2635
  2017-01-27       www.tipsiana.com

8 Bahaya Minum Air Es Yang Wajib Kamu Ketahui

Menurutmu, air es yang dikonsumsi secara terus menerus baik tidak ya untuk kesehatan? Kroscek dulu yuk dengan membaca artikel di bawah ini.

Lidya O. 413 views

Halo Moeslemates! Buat kamu yang suka banget minum air dingin, yuk diperhatikan beberapa poin di bawah ini. Ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat tubuhmu jadi tidak sehat lho dengan meminum air dingin.

1. Membuat Usus Sempit

Source: rockingmama.id

Kalau kamu minum air es setiap hari bisa-bisa ususmu jadi sempit karena suhu yang dingin akan membuat pembekuan partikel lemak dan minyak pada makanan berminyak yang kita konsumsi lho. Misalnya, saat kita habis makan makanan berminyak lalu kita minum air es. Kalau ini dibiarkan terus, proses pencernaan pun akan terganggu.

2. Perut Jadi Buncit

Air es ternyata bisa membuat perut buncit karena saat proses pencernaan dibutuhkan bantalan lemak yang nantinya akan membuat air es menjadi hangat. Semakin banyak mengkonsumsi air es maka semakin banyak pula bantalan lemak yang dibutuhkan. Lemak pun pasti akan menumpuk di perut hingga jadilah buncit. Kalau sudah seperti ini yang harus dilakukan adalah membakar lemak dengan berolahraga teratur dan diet sehat.

3. Kembung dan Begah

Air es tidak hanya mampu membuat perutmu buncit tetapi juga kembung dan begah. Alasannya adalah karena air es akan membuat suhu perut menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Es mengubah irama organ pencernaan di dalam perut sehingga selaput lendir yang ada di lambung berkontraksi. Dampaknya bisa membuat perut menjadi keram dan enzim di dalam saluran pencernaan dan cairan asam langsung melakukan reaksi dengan cara mengeluarkan gas.

4. Bahaya Setelah Berolahraga

Source: benzano.com

Hal yang mungkin jarang disadari oleh kita adalah saat berolahraga panas-panasan, kita malah asyik minum air dingin setelahnya. Namun tahukah kamu jika kamu melakukan hal ini secara terus-menerus bisa membuat proses metabolisme tubuhmu terganggu. Pembuluh darah menyempit, aliran darah pun tidak lancar. Dari cuaca yang panas menjadi kaget dengan meminum air dingin bisa membuat keram otot perut. Keadaan seperti ini bisa membuat perutmu kejang dan otot jantung terganggu.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala juga bisa diakibatkan dari terlalu seringnya kita meminum air dingin. Hal ini dikarenakan proses metabolisme yang terganggu membuat syaraf di pusat otak belum siap menerima perubahan suhu yang terjadi di dalam tubuh.

6. Otak Membeku

Saat kamu mengkonsumsi air dingin secara terus-menerus dan berlebihan maka efek yang terjadi pada otakmu adalah mengalami pembekuan. Karena aliran darah menuju otak akan semakin cepat sehingga muncul pusing sesaat yang lama kelamaan akan menjadi pembekuan otak.

7. Membuat Tubuh Tidak Nyaman

Air hangat sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan. Sebaliknya, air dingin sangat tidak direkomendasikan. Air dingin yang masuk ke tubuh justru akan membuat proses panas dalam proses pencernaan jadi terganggu. Rasa t idak nyaman akan kamu alami seperti gejala penyakit maag. Oleh karena itu untuk penderita maag sebaiknya hindari meminum air dingin terlalu banyak.

8. Haus Berlebihan

Minum air es memang menyegarkan. Apalagi saat di cuaca panas. Tapi tahukah kamu bahwa air dingin ternyata mampu membuat orang jadi semakin haus karena cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap sempurna. Sehingga wajar sekali jika tubuh mudah kehilangan cairan. Ah, saya jadi ingat almarhum Ayah saya juga suka banget minum air es dan soda dalam keadaan dingin. Ini sangat bahaya lho Moeslemates bagi penderita diabetes.

Simpulan yang dapat saya sampaikan di sini adalah jika ingin merubah pola hidup sehat mulailah dari mengganti minummu dengan air putih yang tidak dingin ya Moeslemates. Walaupun terlihat sepele, jika kebiasaan minum air dingin tidak dihentikan dari sekarang efeknya akan sangat berbahaya di masa depan. Sama seperti kasus almarhum Ayah dan nenek saya yang suka banget minum air dingin. Sebisa mungkin konsumsi lebih banyak air sedang/hangat setiap hari.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS