2622
  2017-01-16       infokuberita.com

12 Manfaat Psikologis dan Ilmiah Memelihara Kucing

Simak yuk manfaat secara psikologis dan kesehatan buat kamu yang punya kucing di rumah.

Lidya O. 536 views

Apabila seorang anak turut andil dalam merawat dan menjaga si kucing, maka dia pun akan lebih ekspresif dan merasakan emosi positif dan kesehariannya bermain dengan menyentuh bulu halus kucing.
Source: Drh Angela

Memelihara hewan peliharaan sama dengan memiliki adik, keponakan, anak dan saudara yang akan menjadi tanggung jawab kita. Mulai dari makanannya, jika tiba-tiba ia sakit, atau pun meninggal. Namun, di balik semua yang kata orang "repot", ada beberapa manfaat menarik yang bisa kita bahas kali ini secara psikologis maupun kesehatan. Simak yuk!

1. Mengurangi Kecemasan

Tingkat kecemasan yang berlebihan terkadang bisa membuat seseorang lebih mudah terserang panik. Namun tahukah kamu bahwa dengan memelihara kucing kamu bisa menurunkan kadar kepanikan atau kecemasan yang berlebihan? Yap, efek menenangkan dari memelihara kucing didapatkan setelah membelai tubuhnya yang halus.

2. Memperbaiki Mood

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan memelihara kucing akan memperbaiki mood seseorang dan tetap menjaganya dalam kondisi yang baik. Termasuk berinteraksi dengan si meong.

3. Mengurangi Stres

Banyak kerjaan, tekanan dari bos, berantem dengan teman membuat kamu nggak bisa lagi fokus untuk menenangkan diri sendiri. Begitu pulang dari kantor, si empus sudah nongol duluan menantikan kehadiran kamu. Hilang deh stresnya! Apalagi si empus manjanya minta ampun. Ternyata, kehadiran seekor kucing bisa membantu kamu menenangkan dan menjaga kestabilan emosi lho.

4. Meringankan Autisme

Selain bisa menenangkan dari perasaan cemas dan stres, memelihara kucing juga bisa menjadi solusi terapi untuk meringankan communication disorder sekelas autisme. Bahkan kabarnya terapi ini dinilai cukup efektif.

5. Memanjangkan Umur

Orang yang memelihara kucing diyakini mampu memiliki umur panjang. Terlepas dari benar atau tidak, secara logika sih masuk akal juga ya kalau kita bisa hidup tenang, tidak mudah gelisah dan bisa berpikiran positif terus karena keberadaan si empus itu.


6. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Source: penyakit.id

Menurut sebuah studi di University of Minnesota di AS, Dr. Adnan Qureshi mengatakan bahwa dengan membelai kucing ternyata bisa menurunkan resiko pengembangan penyakit kardiovaskular.

7. Mengurangi Penyakit Pernapasan

Biasanya, orang yang terkena penyakit pernapasan termasuk asma selalu dijauhkan dari kucing dengan alasan karena kucing membawa penyakit dan bisa memperburuk keadaan. Tapi rupanya memiliki kucing pada usia dini dapat membantu mencegah mereka mengidap asma lewat sentuhan antara anak dan kucing.

8. Dengkuran Kucing Membantu Atasi Sakit Tulang, Tendon dan Otot

Kalau yang satu ini saya sudah membuktikannya. Dengkuran kucing saat tidur mampu menenangkan untuk therapeutic di tulang dan otot manusia. Hal ini terkait dengan frekuensi getaran yang berkisar dari 20-140 Hz. Kebetulan saya lebih senang kalau terapinya dilakukan di daerah bawah ketiak dan bagian dada juga perut. Beberapa kali sempat memeluk kucing saya dalam keadaan ia tertidur pulas, saya pun jadi ikut ketiduran. Sejak saat itu, asma saya tidak pernah lagi kambuh.

9. Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Orangtua identik dengan penyakit stroke. Tapi tahukah kamu jika di sebuah penelitian mendapati bahwa memelihara kucing bisa mengurangi resiko terkena stroke. Jadi, waktu masih muda bisa banyak meluangkan waktu untuk bermain dan memelihara kucing. Awal yang baik, bukan?

10. Menurunkan Kolesterol

Lagi-lagi di sebuah penelitian tahun 2006 menunjukkan bahwa memelihara kucing sebenarnya bisa mendatangkan manfaat dalam menurunkan kolesterol daripada mengkonsumsi obat-obatan.

11. Meningkatkan Fungsi Sistem Imun

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS