2691
  2017-01-17       www.lifeandexperiences.com

4 Hal Utama Sebelum Ikut Program Fitness

Fitness atau Gym bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Pertimbangkan 4 hal utama berikut sebelum ikut program fitness agar tidak sia-sia.

Deane Lene 79 views

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh langsung, berat badan ideal dan tentunya sehat? Pasti kalian semua menginginkannya bukan?

Salah satu cara alternatif untuk menjaga kebugaran dan mendapatkan tubuh yang ideal, sebagian besar orang memilih untuk melakukan olahraga di dalam ruangan atau biasa disebut dengan GYM. Beberapa tahun lalu, GYM menjadi salah satu aktifitas yang digemari terutama orang-orang yang berusia 20-26 tahun.

Kesadaran yang terus meningkat akan pentingnya kesehatan membuat pusat kebugaran ini berkembang sangat pesat. Para pengelola GYM ini memberikan berbagai macam penawaran untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Moeslemates....
Walaupun ada banyak sekali penawaran yang diberikan oleh para pengelola GYM, hal tersebut tidak akan berarti besar bagi latihan kalian jika kalian tidak memiliki tujuan yang jelas. Terlebih jika kalian hanya sekedar ikut-ikutan teman saja. Berikut ini ada empat hal yang wajib kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk pergi ke GYM untuk memulai latihan:

1. Niat

Saat kalian memutuskan untuk memulai program di tempat GYM, ada baiknya kalian benar-benar memiliki niat yang kuat. Mengapa?

Ini adalah modal utama kalian untuk mendapatkan hasil akhir yang kalian inginkan. Jika kalian tidak memilki niat yang kuat, maka sehalana akan sia-sia sebab kemungkinan besar, kalian akan berhenti di tengah jalan.

Kerugian yang akan kalian dapatkan lainnya adalah uang. Bergabung menjadi member membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi bisa kalian bayangkan kan jika kalian sudah memutuskan untuk bergabung dengan menghabiskan uang yang cukup banyak tetapi kalian berhenti di tengah jalan?

Bukannya hasil akhir yang kalian idam-idamkan bisa kalian dapat, justru sebaliknya. Kalian tidak akan mendapatkan apa-apa selain kerugian yang cukup besar.

Selain kerugian tersebut, niat sangat penting dipikirkan dan terus di jaga agar kalian bisa terus menjaga fokus latihan. Menjaga fokus latihan yang berasal dari niat bisa kalian alokasikan dengan menentukan jadwal latihan, target jangka pendek dan menengah. Buatlah target-target tersebut terus berkembang hingga kalian merasa bahwa target utama kalian telah tercapai.

2. Tujuan

Source: www.foreo.com

Sebelum membuat keputusan utnuk memulai bergabung dan latihan pada pusat kebugaran, ada baiknya kalian menentukan tujuan atau hasil akhir apa yang kalian inginkan.

Tujan akhir yang jelas, membuat kalian yakin bahwa keputusan kalian untuk bergabung dengan pusat kebugaran tersebut adalah suatu hal yang tepat. Selain itu dengan tujuan yang jelas juga akan mempermudah kalian menentukan program latihan.

Jika pada kondisi ini kalian telah mengetahui tujuan akhirnya namun tidak mengetahui langkah untuk pencapaiannya, ada baiknya kalian melakukan konsultasi dengan para instruktur yang ada disana untuk mendapatkan program pelatihan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan tentunya akan menunjang tujuan akhir yang sudah kalian tetapkan diawal.

Jika kalian enggan untuk berkonsultasi, ada baiknya kalian mencari tahu sendiri program latihan apa yang tepat untuk menunjang tujuan akhir yang kamu harapkan.

3. Pilih yang pas

Tidak ada salahnya untuk survey harga, tempat, program pelatihan, instruktur, fasilitas dan lain sebagianya. Ternyata ini juga menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan.

Kalian tidak ingin kan uang yang sudah kalian keluarkan tidak sesuai dengan apa yang kalian harapkan? Cermat ya sebelum memutuskan.

Selain itu kalian juga harus menyesuaikan budget yang kalian miliki ya. Jangan sampai kalian memaksakan keuangan demi tempat fitness yang bergengsi namun tidak cocok dengan kalian.
Ada baiknya kalian menggunakan kesempatan free trial untuk mencoba fasilitas dan jasa instruktur terlebih dahulu.

Selain masalah diatas, ada baiknya kalian juga menyesuaikan tempat dan jarak tempuhnya ya. Ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang memperkuat motivasi kalian loh. Bayangkan jika tempatnya yang jauh dan harus macet-macetan dijalan? Pasti kalian enggan untuk sering datang ketempat tersebut.

4. Perlukah bantuan personal trainer?

Mungkin ada baiknya pada saat pertama kali memulai program latihan, ada baiknya kalian menggunakan jasa personal trainer. Mengapa?

Selain membantu kalian untuk mengoprasikan alat-alat fitnesnya, kalian juga akan diberikan program latihan yang cocok dan tepat untuk mencapai tujuan akhir kalian. Selain itu personal trainer juga akan membantu kalian mengarahkan pemanasan dan pendinginan yang tepat dalam program latihan kalian agar tidak mengalami cedera saat atau pasca latihan. Keberadaan personal trainer ini juga sangat membatu untuk menjaga latihan kalian agar konsisten sehingga bisa mencapai target yang sudah ditetapkan saat awal mulai latihan.

Jika kalian sudah merasa bisa segalanya, dan mengetahui program apa yang tepat, tidak menggunakan jasa personal trainer pun menjadi masalah.


Nah itu tadi empat hal yang perlu kaian pertimbangkan saat ingin memulai program latihan di tempat kebugaran agar apa yang kalian harapkan tidak hanya menjadi sebuah harapan saja.

Memiliki pola hidup yang sehat memang tidak mudah dan membutuhkan usaha yang lebih termasuk menjaga pola makan. Jadi ada baiknya jika kalian menginginkan pola hidup yang lebih baik, hal utama yang harus kalian miliki adalah komitmen. Jika kalian sudah memiliki komitmen, segala hal yang akan kalian lakukan kedepannya terasa jauh lebih mudah dan terasa ringan.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS