2694
  2017-01-19       upload.wikimedia.org

Review Film Ruby Sparks 2012

Apa jadinya seorang perempuan imajiner bisa menjadi nyata? Kehidupan seorang penulis yang jauh dari ingar bingar melahirkan kenyataan yang tidak masuk akal bahkan dirinya pun tidak bisa mempercayai kenyataan tersebut.

Deane Lene 294 views

Tentang film

Source: yifymovie.re

Rubi Sparks adalah film drama komedi asal Amerika yang resmi rilis pada tahun 2012. Film yang disutradarai oleh Jonathan Dayton dan Valerie Faris, dan naskah yang ditulis oleh Zoe Kazan ini sukses menceritakan sebuah dunia yang tidak banyak orang ketahui.

Kiprahnya sang sutradara tidak bisa dianggap sebelah mata. Kesuksesannya dalam menggarap suatu film telah terbukti pada film little miss sunshine dan beberapa film lainnya.

Sinopsis

Source: i.ytimg.com

Film ini menceritakan dunia seorang penulis dibalik kesuksesan bukunya. Segala suka, duka dan kisah percintaanya.

Calvin Weir-Fields adalah seorang novelis muda yang sedang berjuang untuk menciptakan sebuah novel pertamanya. Awalnya ia tidak memiliki ide apapun untuk bukunya hingga ia menemukan suatu hal dalam mimpinya yang begitu menarik perhatiannya.

Kepribadiannya yang introvert dan memiliki tingkat kecemasan yang tinggi membuatnya sulit mendapatkan teman kencan. Terlebih pandangannya yang idealis mempersulit jalannya untuk mendapatkan seorang teman.

Suatu waktu, Calvin memutuskan untuk mengunjugi Dr. Rosenthal. Seorang terapis yang bersedia mendengarkan seluruh cerita Calvin. Pada sesi tersebut Dr. Rosenthal memberikan tugas pada Calvin untuk menulis sebuah cerita dalam satu lembar kertas seharinya. Dr. Rosenthal tidak memperdulikan seberapa buruk kualitas tulisannya. Dr. Rosenthal hanya mengharapkan Calvin bisa mengontrol rasa cemasnya menjadi kearah yang lebih positif.

Suatu pagi saat Calvin terbangun dari tidurnya, ia langsung bergegas pergi menuju mesin tiknya untuk memulai sebuah cerita mengenai mimpinya. Calvin memimpikan seorang perempuan cantik dan membuatnya begitu memesona. Semakin Calvin menceritakan perempuan tersebut, semakin terasa begitu dekat dengan semakin membuatnya bahagia. Hingga akhirnya Calvin mencintai perempuan yang hanya ada dalam mimpinya dan juga apa yang ia ceritakan dalam bukunya.

Ketika Calvin kelelahan saat mengetik, ia tertidur didepan mesin tiknya. Pagi itu Calvin terbangun saat mendengar suara telpon berdering kencang. Ia begitu lelah hingga melupakan janjinya untuk bertemu dengan temannya. Saat Calvin bergegas untuk pergi, disaat itulah ia melihat kenyataan yang sangat mengejutkan.

Ia melihat sesosok perempuan yang selama ini hanya ada dalam mimpi dan cerita yang sedang dibuatnya. Ruby Spark, nama perempuan itu. Begitu polos dan anggun. Calvin yang begitu terkejut, seketika lari menuju lantai atas dan merasa ketakutan akan sosok tersebut yang tiba-tiba hadir dalam dunia nyata.

Kenyataan berkata demikian, Ruby akhirnya menjadi teman kencan Calvin. Ada banyak hal indah yang mereka lewatkan. Namun pada suatu waktu, Ruby bosan ketika kehidupannya begitu saja dan Ruby akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Calvin sementara waktu.

Calvin yang putus asa menggunakan segala cara agar Ruby tidak pergi meninggalkannya. Calvin mulai untuk melanjutkan cerita Ruby dalam buku tersebut. Pada saat inilah Calvin merusak hubungannya dengan Ruby. Hingga pada akhirnya Ruby mengetahui kenyataanyan dan memilih untuk pergi meninggalkan Calvin. Ruby pergi entah kemana dan Calvin merasa begitu terpukul dan merasa kehilangan.

Kehidupan Calvin kembali hampa. Namun hal yang tidak diduga-duga Calvin mendapat kejutan lainnya dibalik perasaan sedih akibat pertengkarannya dengan Ruby.

Review Film

Dari film ini aku bisa mendapatkan gambaran mengenai dunia para penulis dibalik kesuksesan karyanya. Ternyata kehidupannya aslinya tidak seindah karya-karnyannya. Banyak hal yang harus mereka korbankan termasuk kebutuhan pribadinya.

Dibalik kesuksesannya menjadi seorang penulis, Calvin memiliki gangguan kecemasan yang sangat mempersulit dirinya membangun hubungan sosial. Hingga akhirny kecemasan tersebut membentuk suatu sosok perempuan idamannya dan di dalam alam bawah sadarnya ia mengharapkan sosok tersebut dapat menjadi kenyataan.

Memang film ini tergolong fiksi karena film ini menampilkan hal yang tidak mungkin terjadi pada kenyataan. Dimana sosok perempuan imajinernya muncul di kehidupan nyata. Jika dianalogikan dalam kehidupan nyata, Calvin mengalami gangguan psikis yang cukup parah dan sangat membutuhkan bantuan para ahli. Mengapa? Karena pada kenyataanya, Calvin mengalami putus realita dan mengalami kebingungan. Jika Calvin tidak dapat mengatasinya saat itu, mungkin ia sudah benar-benar tidak mengenal dirinya sendiri dan dunia yang sedang ia jalani saat ini.

Begitu terlenannya Calvin dengan sosok Ruby membuat Calvin menjadi pribadi yang posesif. Memang wajar adanya karena Calvin hanya memiliki satu orang benar-benar mengerti kehdiupannya. Namun beberapa waktu setelahnya, Calvin menjadi sangat posesif dan mengendalikan Ruby sesuai dengan kehendaknya.

Pada suatu waktu Calvin merasa frustrasi dengan perilaku Ruby yang tidak bisa lagi ia kontrol dan pada saat itu ia memutuskan untuk mengungkapkan semua kenyataan yang selama ini ia tutupi akan kenyataan tentang kehidupan Ruby.

Harapan, cinta, frustrasi, kecemasan dan rasa kesepian yang berkepanjangan membuatnya ia hampir tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Film ini menceritakan kepada para penontonnya bahwa tidak ada seseorang pun yang mampu hidup tanpa orang lain disisinya. Walaupun seseorang terbiasa hidup sendiri, akan ada masanya ia merasa kesepian dan membutuhkan teman untuk berbicara. Memahami satu sama lain itu penting dalam membangun suatu hubungan, dewasalah.

Alur ceritanya yang begitu dinamis membuatku sangat menikmati film ini dari awal hingga akhir. Fluktuasi emosi para pemainnya pun dapat tergambarkan dengan sangat baik.

Konflik masalahnya yang hanya berpusat pada satu masalah, dan tidak begitu kompleks membuatku mudah untuk memahami cerita dengan baik tanpa harus berpikir terlalu rumit.

Para pemainnya yang sukses menyampaikan setiap emosi pada film tersebut kepada penontonya, sangat patut diberikan pujian. Karena mereka dapat menjadi pemain yang independen dengan karakternya. Dua karakter utama yang sangat bagus dan dapat terlihat independen saat memerankan karaternya membuat fokus utama para penontonnya tidak terpecahkan dengan karakter pendukungnya walaupun perat karakter pendukunya juga sama-sama kuat.

Berpusat pada masalah antara Calvin dan Ruby. Mungkin pada awalnya yang menjadi pusat masalah adalah Calvin dengan kehidupannya. Namun padasaat sosok Ruby muncul, seakan akan pusat perhatiannya akan teralihkan pada sosok Ruby. Seketika permasalahan dunia Calvin bergerak mengikuti perubahan yang ada pada kepribadian Ruby. Aku akui bahwa konflk semacam ini biasa terjadi pada sebagian besar pasangan namun pada film ini, konflik dibuat begitu ringan, padat dan cerdas.

Pada akhirnya, aku dapat melihat, mengerti dan memahami dunia dari perspektif yang berbeda. Ini tentu menjadi wawasan baru tentang bagaimana seorang penulis saat berpikir dan bekerja. Banyak penulis perlu muse . Tapi beberapa orang diantaranya bisa membuat sendiri.

Lebih penting lagi, film ini mengajarkan kita bahwa seseorang akan mencoba untuk mengontrol dan memanipulasi orang lain dalam suatu hubungan untuk mencapai apa yang kita inginkan dan apa yang kita harapkan bukan apa yang terbaik untuk keduanya. Pada bagian ini menjadi salah satu peringatan bahwa kita tidak baik ketika melakukan hal itu dalam sebuah hubungan.

Rating

Aku memberikan nilai 8.0/10. Film ini sangat aku rekomendasikan untuk kalian tonton. Buat kalian yang ingin tahu dunia para penulis seperti apa, film ini kurang lebih menggambarkannya.

Para pemain

- Paul Dano sebagai Calvin Weir-Fields
- Zoe Kazan sebagai Ruby Tiffany Sparks
- Chris Messina sebagai Harry Weir-Fields
- Annette Bening sebagai Gertrude
- Antonio Banderas sebagai Mort
- Aasif Mandvi sebagai Cyrus Modi
- Steve Coogan sebagai Langdon Tharp
- Toni Trucks sebagai Susie Weir-Fields
- Deborah Ann Woll sebagai Lila
- Elliott Gould sebagai Dr. Rosenthal
- Alia Shawkat sebagai Mabel
- Wallace Langham sebagai Warren
- Michael Berry Jr. sebagai Silverlake Passerby

Ruby Sparks Trailer 2012 Movie - Official

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS