2636
  2017-01-17       www.timothywibowo.com

4 Bahaya Dibalik Sulitnya Memaafkan

Kata maaf yang hanya terucap dari mulut saja tetapi tidak disertai dengan ketulusan yang menyertainya ternyata berbahaya loh!

Deane Lene 430 views

Meminta maaf dan memaafkan adalah dua perilaku yang berbeda tetapui memilki tingkat kesulitan yang hampir sama. Bagi sebagian besar orang meminta maaf adalah suatu hal yang tidak menyenangkan dan mereka cenderung menganggap bahwa perilaku meminta maaf adalah suatu perbuatan yang merendahkan dirinya.

Pada kenyataannya kedua perilaku tersebut bernilai sangat mulia namun nilai tersebut bergeser karena adanya perasaan gengsi atau menganggap dirinya selalu benar.

Ketika kalian berpura-pura untuk memaafkan seseorang hanya karna berharap bahwa pada akhirnya semua akan kembali seperti biasa atau hanya ingin terlepas dari masalah tersebut adalah suatu keputusan yang salah. Karena pada saat kalian berpura-pura, kalian tidak menyertakan ketulusan untuk memaafkan kesalahan seseorang. Hal ini tentunya akan berdampak pada diri sendiri dan memungkinkan untuk timbulnya berbagai macam gangguan baik secara fisik maupun secara psikis.

Berdasarkan beberapa jurnal hasil penelitian, terdapat empat masalah yang sering terjadi dan memilki bahaya yang cukup mengancam kehidupan seseorang baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Berikut penjelasannya:

1. Merasa tetep memiliki masalah

Alam bawah sadar tidak dapat ditipu dari sebuah ucapan. Kalian tetap akan menyimpan kenangan yang tidak menyenangkan tentang suatu perbuatan yang dilakukan oleh orang tersebut. Alhasil kalian tidak akan pernah merasakan kebahagiaan. Sebab, secara tidak langsung kalian akan menyimpan rasa tidak menyenangkan tersebut dan akan berubah menjadi dendam.

Ketika kalian berhubungan dengan suatu moment, kejadian atau harus berurusan dengan orang tersebut, mungkin rasa sakit hati tersebut akan kembali muncul dan terus meningkat karena sugesti negatif yang kalian kembangkan setiap waktunya.

2. Timbul gangguan fisik dan psikis

Source: mamabee.com

Ketika kalian merasa permasalahan dimasa lalu belum selesai dan kalian lebih memilih untuk menyimpannya maka hal ini akan berdampak pada kesehatan kita loh. Tidak hanya kesehatans secara fisik tetapi secara psikis pun tidak terhindar dari serangan tersebut.

Saat kalian dendam dan merasa begitu marah pada seseorang maka tekanan darah akan meningkat dan otot pun akan menengang. Kondisi ini menjadi mainfestasi terjadinya gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala berkepanjangan dan serangan jantung.

Secra psikis kalian akan terus mengembangkan perasaan tidak suka pada seseorang yang berdampak timbulnya rasa cemas, tidak percaya terhadap orang lain secra berlebihan dan terganggunya hubungan sosial akibat penarikan diri dari lingkungan. Hal ini tentunya sangat merugikan diri kalian sendiri.

3. Trauma

Ketika kalian belum bisa memaafkan orang lain tentunya secara tidak langsung akan menimbulkan perasaan tidak menyenangkan saat memulai hubungan baru dengan orang lain. Sebab kalain masih menyimpan rasa takut dan berkembang seiring berjalannya waktu semakin membesar. Selain itu dalam keadaan ini juga seseorang akan menilai orang lain dari sisi negatifnya terlebih dahulu. Tidak jarang mereka yang mengalami trauma sosial ini sulit memiliki teman.

Besarnya rasa takut ini adalah mainfestasi dari trauma. Trauma sosial dalam kondisi berat bisa menyebabkan penarikan diri dari lingkungan dan tidak menutup kemungkinan mengakibatkan seseorang menjadi depresi akibat perasaan cemas yang berlebih terhadap orang lain.

4. Depresi

Source: heartworks.my

Sulitnya memaafkan membuat pikiran kita selalu memunculkan nilai-nilai negatif terhadap orang lain sehingga kalian akan terus menerus merasa tidak bahagia karenannya. Terlebih ketika kalian menyadari bahwa orang yang membuat kalian kesal memiliki kehidupan yang lebih baik daripada kalian.

Kesimpulan

Dalam sebuah hubungan dengan orang lain tentunya tidak selamanya berjalan dengan baik. Ada kalanya tidak sepaham dan memicu timbulnya suatu perasaan tidak suka. Sebelum kalian memutuskan untuk membencinya dan tidak memaafkannya, ada baiknya kalian melihat orang lain dari sisi positifnya terlebih dahulu. Pahami orang lain sebagaimana kalian ingin orang lain memahami kalian. Kembangkanlah sikap toleransi pada diri kalian agar kalian terhindar dari perasaan dendam, benci dan segala penyakit hati lainnya.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS