2766
  2017-01-20       goodnotperfect.com

Tahun Baru di Tanah Suci – Part 1 (Persiapan)

Akhir tahun 2016 kemarin, aku berkesempatan mengunjungi Rumah Allah. Yuk baca pengalamanku di sana!

Audina Sheila 104 views

Halo, Moeslemates! Pada kesempatan kali ini, aku akan bercerita mengenai pengalaman Umrah-ku pada akhir tahun 2016. Alhamdulillah aku mendapat kesempatan untuk menjadi tamu Allah di rumah-Nya. Aku akan menceritakan pengalamanku dalam beberapa bagian, dan bagian pertama ini akan membahas persiapanku sebelum berangkat Umrah.

Nah, aku yakin sebenarnya banyak dari kalian yang sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat Umrah. Tapi di sini aku berusaha menuliskan hal-hal yang banyak orang lupa untuk siapkan, supaya insyaAllah kalian tidak akan lupa juga, hehehe.

1. Konsultasi ke Dokter sebelum berangkat

Source: inhalemd.com

Ini penting banget, banget, banget menurutku. Jangan mengunderestimate Umrah sebagai liburan biasa, karena sesungguhnya Umrah itu melelahkan loh. Selain badan letih, kita juga akan mengalami pengalaman emosional yang luar biasa. Oleh karena itu, badan harus 100% fit. Yang tidak punya penyakit khusus harus konsultasi, apalagi yang punya penyakit khusus.

Aku pun kaget saat melihat banyaknya orang yang jatuh sakit saat perjalanan Umrah, karena ternyata ada banyak banget. Beberapa dari mereka sampai tidak bisa melanjutkan ibadah karena harus diopname. Walaupun rumah sakit untuk jemaat Umrah gratis, tapi gakmau kan nyobain sakit di Arab?

2. Persiapan mental

Saat aku bilang kalian akan mengalami pengalaman emosional yang luar biasa, aku ga main-main, loh… Di sana, kalian akan merasakan cobaan yang membuat marah, sedih, lelah, kemalasan, kekaguman melihat banyak hal, ketakutan, dan masih banyak lagi.

Intinya sih, di sana harus bisa mengontrol emosi karena percayalah, akan banyak hal yang bisa membuat kalian kehilangan emosi. Mulai dari jemaat Umrah lain yang “seradak-seruduk” minta tempat buat sholat, kecopetan, sampai kekaguman melihat Kaabah yang bisa membuat kalian menangis.

3. Hindari membawa barang-barang berharga

Sebisa mungkin, hindari barang-barang berharga yang tidak perlu. Di sini maksudku bukan hanya perhiasan dan gadget loh ya, tapi semua barang yang terlihat mewah dan mahal. Gunakan baju yang biasa-biasa, sepatu yang sederhana, jam dengan merek biasa, dan lain-lain, karena masih banyak pencuri di daerah ramai seperti di masjid.

4. Hitung tanggal haid

Nah ini dia yang sering dilupakan! Gakmau kan, udah jauh-jauh ke Tanah Suci, di sana malah haid dan gak bisa ibadah? Sebelum berangkat, aku menghitung tanggal haidku, dan ternyata pas banget dengan tanggal Umrahku. Jadi, aku ke dokter Obgyn dan minta diberi pil penunda haid. Ingat, jangan langsung beli pil ini di apotik ya, harus konsultasi dulu karena takutnya kondisi tubuh kalian tidak cukup sehat untuk mengonsumsi pil ini.


Nah, itu dia beberapa hal yang penting banget untuk dilakukan sebelum berangkat Umrah. Bagi yang sedang siap-siap untuk berangkat, good luck! Bagi yang baru berangan-angan untuk berangkat, aku doakan kalian cepat bisa merasakan indahnya berada di Tanah Suci ☺

Audina Sheila Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS