2619
  2017-01-08       www.deyaza.com

Pentingnya Menjaga Kebersihan Rambut untuk Muslimah Berhijab

Cantik tapi kok kerjaannya garuk-garuk kepala? Enggak banget!

Official Moeslema Team 350 views

Assalaamu'alaikum Moeslemates

Pernahkan kalian mendengar pepatah "Kebersihan Sebagian dari Iman" ?
Jika pernah, kali ini kami akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan kebersihan. Sama seperti judulnya, kami ingin membahas soal pentingnya menjaga kebersihan rambut khususnya kebersihan rambut untuk muslimah berhijab.

Seperti yang kita ketahui, rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Layaknya sesuatu yang langka dan mahal, mahkota ini tidak boleh dilihat sembarang orang. Menurutmu seberapa penting menjaga mahkota ini tetap bersih? Kenapa sih perlu aga kebersihan rambut?

Tertutup Bukan Berarti Tidak Perlu Dirawat

"Ah ga usah rajin-rajin bersih-bersih rambut, cuci rambut seminggu sekali cukup kok. Siapa juga yang liat?"

Hayo siapa yang sering begini?
Yuk mulai berubah moeslemates!

Rambutmu perlu dicuci karena meskipun tertutup, bukan berarti tidak terjadi penumpukan kotoran. Belum lagi polusi yang tertahan di rambut dan minyak-minyak serta keringat ang kita produksi secara alamiah. Kebayang ga sih penumpukan kotoran yang terjadi kaya apa? Hiiy!

Melindungi Kulit Kepala

Alasan utama kenapa kamu harus menjaga kebersihan rambut adalah untuk melindungi kulit kepala dari berbagai debu dan kotoran. Kulit kepala sama seperti kulit wajah, harus rajin dibersihkan dan jangan sampai ada penumpukan kotoran agar rambutmu tumbuh sehat dan terawat.

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menimbulkan kerotokan pada rambut. Kalau dibiarkan, kamu bisa mengalami kebotakan permanen loh!

Mencegah Kerusakan Rambut

Dengan kondisi cuaca seperti di Indonesia dan berbagai aktifitas yang kamu miliki, mungkin rambutmu butuh perawatan lebih dari sekedar membersihkan rambut. Selain membersihkan rambut dan kulit kepala, beberapa produk dipasaran diformulasikan untuk mencegah kerusakan rambut. Jadi kalau bisa mebersihkan sekaligus merawat rambut, kenapa tidak?

Menunjang Penampilan, Khususnya Dihadapan Suami

Kembali ke poin pertama, biarpun tertutup bukan berarti tidak terawat yaa moeslemates. Kalau rambutmu bersih, kamu bisa nyaman berhijab kaapun dan dimana pun.

Selain itu untuk kamu yang sudah memiliki suami, masa siih kita merawat wajah saja? Kasian dong kalau suami melihat kita di rumah dengan keadaan yang kumel, rambutnya minyakan, lepek, belum lagi tidak wangi?

Mempengaruhi Mood

Percaya atau tidak, badan yang bersih, termasuk rambut dan kulit kepala akan mempengaruhi moodmu moeslemates.

Kok bisa?
Jelas bisa. Jika kamu selalu menjaga kebersihan badan secara teratur, kuman dan bakteri akan memiliki sedikit peluang untuk menempel di badanmu. Ini yang akan membuatmu merasa tetap nyaman dan bebas bergerak dan bebas berhijab apapn kondisi cuaca disekitarmu. Belum lagi, produk perawatan tertentu memiliki wangi yang tahan seharian dan wanginya bisa membantumu lebih semangat menjalani hari.
Setidaknya, wanginya bisa membantumu saat kamu sedang mengalami "bad day".

Menambah Rasa Percaya Diri

Nyaman dengan dirimu bisa memiliki dampak lain loh moeslemates. Yap, lebih percaya diri!

Percaya diri pada dasarnya dimulai dari diri sendiri. Penampilan dan kemampuan seseorang sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Dengan menjaga kebersian rambut, kamu tidak akan merasa gatal di kepala dan garuk-garuk tidak jelas di moment berhargamu kan?

Kebayangkan sekarang kenapa kamu harus menjaga kebesihan rambutmu?

Memastikan Rambut agar Bekerja Sesuai dengan Fungsinya

Source: www.occupy.com

Dari sisi medis, rambut memiliki fungsi untuk menjaga kepala dan isinya dari tempratur panas dan dingin yang berlebihan. Kalau rambutmu saja tidak sehat, lantas bagaimana caranya rambut menjalankan fungsinya dengan baik?

Allah SWT Mencintai Kebersihan

Alasannya masih kurang? Coba baca hadist yang satu ini...

”Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi.” - HR. Tirmidzi

Selalu menjaga kebersihan rambut bisa jadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa cintamu ke Allah SWT loh moeslemates. Yap sesederhana itu untuk menunjukkan kamu bersyukur atas rezeki yang kamu miliki, pembuktian bahwa kamu mampu menjaga rezeki yang kamu miliki, sekaligus melakukan hal yang Allah SWT cintai :)

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS