Source: @fiqihwanita_

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha dari Rasulullah bersabda: "Dua raka'at shalat fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim) dalam riwayat lain dengan lafazh: "Sungguh, kedua raka'at tersebut lebih aku cintai daripada dunia dan semuanya."

Shalat fajar atau yang lebih sering dikenal sebagai shalat sunnah rawatib qabliyah subuh memang memiliki keutamaan luar biasa yang mungkin sering kita sepelekan. Bayangkan, jika Allah sudah menjanjikan keutamaan istimewa pada shalat ini, masih mau juga kita menunda atau bahkan meninggalkannya hanya karena alasan malas atau masih mengantuk?

Berikut adalah keutamaan-keutamaan dari shalat fajar yang tentunya bisa membuat kita bersemangat dalam berlomba dalam kebaikan.

1. Keutamaan Akhirat Dibandingkan Dunia

Source: utsman.or.id

Jika dikatakan shalat sunnah subuh lebih baik dari dunia dan seisinya, artinya dua raka'at ini jauh lebih wajib diprioritaskan daripada kegiatan kita di dunia. Seperti: tidur, bermain, makan, menikmati keindahan alam dan masih banyak hal lainnya. Kenikmatan yang kita rasakan di dunia memang tidak akan kekal. Suatu saat pasti akan hilang. Berbeda dengan akhirat yang menjadi tujuan utama kita umat Muslim. Tentunya, untuk mendapatkan kenikmatan shalat sunnah subuh ini tidak mudah ya Moeslemates. Rasa kantuk dan malas keluar dari selimut yang hangat dan udara dingin yang meminta untuk tetap singgah di kasur sering sekali kita alami. Padahal, Allah sudah menunggu-nunggu kita di sajadah untuk bersujud kepada-Nya. Yuk, mulai biasakan bangun lebih awal agar bisa mendapatkan shalat sunnah ini.

2. Pahala Shalat Fajar

Source: abiummi.com

Betapa besar pahala yang bisa kita dapatkan lewat shalat sunnah fajar ini. Jika keutamaan shalat sunnahnya saja sudah melewati dunia dan seisinya, apalagi shalat subuh itu sendiri. Bahkan Aisyah radhiyallahu 'anha sampai mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan kedua raka'at tersebut.


Masya Allah, semoga kita diberikan kemampuan untuk bisa mendirikan shalat sunnah fajar dan sunnah-sunnah lainnya. Tapi, jangan lupakan yang wajibnya juga ya Moeslemates.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS