2660
  2017-01-17       id.pinterest.com

Mengulik Indahnya Masjid Agung Jawa Tengah

Penasaran dengan masjid perpaduan dari 3 etnik ini? Yuk, simak di artikel berikut ini!

Syanin Ss 57 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Beberapa waktu lalu aku sempat pelesiran ke daerah Jawa Tengah dan mengunjungi beberapa kota disana. Salah satunya Semarang, berhubung saat sampai disana sudah menjelang magrib, jadi sekalian aja solat magrib disalah satu masjid paling tersohor di Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjidnya sendiri megah dan indah banget, perpaduan antara tiga perpaduan etnik yaitu, Arab, Jawa, dan Romawi. Unsur Jawanya ada pada atap masjid yang berbentuk limas ditambah dengan style masjid arab yang memiliki kubah besar diujungnya dengan 4 menara dan tiang-tiangnya, belum lagi payung besar khas masjid Nabawi bisa kamu rasakan langsung di masjid ini, sedangkan unsur romawinya didapat pada 25 pilar bergaya koloseum Athena disertai hiasan kaligrafi ditiap pilarnya.

Penasaran siapa arsitek hebat dibalik kemegahan Majid Agung Jawa Tengah ini? Jawabannya adalah Bapak Ir. H. Famani, beliau berhasil memenangkan sayembara desain arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah saat awal perancangan masjid ini.

Jadi masjid ini mulai dibangun pada tahun 2001. Tapi baru selesai keseluruhannya sekitar 6 tahun kemudian, dan diresmikan oleh Bapak mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 14 November 2006.

Source: Photo © Syanin_

Dan yang bikin kerennya lagi, di dalam masjid terdapat al-quran super gede yang dipajang di pintu masuk masjid. Di tengah-tengah masjidnya sendiri juga ada lampu berbentuk lingkaran yang menghiasi langit-langit masjid.

Source: Photo © Syanin_

Tempat wudhunya juga bersih dan rapih. Tapi ada satu hal yang disayangkan, dengan masjid yang besar dan pengunjung yang lumayan banyak, tapi jamaah solatnya tidak sebanyak yang seharusnya, tidak jarang terlihat ada beberapa orang yang lebih memilih untuk berselfie ria dibeberapa sudut atau mengerumun dibanding melaksanakan solat berjamaah.

Source: Photo © Syanin_

Sayang aku ngga sempet banyak foto, itu juga hasil jepretan yang bener-bener seadanya banget. Selain itu, saat aku datang posisi payung besar khas masjid Nabawinya juga lagi ngga dibuka. Dan beberapa fasilitas lainnya sudah tutup karena aku sampainya terlalu larut. Jadi ngga banyak spot yang bisa di foto juga.

O iya buat yang ingin berkunjung kesini Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi di Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613.

Nah Moeslemates itu tadi sekilas keindahan Masjid Agung Jawa Tengah. Buat kamu yang lagi berkunjung ke daerah Semarang bisa langsung ke masjid satu ini untuk merasakan sendiri nuansa percampuran tiga etnisnya :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS