2670
  2017-03-23    

In Between, Brand Fashion Lokal Yang Mengangkat Kain Tradisional Menjadi Ekspresi Identitas Diri

Brand fashion lokal yang mengusung kearifan budaya dan kain tradisional

Marta Marselina 77 views

Penampilanmu, Ekspresi Identitasmu
Source: @in_betweendesign

InBetween Terinspirasi dari Calalai

Brand Inbetween Adalah brand fashion lokal terbaru oleh designer yang bernama Nisha. Nisha Terinspirasi membuat Inbetween setelah menonton sebuah film dokumenter yang berjudul "Calalai: In Betweenes" yang bercerita tentang nilai-nilai kearifan mengenai cara hidup masyarakat bugis di Sulawesi Selatan. Calalai adalah perempuan yang berpenampilan seperti laki-laki, sebagai salah satu dari lima gender yang diakui dalam budaya bugis tradisional.

Filosofi Calalai ini yang menjadi inspirasi bagi Nisha, bahwa budaya calalai ini sudah terjadi sejak ratusan tahun yang merupakan salah satu bentuk ekspresi identitas yang ada di Indonesia dan telah memberi warna berbeda sehingga hidup dan manusia tidak hanya hitam putih namun berwarna warni.

Konsep Design yang Asimetris

Bagi InBetween, penampilan adalah kulit sosial yang membawa pesan dan gaya hidup yang merupakan bagian dari kehidupan sosial dan menunjukkan ekspresi identitas. Pakaian tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia. Hal itu yang akhirnya dituangkan pada konsep design pakaian Inbetween yaitu dengan model yang beragam dan asimetris. Inbetween menunjukkan bahwa fashion boleh di eksplore sebebasnya karena tidak ada batas dan untuk tampil sempurna tidak harus sama.

Saat ini Inbetween menggunakan material lokal seperti kain lurik dan tenun yang menonjolkan adat budaya dari suku-suku di Indonesia. Untuk kedepannya Inbetween akan mengeksplor kain-kain dari suku di seluruh Indonesia seperti batik, songket dan lainnya, tentunya dengan design yang dapat menunjukkan Ekspresi Identitas yang memakainya.

How to Order?

Bagi Moeslemates yang ingin memiliki salah satu koleksi dari Inbetween bisa langsung memesannya di media sosial instagram @in_betweendesign. Moeslimates juga bisa request baju yang sesuai dengan ekspresi identitas ini langsung dengan Nisha, designer dan owner InBeetwen.

Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS