2613
  2017-01-16       cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Waspadai 4 Ciri Dehidrasi dan Sadari Bahayanya!

Jangan sepelekan dehidrasi! Dalam kondisi terburuk, dehidrasi bisa berujung kematian loh.

Deane Lene 52 views

Sering kali kita mengabaikan rasa haus dengan alasan malas untuk pergi ke kamar mandi jika meminum banyak air. Kebiasaan ini seringkali terjadi pada sebagian besar diantara kalian yang sedang melakukan perjalanan jauh. Pada kenyataanya hal tersebut tidak baik dilakukan karena pada saat seseorang menunda untuk minum saat haus, tubuh akan mengalami kekacauan dalam fungsinya. Pada dasarnya, sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Air sangat berperan penting dalam sirkulasi darah dan fungsi organ vital pada tubuh.

Kekuarangan cairan dalam tubuh biasa kita sebut dehidrasi. Dehidrasi memiliki tingkatan tertentu. Tentunya dalam hal ini pula dehidrasi memiliki dampak serius yang tidak bisa disepelekan. Untuk tahu mengenai dehidrasi, simak penjelasannya di bawah ini ya.

Ciri-ciri dehidrasi

Jika kalian masih belum mengetahui apa saja ciri-cirinya ketika seseorang mengalami dehidrasi, berikut 3 tingkatan dehidrasi beserta ciri-cirinya:

1. Dehidrasi ringan

Source: img.okezone.com

Terjadinya penurunan cairan dalam tubuh kurang dari 5% berat badan. Biasanya, kalian akan merasa haus yang berkepanjangan. Selain itu bibir kalian akan terasa kering, warna urine lebih pekat dan cenderung merasa lemas walaupun tidak sedang melakukan aktifitas fisik yang berlebihan.

2. Dehidrasi sedang

Pada tahap ini terjadi penurunan cairan sebanyak 5-10% dari berat badan. Itensitas buang air kecil terbilang jarang, bibir kering dan pecah-pecah, bagian sekitar mata lebih cekung dan tentunya kekenyalan kulit akan berkurang secara drastis.

3. Dehidrasi berat

Source: pinkkorset.com

Pada tahap ini kalian harus benar-benar waspada. Penurunan cairan tubuh antara 10-15% dari berat badan. Hal ini akan berdampak sangat terasa ketika kalian mencoba untuk bernapas. Pernapasan kalian pada kondisi ini akan terasa cepat dan dalam namun kalian tidak mendapatkan apapun untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Kemudian ciri pada kulit yang mengalami dehidrasi pada tahap ini akan menurun tingkat elastisitasnya. Ketika kalian mencubit, maka bagian kulit tersebut tidak akan kembali pada kondisi normal seperti sebelumnya secara cepat. Tubuh pun terasa sangat lemas dan tingkat kesadaran akan menurun drastis. Denyut nadi juga akan mengalami peningkatan drastis. Dalam kondisi yang sangat parah, seseorang akan mengalami halusinasi terlebih pada saat mereka berada di lingkungan yang dingin.

Bahaya dehidrasi

Moeslemates....
Dehidrasi adalah suatu hal yang tidak bisa kalian anggap enteng dan sepele. Dalam banyak kasus dari jurnal kesehatan mengatakan ada bahaya terbesar dari dehidrasi terlebih untuk seseorang yang telah mengalami dehidrasi berat. Dihimpun dari berbagai jurnal kesehatan, berikut bahaya dan kemungkinan yang akan terjadi pada diri kalian jika mengalami dehidrasi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gangguan fungsi otak

Seseorang yang mengalami dehidrasi akan menemukan kesulitan dalam berkonsentrasi bahkan tidak dapat berkonsentrasi sama sekali. Selain itu karena otak adalah salah satu organ vital dan motor utama penggerak seluruh bagian tubuh, tentunya jika otak kekurangan salah satu nutrisinya pasti akan berdampak pula dengan organ lainnya. Termasuk pada gerakan motorik. Karena fungsi otak terganggu maka salah satu dampaknya terjadi kesulitan untuk menggerakan anggota tubuh atau bisa jadi antara apa yang diinginkan tidak sesuai dengan apa yang dilakukan akibat terjadinya kekacauan antara implus dengan reflek.

2. Organ dalam terganggu

Source: warohmah.com

Kekurangan cairan bisa menyebabkan kerja organ-organ dalam tubuh terganggu sehingga dampak terburuknya adalah organ-organ tersebut mengalami kerusakan. Kerusakan suatu organ akan terus menjalar ke organ lainnya karena organ satu dengan yang lainnya saling membutuhkan dan ketika nutrisi atau pelumasnya tidak terpenuhi pada salah satu bagiannya tentunya akan berdampak pada bagian lainnya.

Kekurangan air dalam tubuh juga bisa menyebabkan kelumpuhan secara total pada seseorang.

3. Stamina menurun

Hal yang pertama kalia akan dirasakan adalah kepala yang begitu terasa pusing baik pada saat duduk maupun saat bangkit untuk beriri. Dalam kondisi ini pula kalian akan terasa begitu lemas seperti kehilangan tenaga walaupun kalian tidak sedang melakukan kegiatan apapun. Kondisi terparah yang dialami sebagian besar orang adalah jatuh pingsan.

4. Kematian

Jika kita tidak segera minum saat mengalami dehidrasi atau meminta bantuan ahli medis untuk memberikan cairan pada tubuh kita, dampak terburuknya dalam kondisi ini adalah kematian. Sebab dehidrasi berat tentunya sudah mengacaukan fungsi koordinasi tubuh, kekacauan implus dengan reflek dan kerja organ. Tidak heran jika dalam kondisi ini berujung pada kematian.

Cegah dehidrasi sekarang juga!

Cegah dehidrasi sekarang juga yuk!
Lakukan beberapa hal berikut agar cairan dalam tubuhmu tetap seimbang meskipun banyak melakukan aktifitas dan tentunya terhindari dari dehidrasi.

1. Rajinlah minum air mineral. Sesuai dengan kebutuhan kalian.
2. Kurangi mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa seperti soda, kopi, teh dan segala minuman berasa yang ada dalam kemasan.
3. Segerakan minum air mineral jika kalian merasa haus.
4. Rajinlah mengkonsumsi buah dan sayur.
5. Kenali tingkat kepekatan warna urine dan saran untuk mengkonsumsi air mineralnya.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

1 comments

Arianne M
Arianne M 2017-01-16 11:38:14

Makasih infonya sis!

Follow Moeslema on SNS