2647
  2017-01-25       dokumentasi pribadi

Gulai Ikan Dengan Cita Rasa Berbeda

Terkadang saat mencicipi gulai ikan, aroma amis masih terasa saat akan menyantapnya. Namun bila kita makan ikan di Gulai Kepala Ikan Mas Agus akan berbeda ceritanya.

Novia Causal 112 views

Dear Moeslemates, bagi para pecinta ikan pasti tidak asing dengan menu Gulai Kepala Ikan. Gulai Ikan mudah ditemui di restoran seafood, rumah makan padang, bahkan warung tegal (warteg) juga menyediakan menu Gulai Ikan. Selain daging ikan yang lembut dan enak disantap, ada juga bagian lain yang tak kalah nikmat untuk dicicipi. Yaitu bagian kepalanya.

Menikmati kepala ikan, menimbulkan keasikan tersendiri bagi sebagian orang. Memilah dan memilih daging disela-sela tulang ikan dengan bumbu nya yang meresap menjadi sensasi makan ikan tersendiri moeslemates. Kepala ikan biasanya dimasak bumbu Gulai, bumbu tomyam, bumbu rujak, dimana intinya konsumen dapat 'mensruput' daging atau lemak ikan yang terdapat disela-sela kepala ikan.

Salah satu restoran yang khusus menyajikan masakan kepala ikan yaitu Gulai Kepala Ikan Mas Agus. Awalnya resto ini muncul di kota Solo. Ownernya yang bernama Liesmia Harwanto sukses mengolah kepala ikan menjadi masakan yang berbeda dari gulai kepala ikan lainnya. Biasanya saat makan kepala ikan di restoran padang, kepala ikan disajikan dalam bumbu gulai yang kental dan berlemak. Namun di Gulai Kepala Ikan Mas Agus ini, gulai kepala ikan dimasak dengan bumbu tengkleng khas Solo. Bila moeslemates jalan ke kota Solo, terdapat masakan khas Solo bernama Tengkleng yang terbuat dari tulang-tulang pada badan kambing dengan kuah gulai yang bening. Nah kuah ini lah yang diadaptasi oleh mbak Lies menjadi kuah Gulai Kepala Ikan nya.

Source: kokimasak.com

Logo Resto Gulai Kepala Ikan Mas Agus

Gulai Kepala Ikan dan Tomyam Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan Mas Agus memiliki banyak menu. Tak hanya ikan, namun juga ayam, udang,cumi, nasi goreng dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun termasuk terjangkau. Mulai dari 20 ribu moeslemates bisa mencicipi aneka olahan ikan dan seafood khas resto ini. Menu lengkapnya, moeslemates dapat melihatnya di bawah sini.

Menu andalan resto ini tetap fokus pada olahan kepala ikan yakni Gulai Kepala Ikan dan Tomyam Kepala Ikan. Perbedaannya terletak pada bumbunya moeslemates. Gulai Kepala Ikan lebih ke rasa gurih, manis sementara Tomyam Kepala Ikan lebih ke rasa gurih, asam, pedas. Aroma amis yang biasanya identik ada pada ikan tidak tercium sama sekali. Tertutup oleh aroma kemangi, ketumbar, dan laos yang sangat nikmat. Kuahnya juga berbeda dengan kuah Gulai lainnya, bening dan tanpa lemak. Patut untuk dikunjungi kembali.

Daging ikannya lembut dan ngga amis, kuah gulenya ringan dengan sedikiiit sekali santan, jadi mirip tengkleng. Bagian kepala ikannya juara lebih seru lagi soalnya mata ikannya masih lembut, enak disesep-sesep
Source: zomato.com
Source: dokumentasi pribadi

Tomyam Kepala Ikan

Source: dokumentasi pribadi

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan Mas Agus Lebakbulus

Gulai Kepala Ikan Mas Agus pada awal berdirinya memang hanya ada di kota Solo. Namun sekarang sudah ada 45 gerai di seluruh Pulau Jawa. Hal ini sengaja dibuat oleh pemiliknya supaya penikmat ikan tidak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmati masakan ini. Nah khusus moeslemates yang berdomisili di Jabodetabek bisa cicipi salah satu gerai yang ada di Jalan Lebakbulus I No.56 Cilandak, Jakarta Selatan. Konsep resto ini mengusung tema outdoor. Resto ini gabung dengan beberapa resto-resto lainnya dengan menu yang berbeda-beda. Ya bisa disebut dengan foodcourt. Jadi bila ingin mencicipi masakan dari resto lain, moeslemates dapat dengan mudah bergeser ke resto lainnya.

Source: dokumentasi pribadi

Konsep outdoor

Source: dokumentasi pribadi

Gerai Gulai Kepala Ikan Mas Agus

Source: dokumentasi pribadi

Area Parkir Luas

Berhubung areanya semacam foodcourt, salah satu kelemahan resto ini apabila kita membawa keluarga akan sedikit kesulitan mendapatkan kursi dikarenakan kursi yang disediakan hanya sedikit. Untuk parkir sangat luas, jadi tidak usah khawatir tidak mendapatkan parkir. Jam buka resto ini mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Namun tak jarang pukul 19.00 sudah habis, jadi idealnya ke sini saat makan siang atau makan sore yah moeslemates.

Sekian pembahasan saya tentang Gulai Kepala Ikan Mas Agus. Semoga bisa membantu moeslemates semua yang membutuhkan ide untuk makan siang atau menghabiskan akhir pekan.

Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband

no comments

Follow Moeslema on SNS