2702
  2017-01-20       wikipedia.com

Review Novel : Edensor (2007)

Penasaran dengan review buku yang fenomenal ini Cek reviewnya disini.

Syanin Ss 392 views


Novel ini sebenarnya udah aku baca dari jaman SD, tapi bahkan sampai detik ini novelnya masih sering banget aku baca berulang-ulang kali.
Aku inget banget pas jaman-jaman SD sempet bingung sama kosa kata dari novel karangan Andrea Hirata yang cenderung rumit, sampai harus bolak-balik buka ke lembaran glosarium.

Bahkan bisa dibilang novel ini berjasa banget disaat aku lagi ng-down, ngga niat sekolah, mau bolos, atau niat-niat buruk lainnya, pasti aku langsung baca novel jenis ini, trus inget kalau perjuanganku buat ke sekolah ngga seberat anak-anak Laskar Pelangi, ngga seberat Andrea ataupun Arai, ngga separah anak-anak lainnya di luar sana. Kalau perjuanganku belum semaksimal mereka, bahkan ngga ada apa-apanya dan langsung otomatis malu sendiri.

Informasi Buku

• Pengarang : Andrea Hirata
• Negara : Indonesia
• Bahasa : Indonesia
• Genre: Roman
• Penerbit : Yogyakarta: Bentang Pustaka
• Tanggal rilis: Mei 2007
• Halaman : xii, 290 halaman
• ISBN : ISBN 978-979-1227-02-5

Sinopsis

Berbeda dengan latar cerita dari Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, Edensor mengambil latar di luar negeri saat tokoh-tokoh utamanya, Ikal dan Arai mendapat beasiswa dari Uni Eropa untuk kuliah S2 di Perancis. Dalam Edensor, Andrea tetap dengan ciri khasnya, menulis kisah ironi menjadi parodi dan menertawakan kesedihan dengan balutan pandangan intelegensia tentang culture shock ketika kedua tokoh utama tersebut yang berasal dari pedalaman Melayu di Pulau Belitong tiba-tiba berada di Paris. Mimpi-mimpi untuk menjelajah Eropa sampai Afrika dan menemukan keterkaitan yang tak terduga dari peristiwa-peristiwa dari masa lalu mereka berdua.Dan pencarian akan cinta sejati menjadi motivasi yang menyemangati penjelajahan mereka dari bekunya musim dingin di daratan Rusia di Eropa sampai panas kering di gurun Sahara.

Review Buku

Ceritanya top banget gaya bahasa dan pembawaan Andrea Hirata juga keren, gimana ia menceritakan Famke Somers, gimana taruhan konyol dengan teman-teman sekelas yang akhirnya bikin Andrea dan Arai menjelajah hingga Afrika dengan ngamen jadi manusia patung. Gimana kisah cinta Andrea dengan salah satu wanita Eropa tercantik di kampusnya dan direbutin seluruh kaum adam di sana. Dan itu keren banget, belum lagi momen-momen keputusasaan Andrea mengejar A Ling dibelahan dunia lain. Dan yang paling aku suka, ternyata Edensor itu beneran ada meskipun pertemuan dengan Edensor sendiri bisa dibilang ngga sengaja. Kaya seolah-olah semesta alam udah ngerencanain buat meredam kerinduan Andrea ke A ling, kesedihan Andrea ditinggal Arai ke Indonesia dengan sedikit hiburan ketemu dengan Edensor.

Buat yang belum tau, Edensor itu punya arti yang cukup krusial bagi Andrea dan A Ling, pujaan hati Andrea, bahkan bisa dibilang Edensor itu udah kaya benang merah diantara mereka berdua. Awal mulanya sebelum A Ling pergi, A Ling ninggalin buku judulnya Edensor ke Andrea a.k.a Ikal. Dari situlah tiap kali Ikal kangen A Ling dia bolak-balik baca bukunya.

O iya ketinggalan, tentang hubungan aneh Andrea dengan Weh, salah satu pelaut putus asa, yang akhirnya mengajarkan Andrea tentang rasi bintang, dan banyak hal lainnya

Sebenarnya ada buku-buku lain yang bikin aku up lagi, salah satunya Laskar Pelangi, dan trilogi Lima Menara. Pokoknya kalau kamu lagi males-malesan sekolah, kuliah, bolak-balik bilang capek kuliah mau kawin aja, atau mungkin yang lagi masa jenuh-jenuhnya sama skripsi. Buku-buku itu bisa banget jadi Holy Grail kamu, meskipun mungkin ngga semua orang suka baca sih hehehe.

Nah Moeslemates, itu tadi sekilas review singkatku tentang Edensor semoga membantu yah :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS