2749
  2017-01-25       www.aryanto.id

Atasi Alergi Dengan Antanan

Bagi kamu yang memiliki bakat alergi, tanaman Antanan yang satu ini bisa mengatasi alergi kamu lho! Yuk simak selengkapnya di sini :)

Tia Djamal 497 views

Apa itu daun antanan?

Source: martadewa.wordpress.com

Antanan atau lebih dikenal dengan daun pegagan merupakan jenis tanaman yang tergolong sebagai tumbuhan gulma atau tumbuhan penganggu. Tanaman ini dapat kita jumpai diarea pesawahan ataupun pekarangan rumah, tanaman ini herbal ini merupakan tanaman yang dapat berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini berasal dari Asia, adapun sebutan lain untuk tanaman ini yaitu daun kaki kuda. Pegagan merupakan jenis tanaman yang daya adaptasinya cukup bagus, hal ini dibuktikan bahwa tanaman ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi dengan sangat baik.

Nama latin dari tanaman ini yaitu centella asiatica ( linn ) Urb, adapun nama lain dari tanaman pegagan yaitu pasequinus asiatic rumph dan hydrootyleasiatica linn. Sedangkan di indonesia sendiri pegagan mempunyai sebutan ain di setiap daerah seperti antanan rambat (sunda), tungkai (bugis), pegege (aceh dan ujungpandang), taidah (bali), sarowati (maluku), gagan-gagan, pegagan, rendeng, kerok batok (jawa), kori-kori (halmahera), ampagagan (batak), sandanan (irian).

Kandungan senyawa aktif dalam daun antanan

Tanaman pegagan mempunyai senyawa aktif yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

Gllikosida triterpenoida, Isothankuniside, Hidrocotylin, Kalium, Carotenoid, Centellose, Madasiatic acid, Thankuniside, Glikosida saponin, Meso inositol, Brahmik acid, Madecassoside, Triternoid merupakan senyawa utama yang berfungsi untuk meingkatkan ungsi otak dan memberikan efek relaksasi atau menenangkan.
Brahminoside yaitu merupakan protein yang mempunyai fungsi pentingterhadap sel otak.
Asiaticoside yaitu merupakan senyawa yang berfungsi dala meningkatkan stimulasi sel darah dan siste imun. Tidak hanya itu, kandungan senyawa inipun berfungsi sebagai antibiotik alami.

Khasiat daun antanan

Melancarkan saluran penernaan, menyembuhkan penyakit sinussitis dan flu, mengatasi jenis penyakit hepatitis dan tifus, mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, menghambat terjadinya keloid, mengobati berbagai jenis penyakit seperti campak, demam, amandel dan sakit tenggorokan, mengatasi penyakit wasir atau ambeien, membantu melancarkan sirkulasi darah, mengobati penyakit batu pada saluran kencing atau kencing batu, menurunkan gejala depresi serta meningkatkan fungsi mental dan kognitif yang lebih baik, mengatasi TBC,tipus, sengatan ular ataupun bisul, mengobati penyakit cacingan atau mimisan.

Selain manfaat diatas, antanan juga ber khasiat untuk mengurangi penyakit kulit seperti alergi. Bagi penderita alergi, akan sangat menyiksa apabila alergi sedang datang. Karena terkadang si penderita alergi akan merasa gatal-gatal yang tidak berkesudahan dan menghasilkan bercak merah pada kulit. Biasanya mereka meminum obat ataupun memberikan salep pada area yang dirasa gatal, namun tidak semua obat minum anti alergi akan ampuh untuk menghilangkan rasa gatal. Biasanya hanya mengurangi sementara dan akan timbul kembali setelah beberapa saat. Antanan akan menjadi solusi bagi para penderita alergi. Tidak hanya gatal nya saja yang hilang, bercak merah yang ditinggalkan pun akan hilang.

Cara membuat ramuan antanan

1. Siapkan satu genggam daun antanan, cuci bersih
2. Masukkan air satu gelas kedalam panci beserta daun antanan
3. Rebus hingga mendidih
4. Saring air rebusan, bisa ditambah madu bila perlu
5. Minum selagi hangat

Saat alergi datang, ramuan ini bisa diminum 2X sehari pada pagi dan sore hari

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS