2726
  2017-01-19       blog.polipay.co.nz

7 Tips Aman dan Nyaman Belanja Online

Kemudahan dari belanja online memang menggiurkan. Tapi tetap waspada agar proses belanja online tetap aman dan nyaman.

santi lisnawati 37 views

Sekarang ini, kehidupan kita sangat dimudahkan dengan teknologi. Hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online, seperti memesan makanan, memesan alat transportasi, membeli tiket kendaraan atau tiket nonton, termasuk belanja barang-barang kebutuhan.

Dengan bertransaksi online, kita tinggal klik saja barang yang kita inginkan, bayar via transfer bank lalu tinggal duduk manis tunggu barang diantarkan ke rumah. Kemudahan yang ditawarkan transaksi online ini memang menggiurkan. Tapi ada hal-hal yang harus tetap diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan belanja online.

1. Cek reputasi penjual

Selalu pastikan penjual memiliki rating yang bagus. Cek juga komentar dari para pembeli apakah memuaskan atau tidak. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan akan membeli produk dari penjual tersebut atau tidak.

2. Gunakan kartu kredit untuk transaksi online

Jika memungkinkan, gunakanlah kartu kredit untuk transaksi belanja online. Transaksi penipuan akan lebih mudah terdeteksi dan pembayaran dengan kartu kredit bisa ditangguhkan.

3. Pastikan laman website aman

Pastikan memasukkan data kartu kredit untuk transaksi online pada laman beralamatkan 'https' bukan 'http'. Laman dengan alamat 'https' menunjukkan jaringan aman terhubung langsung dengan penjual.

4. Jangan tergoda voucher palsu

Source: wbay.com

Jangan pernah tergoda kupon voucher belanja online yang tidak jelas asalnya. Selalu pastikan untuk mengecek langsung dari website asli penjual.

5. Hati-hati bertransaksi online dengan komputer umum

Jika melakukan transaksi online dengan komputer umum, jangan lupa untuk log out dan hapus daftar history setelah selesai bertransaksi. Hal ini untuk mencegah pihak lain melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Cek alamat lengkap penjual

Source: althea.kr

Selalu cek alamat dari penjual khususnya jika kamu berbelanja di website luar negeri. Penjual dengan reputasi baik tentu memiliki alamat kantor yang lengkap dan jelas.

7. Teliti membaca aturan dari penjual

Source: althea.kr

Telitilah membaca setiap aturan dari website penjual. Baik tentang harga dan sistem pengiriman, sistem pengembalian barang dan sebagainya.

Teliti dan berhati-hati adalah kunci utama aman dan nyaman berbelanja online. Be a smart buyer, moeslemates!

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS